Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanSimak Buah-Buah Kesabaran Hadapi Tantangan Kehidupan, Bersama Komik Literasi

Simak Buah-Buah Kesabaran Hadapi Tantangan Kehidupan, Bersama Komik Literasi

Kesabaran Mengantar Pada Kesuksesan dan Kebahagiaan

Sepasang suami-istri memandangi rumah yang baru dibeli (ilustrasi) (Sumber: Envato)
Sepasang suami-istri memandangi rumah yang baru dibeli (ilustrasi) (Sumber: Envato)

Apakah respon Anda ketika telah melakukan perencanaan untuk pergi berlibur, namun beberapa jam sebelum keberangkatan mendapat pengumuman bahwa pesawat yang Anda tumpangi gagal berangkat? Kesal? Marah? Tidak habis pikir? Hal tersebut tentu menjadi opsi respon perasaan wajar yang dapat muncul dalam diri. Merasa kesal dan sedih atas situasi tak terduga yang terjadi adalah emosi yang wajar, namun terus larut dalam kesedihan bukan menjadi penyelesaian yang tepat. 

Ilustrasi seorang laki-laki yang bekerja sebagai sales (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang laki-laki yang bekerja sebagai sales (Sumber: Envato)

Kesabaran merupakan kemampuan dalam diri untuk mengambil sikap tanpa menjadi marah, kesal dan terganggu. Kesabaran juga menjadi kemampuan untuk memberikan toleransi tanpa merasa marah dan emosional terhadap datangnya kesulitan, penderitaan, atau suatu penundaan dari rencana yang telah dimiliki. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi ragam hal dalam hidup yang kerap kali tidak berjalan sesuai yang diharapkan. 

Menurut Columbia Metropolitan, kesabaran mengajarkan kemampuan untuk menghadapi stres sehari-hari. Dengan keterampilan berlatih sabar, seseorang akan mendapatkan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah kesabaran dapat menguatkan hubungan dengan orang-orang terdekat, menambah rasa syukur, membantu dalam mengembangkan perilaku positif, dan membantu seseorang untuk hidup lebih sehat. Selain melalui pemaparan di atas, seseorang dapat semakin memahami keterampilan sabar melalui komik literasi. Pendidikan.id sebagai platform yang bergerak di digitalisasi pendidikan, menyuguhkan lebih dari 400 komik literasi yang sarat akan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Salah satu komik literasi berjudul “Kesabaran Berbuah Kebahagiaan” memberikan ajaran dan pendidikan akan moral dan kesabaran.

Ungkapan 'Good Things Take Time' tentang kesabaran dalam meraih hal baik (Sumber: Envato)
Ungkapan ‘Good Things Take Time’ tentang kesabaran dalam meraih hal baik (Sumber: Envato)

Gino merupakan seorang laki-laki sederhana dari desa yang memiliki kegigihan dan keuletan. Berawal sejak masa ia menempuh pendidikan sekolah, Gino telah berhasil mendapat beasiswa di perguruan tinggi dan mampu menyelesaikan dalam waktu singkat. Setelah lulus, ia mendapatkan pekerjaan yang tak sebanding dengan usahanya mendapat beasiswa dan berkuliah. Meskipun begitu, Gino tetap menjalankan pekerjaannya dengan penuh kerja keras dan sebaik mungkin.

Gino kemudian mendapatkan kekasih dan mengajak kekasihnya untuk menikah. Perjalanan yang tidak mudah bagi Gino dan Helen, kekasihnya, karena mereka harus hidup dengan sangat hemat. Cemoohan orang tua Helen tak henti hentinya dilontarkan setelah melihat kehidupan anaknya Helen yang terlihat susah setelah menikah bersama Gino. 

Halaman cover komik literasi "Kesabaran Berbuah Kebahagiaan"
Halaman cover komik literasi “Kesabaran Berbuah Kebahagiaan”

Bulan demi bulan berlalu. Gino semakin berjuang dan bekerja dengan giat untuk menaikkan taraf kehidupan keluarga kecilnya. Dari yang awalnya berstatus staf, Gino mampu mendapatkan kenaikan jabatan sampai dengan jenjang manajer. Kini, Gino dan Helen telah dikaruniai anak, memiliki tempat tinggal dan menjalani kehidupan dengan lebih baik dari sebelumnya. 

Kisah perjalanan hidup Gino dalam komik literasi “Kesabaran Berbuah Kebahagiaan” menyuratkan banyak pelajaran mengenai apa arti dari kesabaran dan kerja keras. Gino datang dari desa, memiliki rumah dari gubuk kayu, namun ulet dalam belajar dan berusaha. Setelah bekerja, Gino memutuskan untuk melanjutkan hubungan asmara dengan Helen, kekasihnya. Setelah itu, tantangan datang dari cemoohan dan hinaan orang tua Helen, namun Gino tak patah semangat untuk terus bekerja keras dan membuktikan bahwa dengan bekerja keras dan berfokus pada kesuksesan, maka hal tersebut tidak mustahil untuk diraih. 

Cuplikan komik literasi "Kesabaran Berbuah Kebahagiaan"
Cuplikan komik literasi “Kesabaran Berbuah Kebahagiaan”

Seperti situasi yang dialami oleh Gino, hinaan dan cemoohan yang datang dari orang-orang di sekitarnya merupakan hal yang tidak bisa dikontrol. Lingkungan di sekitar memberikan ragam situasi yang mampu menekan orang lain. Namun, dengan kesabaran yang menjadi kekuatan diri, seseorang dapat menentukan sikap yang paling bijak. Perasaan sedih dan tertekan merupakan perasaan yang wajar, namun melalui kesabaran untuk menghadapi ragam situasi yang terjadi tanpa diharapkan, seseorang mampu mengambil keputusan yang bijak dan tepat baik bagi diri sendiri, maupun orang lain. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments