Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Adakan Tryout Online USBN 2019 Jatim-Madura, MGMP Biologi Jatim Bersama Pendidikan.id Upayakan Peningkatan Nilai Rata-Rata

tryout online akbar tingkat SMA Jawa timur

Tepat dua hari menjelang USBN SMA 2019, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi Jawa Timur bersama Pendidikan.id adakan tryout massal Biologi SMA Se-Jatim & Madura. Tryout ini dilaksanakan secara online pada Sabtu (02/03/2019), diikuti oleh 3000 siswa SMA dari seluruh daerah di Jawa Timur dan Madura. Kota yang berpartisipasi di antaranya yaitu Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Pamekasan, Tulungagung, hingga Situbondo.

tryout online akbar tingkat SMA Jawa timur

Tampilan laman biologi.pendidikan.id

Meski berasal dari berbagai kota di Jawa Timur, namun ribuan peserta itu tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra untuk berkumpul dalam satu ruangan. Peserta cukup menyiapkan perangkat pendukung, lalu mengerjakan soal tryout dari rumah melalui website biologi.pendidikan.id. Perangkat pendukung bisa berupa laptop, komputer, tablet atau smartphone. Waktu pengerjaannya pun fleksibel, bisa dikerjakan kapan saja asal dalam rentang waktu pk. 08.00 hingga pk. 22.00 pada hari yang ditetapkan. Agar memudahkan para peserta, pihak teknisi Pendidikan.id turut siaga di balik layar untuk memantau kelancaran server.

Budi Santoso, Ketua MGMP Biologi Jawa Timur mengatakan bahwa Tryout Online Akbar Persiapan USBN 2019 ini telah dipersiapkannya dengan matang oleh guru-guru tim MGMP Biologi Se-Jatim. Ada 10 paket soal yang ditulis untuk digunakan dalam tryout massal. Masing-masing terdiri dari 40 soal yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi USBN Biologi 2019. Sepuluh paket soal tersebut muncul secara acak, sehingga kemungkinan siswa menerima soal yang sama menjadi lebih kecil. Hal ini untuk mengantisipasi adanya siswa yang mengerjakan tryout secara berkelompok dan saling mencontek.

mgmp biologi jatim

Budi Santoso saat acara launching website resmi MGMP Biologi Jatim pada 26 Juni 2018

Penerapan sistem online untuk tryout massal dinilai Budi lebih efisien jika dibandingkan dengan tryout paper-based. Tryout dengan sistem online dapat mencakup peserta yang lebih luas, tanpa proses persiapan dan evaluasi yang rumit. Proses persiapan hanya meliputi pembuatan soal, input soal ke website dan pemberitahuan undangan kepada seluruh sekolah yang akan menjadi peserta tryout. Sedangkan proses penilaiannya lebih sederhana lagi, karena hasil nilai peserta sudah terakumulasi sendiri oleh sistem. Penilaian menjadi lebih cepat dan akurat tanpa human error.

Tryout Online Biologi SMA USBN 2019 merupakan salah satu upaya MGMP Biologi Jawa Timur untuk meningkatkan rata-rata nilai Biologi SMA Jawa Timur. “Kami ingin mencapai target nilai A untuk USBN dan UNBK 2019. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan Pendidikan.id untuk memfasilitasi kami dalam mengadakan tryout online, agar siswa dapat berlatih dan memahami model-model soal yang akan keluar pada USBN 2019,” jelas Budi. Menurutnya, dengan memberikan gambaran soal USBN, siswa akan menjadi paham dan lebih termotivasi untuk belajar.

Upaya MGMP Biologi Jawa Timur tidak hanya akan berhenti sampai di sini. Budi mengatakan bahwa akan ada satu kali sesi tryout online lagi yang akan diadakan pada tanggal 13 Maret 2019 mendatang. “Tryout yang berikutnya merupakan persiapan menghadapi UNBK 2019. Ini juga sebagai salah satu rangkaian upaya MGMP Biologi Jawa Timur dalam meningkatkan nilai rata-rata Biologi Jatim yang selama ini masih kurang,” terangnya. Ia berharap nantinya akan ada semakin banyak siswa yang berpartisipasi, sehingga semakin banyak pula yang menjadi lebih siap untuk menghadapi UNBK 2019.

Most Popular

To Top