Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanJaga Keselamatan Diri dan Sesama di Jalan Raya Bersama Komik Literasi

Jaga Keselamatan Diri dan Sesama di Jalan Raya Bersama Komik Literasi

Pentingnya Fokus Berkendara dan Taat Lalu Lintas di Jalan Raya

Seseorang terbaring setelah terjadi kecelakaan lalu lintas (ilustrasi) (sumber: Envato)
Seseorang terbaring setelah terjadi kecelakaan lalu lintas (ilustrasi) (sumber: Envato)

Di samping menggunakan alat transportasi umum, mengendarai alat transportasi pribadi menjadi opsi kebutuhan mobilitas dari seseorang sehari-hari. Melihat ke arah jalan raya, banyak kendaraan pribadi seperti mobil dan motor yang terus berlalu lalang. Menyuplik dari dataindonesia, Kepolisian Republik Indonesia mencatat data di sepanjang tahun 2022, sebanyak 126,99 juta unit kendaraan bermotor dari 152,51 juta unit adalah sepeda motor. 19,31 juta kendaraan motor sisanya adalah mobil berpenumpang.

Sebuah jalan yang tengah macet dipenuhi kendaraan roda empat (sumber: Envato)
Sebuah jalan yang tengah macet dipenuhi kendaraan roda empat (sumber: Envato)

Kendaraan bermotor di jalan raya menjadi pilihan banyak orang untuk bepergian. Salah satu alasannya ukuran kendaraan motor yang ramping dapat memberikan rasa leluasa dalam berkendara di jalanan. Saat momen macet tiba di jalan, kendaraan motor dapat menyalip dari sela-sela antara kendaraan mobil. Hal tersebut menunjukan tingkat fleksibilitas kendaraan motor yang lebih banyak dibanding mobil. 

Menjadi perhatian bagi para pengendara kendaraan bermotor untuk menaati peraturan lalu lintas. Dinas Perhubungan Kota Malang menjabarkan peraturan dan anjuran dalam mengendarai motor dalam Buku Petunjuk Tata Cara Bersepeda Motor di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah pengendara motor harus telah memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), mengetahui tata cara berlalu lintas di jalan, memastikan kondisi tubuh agar tetap prima saat berkendara, menggunakan perlengkapan berkendara sepeda motor dengan lengkap dan tepat, dan masih banyak lagi. Selain melalui panduan berkendara, cara untuk semakin memahami tata cara berkendara sepeda motor dapat diperoleh melalui komik literasi. 

Seorang laki-laki tengah mengendarai motor (Sumber: Envato)
Seorang laki-laki tengah mengendarai motor (Sumber: Envato)

Pendidikan.id menyediakan ribuan konten literasi pendidikan. Salah satunya adalah komik yang menjadi metode pembelajaran baru yang menarik karena tidak hanya berisi gambar dan cerita yang menarik, melainkan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Kajian pendidikan yang diberikan meliputi pendidikan moral dan pengetahuan. Melalui komik literasi, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak dan remaja lewat sajian yang menarik dan mendidik.

Komik “Mau Sok-Sokan Malah Sial” merupakan salah satu komik literasi yang memberikan pendidikan moral kepada pembacanya. Komik ini bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Riki yang baru saja mendapat SIM C dan mengendarai motor. Ayahnya memberikan pesan pada anaknya untuk terus berhati-hati dan mematuhi peraturan berkendara di jalan. 

Halaman depan komik literasi "Mau Sok-Sokan Malah Sial"
Halaman depan komik literasi “Mau Sok-Sokan Malah Sial”

Akibat rasa tidak sabarnya saat mengendarai motor di tengah kemacetan jalanan, ia menabrak sesama pengendara motor hingga mengalami kerusakan. Riki dan ayahnya tidak mampu untuk melunasi seluruh biaya kerugian yang harus ditanggung untuk memperbaiki motor pengendara yang ditabrak Riki. Tidak hanya itu, Riki menyadari kesalahan dan pentingnya berkendara setelah ia menyaksikan sebuah kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan pelaku meninggal di tempat dengan mata dan kepalanya sendiri. 

Komik literasi “Mau Sok-Sokan Malah Sial” menunjukkan kondisi dimana Riki, sebagai pengendara motor, kurang memiliki kesabaran dalam berkendara, termasuk memperhatikan pengendara lain di sekitarnya. Sebagai pengendara motor atau kendaraan, kecepatan bukanlah hal yang utama. Taat pada peraturan, memakai atribut berkendara yang lengkap, memperhatikan keselamatan sesama pengendara lain, menjadi hal-hal penting yang wajib untuk diperhatikan. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments