Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

KIPIN ATM Sumber Materi Pelajaran dan Representasi Teknologi Edukasi Indonesia di Sekolah Indonesia Singapura (SIS)

Perpustakaan digital di Sekolah Indonesia Singapura SIS
Media pembelajaran digital di Sekolah Indonesia Singapura SIS

Siswa dan Guru Sekolah Indonesia Singapura sedang mengakses materi pelajaran dari Perpustakaan Digital KIPIN ATM.

Setelah satu tahun peluncurannya, KIPIN ATM kini berhasil menembus batas negara Singapura. Tepatnya pada Rabu (27/02/2019), Sekolah Indonesia Singapura Limited atau disingkat SIS Ltd., resmi menjadi sekolah pertama di Singapura yang menggunakan KIPIN ATM sebagai sarana pembelajaran di sekolah. Perpustakaan digital KIPIN ATM ini dipersembahkan oleh Bank BRI Singapura untuk SIS Ltd, sebagai dukungan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pendidikan Indonesia.

SIS Ltd berlokasi di 20A Siglap Road Singapura, dan berada di bawah naungan langsung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Sekolah ini didirikan untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak Warga Negara Indonesia yang tinggal di Singapura. Selain itu, SIS Ltd juga berfungsi untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Singapura dan Internasional lainnya yang berada di Singapura. Sistem pembelajaran SIS Ltd berstandar nasional, sama seperti sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, termasuk pada aspek penggunaan bahasa, budaya dan kurikulumnya.

KIPIN ATM diletakkan di ruang perpustakaan, sehingga mempermudah para siswa dan guru yang hendak mengaksesnya. KIPIN ATM merupakan sebuah mesin digital mirip mesin ATM yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi untuk jenjang SD, SMP hingga SMA/K. Akses data pada mesin KIPIN ATM bersifat offline alias tidak membutuhkan jaringan internet. Siswa dan guru bisa mengunduh seluruh data tersebut ke smartphone  secara offline, tanpa perlu kuota internet. Materi yang sudah terunduh di smartphone, bisa digunakan kapan dan di mana saja secara offline pula.

Pendidikan Indonesia di Sekolah Indonesia Singapura SIS

Kepala Sekolah SIS : Sumardiyanto bersama salah satu siswa Sekolah Indonesia Singapura.

Sumardiyanto, Kepala Sekolah SIS Ltd, mengatakan bahwa KIPIN ATM berfungsi sangat memudahkan para siswa dan guru dalam mendapatkan materi pelajaran, terutama bagi SIS Ltd yang berada di luar Indonesia. Pengadaan buku cetak tentu akan memakan waktu yang lama, sedangkan proses belajar siswa terus berjalan setiap hari. Namun jika menggunakan internet untuk mengakses materi-materi pelajaran secara online, hal ini akan memungkinkan para siswa bandel dan membuka situs-situs lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Oleh karena itu, Sumardiyanto menilai penggunaan KIPIN ATM sebagai sarana belajar siswa di sekolah merupakan solusi yang tepat.

“Tidak membutuhkan jalur internet, mudah diakses semua siswa dan lebih cepat untuk mendapatkan update materi. Siswa atau guru cukup pergi ke perpustakaan lalu mendownload semua materi yang diinginkan ke smartphone mereka,” ujar Sumardiyanto. Menurutnya, para siswa menyambut kehadiran KIPIN ATM di sekolah dengan sangat antusias. “Mereka banyak tertarik untuk membaca komik dan mengerjakan latihan soal. Secara teknis, KIPIN ATM berjalan lancar. Hanya saja ada beberapa soal matematika yang tampilannya masih perlu diperbaiki,” imbuhnya.

Penambahan fasilitas KIPIN ATM ini juga bertujuan agar SIS Ltd mampu bergerak maju selaras dengan perkembangan teknologi yang tidak dapat terelakkan. “Apalagi, SIS Ltd merupakan representasi Pendidikan Indonesia bagi sekolah-sekolah yang ada di Singapura. Menambahkan media pembelajaran digital KIPIN ATM tentu akan menjadi nilai tambah, dan membuktikan bahwa Pendidikan Indonesia selalu mengupgrade diri mengikuti perkembangan teknologi,” jelas Sumardiyanto. Ia berharap SIS Ltd dapat membawa Pendidikan Indonesia menjadi lebih maju dan banyak dikenal oleh masyarakat Internasional, terutama yang ada di Singapura. (wr: lia)

Informasi lebih lanjut tentang:
BRI Singapura, kunjungi bankbri.com.sg
KBRI Singapura, kunjungi kemlu.go.id/singapore
Sekolah Indonesia Singapura, kunjungi sekolahindonesia.sg
KIPIN ATM, kunjungi kipin.id

Most Popular

To Top