Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMakin Paham Gangguan Anorexia Bersama Komik Literasi Pendidikan

Makin Paham Gangguan Anorexia Bersama Komik Literasi Pendidikan

Hindari Anorexia Nervoza Dengan Mengenali Gejala dan Pola Makan

Seorang perempuan tengah menimbang berat badan (Sumber: Envato)
Seorang perempuan tengah menimbang berat badan (Sumber: Envato)

Mengutip dari GridHealth.id, pada tahun 2013 silam Jodie-Leigh Neil, seorang perempuan asal Hampshire, Inggris, kehilangan sahabat karibnya akibat serangan jantung. Ia kemudian memunculkan gangguan makan anorexia nervosa. Selama 3 tahun, ia mengunggah foto-foto tubuhnya yang telah mengurus ke sosial media. Jodie menyebutkan di media sosial, ia juga melihat pengguna lain mengunggah foto tubuh yang semakin kurus dan menyebabkan dirinya berlomba untuk terus mengunggah foto dengan kondisi yang sama.

Grafis bertuliskan gangguan Anorexia Nervosa (ilustrasi) (Sumber: Envato)
Grafis bertuliskan gangguan Anorexia Nervosa (ilustrasi) (Sumber: Envato)

Gangguan makan menjadi salah satu gangguan perilaku yang dapat muncul dalam diri individu. Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 4th Edition (DSM-IV), terdapat tiga kategori gangguan makan yaitu binge-eating disorder, bulimia nervosa, dan anorexia nervosa. Secara khusus pada artikel kali ini, pembaca akan diajak untuk mengenal gangguan makan AN atau anorexia nervosa.

Pendidikan.id sebagai salah satu platform yang bergerak di bidang pendidikan, menyuguhkan ragam media pembelajaran. Salah satunya adalah konten pembelajaran berwujud komik. Komik pendidikan.id berisi sajian pendidikan tentang kesehatan, moral, ilmu pengetahuan umum, dan ilmu pengetahuan alam. Komik literasi yang tersedia juga memberikan cerita dan pendidikan kesehatan yang menjelaskan banyak hal terkait anorexia nervosa.

Halaman depan Komik Literasi "Lemak yang Menyiksa)
Halaman depan Komik Literasi “Lemak yang Menyiksa)

Komik literasi pendidikan.id berjudul “Lemak yang Menyiksa” membawakan kisah seorang siswi SMP bernama Eleanor. Ia memiliki berat badan yang berlebih dan kerap kali mendapat perundungan dari teman sekolahnya. Suatu ketika terdapat siswa sekolah baru di sekolah Eleanor dimana ia tertarik untuk mendekatinya. Akan tetapi, Eleanor mendapat penolakan dan hal itu semakin menurunkan rasa percaya dirinya. 

Menyadari berat badannya yang tidak ideal, Eleanor memutuskan untuk melakukan diet. Akan tetapi, alasan bahwa ia ingin menjadi kurus dan cantik menjadi penguat utamanya.  Diet yang dilakukan Eleanor selama satu tahun penuh adalah berolahraga satu jam dan hanya makan satu kali setiap harinya. Tak jarang, ia juga mengkonsumsi obat pencahar agar makanan yang telah ia konsumsi segera dikeluarkan dari tubuhnya saat buang air. 

Eleanor-satu-tahun-kemudian merupakan seseorang yang telah memiliki badan sangat kurus. Sayangnya, ia sangat terobsesi untuk mempertahankan badannya yang telah masuk kategori kurus dan ketakutan akan bertambah gemuk meskipun hanya menambah berat badan 1kg saja. Sampai suatu hari Eleanor dibawa ke rumah sakit akibat pingsan saat tengah berolahraga. Hasil pemeriksaan dokter dan psikiater rumah sakit menyatakan Eleanor terkena anorexia nervosa. Ia pun menjalani pemulihan kondisi umum tubuh dan terapi untuk kondisi mentalnya. 

Ilustrasi seorang perempuan yang akan melawan gangguan anorexia (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang perempuan yang akan melawan gangguan anorexia (Sumber: Envato)

Di dalam komik literasi “Lemak yang Menyiksa” disuguhkan beberapa gejala dari pengidap anorexia nervosa seperti penurunan berat badan sampai dengan kondisi sangat kurus, diet dan olahraga berlebihan, terlalu memperhitungkan asupan harian lemak, karbohidrat, protein, kalori yang masuk dalam jumlah yang kurang. Menjadi harapan yang besar bahwa baik dari diri individu, keluarga, dan lingkungan sekitar memahami resiko dari anorexia nervosa seperti masalah kesehatan dan kesehatan mental yang terganggu. Wawasan yang tepat mengenai pandangan akan kepemilikan tubuh yang ideal juga menjadi hal yang penting untuk dipahami. 

Cuplikan isi Komik Literasi "Lemak yang Menyiksa"
Cuplikan isi Komik Literasi “Lemak yang Menyiksa”

Melalui kisah Eleanor dalam komik literasi “Lemak yang Menyiksa”, dapat dipetik makna pula bahwa mencapai kondisi tubuh yang sehat adalah hal yang penting. Tidak lupa, untuk mencapai kondisi ideal tersebut diperoleh melalui penerapan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga, dan beristirahat dengan cukup. Diet boleh untuk dilakukan, asal memperhatikan asupan makanan, aktivitas, dan kebiasaan yang tidak mencelakai tubuh, serta mengelola emosi dan kondisi psikis dengan tepat. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments