Rabu, November 30, 2022
spot_img
BerandaPendidikan IndonesiaSemangat dan Harapan Sebuah Sekolah Dipelosok : SDN Hilimoasio II, Nias, dalam...

Semangat dan Harapan Sebuah Sekolah Dipelosok : SDN Hilimoasio II, Nias, dalam Pendidikan dan Digitalisasi Sekolah

SDN 078516 Hilimoasio II, Nias, Sumatera Utara
SDN 078516 Hilimoasio II, Nias, Sumatera Utara

Alvin Supratman Waruwu, S.Pd. sebagai salah satu guru di SDN 078516 Hilimoasio II, Nias, Sumatera Utara. Di sekolah tersebut belum terdapat akses internet, dan fasilitas 1 unit laptop dari Dana Bos. Dengan segala keterbatasan tersebut Alvin tak putus asa dan tetap dapat menghadirkan pembelajaran secara digital memanfaatkan aplikasi Kipin School.

Dengan memanfaatkan aplikasi Kipin School hanya di smartphone saja, setiap harinya di kelas Alvin berusaha memanfaatkannya untuk menyampaikan konten Pendidikan yang lengkap kepada para siswa beliau. Dengan begitu, ilmu yang didapatkan oleh siswa beliau adalah sama dengan yang didapatkan oleh siswa lainnya di seluruh Indonesia. Para wali murid sangat berterimakasih dan bersemangat dengan adanya Kipin School yang diperkenalkan oleh Alvin.

Pembelajaran Melalui Aplikasi Kipin School 4.0
Pembelajaran Melalui Aplikasi Kipin School 4.0
Siswa  SDN 078516 Hilimoasio II
Siswa SDN 078516 Hilimoasio II

Pengalaman Alvin menjadi seorang guru digital juga diketahui oleh sekolah lain di daerahnya dan menjadi pandangan maupun harapan baru untuk dapat meningkatkan kemampuan dan pemerataan Pendidikan di daerahnya.

Berpartisipasi dalam program Guru Digital, juga memperkenalkan Alvin dengan Kipin Classroom. Sebuah hardware berisi konten pelajaran lengkap mulai jenjang SD hingga SMA/SMK, hingga software asesmen digital. Semua konten dan fasilitas didalam Kipin Classroom dapat diakses dan didownload oleh siapapun tanpa butuh jaringan internet. Tentu besar harapan Alvin agar suatu saat Kipin Classroom dapat hadir di SDN 078516 Hilimoasio II, Nias, disertai dengan perbaikan fasilitas sarana prasana belajar lainnya.

“Sebelumya setiap saya mengajar sumber konten terbatas tetapi dengan ada aplikasi kipin saya semakin semangat. Memanfaatkan Kipin School sangat mempermudah jalanya mengajar di kelas karna reverensi dari kipin sudah lengkap.” – Alvin Supratman Waruwu, S.Pd

Alvin bersama Rekan Guru SDN 078516 Hilimoasio II
Alvin bersama Rekan Guru SDN 078516 Hilimoasio II
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments