Kamis, April 25, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanSimak Pentingnya Menabung dan Mengelola Keuangan Bersama Komik Literasi Pendidikan

Simak Pentingnya Menabung dan Mengelola Keuangan Bersama Komik Literasi Pendidikan

Persiapkan Tabungan dan Kemungkinan Dana Darurat Dengan Mengelola Keuangan Dengan Bijak

Seorang perempuan tengah menghitung uang koin yang dimiliki (Sumber: Envato)
Seorang perempuan tengah menghitung uang koin yang dimiliki (Sumber: Envato)

Pengelolaan keuangan penting dilakukan bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi golongan usia remaja yang masih bersekolah. Meskipun sumber pemasukan terbesar adalah uang saku dari orangtua, keterampilan untuk mengelola pengeluaran harus dimulai agar mampu secara tepat memenuhi berbagai situasi dan kebutuhan.

Ilustrasi seorang pria tengah menghitung pendapatan yang diterima (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang pria tengah menghitung pendapatan yang diterima (Sumber: Envato)

Sejumlah uang yang dimiliki hendaknya diatur sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dengan bijak, termasuk untuk ditabung untuk antisipasi situasi darurat yang dapat terjadi. Mengutip dari Media Keuangan.kemenkeu.go.id, terdapat beberapa langkah-langkah bagi seseorang agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung yaitu mencatat aktivitas uang masuk (pendapatan) dan pengeluaran, membuat daftar prioritas kebutuhan, memperhatikan hal-hal kecil yang menjadi pengeluaran sehari-hari-hari, dan memiliki sasaran atau target untuk menabung.

Menghamburkan uang tanpa melakukan pertimbangan prioritas kebutuhan adalah contoh kurang bijak dalam pengelolaan keuangan. Pendidikan.id merupakan sebuah edtech/platform yang menyediakan digitalisasi pendidikan menyediakan ribuan konten pendidikan. Komik literasi Pendidikan.id merupakan komik yang menjadi media pembelajaran mendidik dan menarik. Tidak hanya memberikan cerita dan ilustrasi, namun komik literasi juga sarat akan informasi, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Salah satu komik literasi Pendidikan.id berjudul ‘Hobi Bakar Uang’ akan mengajarkan siswa-siswi dan semua pembaca akan pentingnya melakukan pengelolaan keuangan dan tidak menghambur-hamburkan uang karena sejatinya uang adalah materi yang perlu perjuangan dalam memilikinya.

Halaman depan komik literasi "Hobi Bakar Uang"
Halaman depan komik literasi “Hobi Bakar Uang”

Menceritakan sebuah keluarga dari Pak Broto Siswanto yang hidup sangat berkecukupan. Pak Broto bekerja sebagai pimpinan suatu bank swasta. Istrinya merupakan ibu rumah tangga dan tidak bekerja. Pak Broto sangat memanjakan anak-anaknya dengan memberikan uang saku dengan nominal besar. Roy, anak terbesar Pak Broto, gemar memainkan game online dan menghamburkan banyak sekali uang untuk membeli berbagai hal untuk menunjang hobinya itu. 

Suatu hari Pak Broto sakit dan menyebabkan ia tidak dapat bekerja kembali. Kehidupan keluarganya berubah drastis. Sekarang kondisi finansial keluarga tak lagi sama dan membuat istri Pak Broto bekerja sangat keras untuk mendapatkan uang. Roy menyesali perbuatannya yang menghambur-hamburkan uang demi hobi yang dimiliki hingga belasan juta saat ayahnya masih bekerja. 

Ilustrasi seseorang tengah kehabisan dana untuk mencukupi kebutuhan hidup (Sumber: Envato)
Ilustrasi seseorang tengah kehabisan dana untuk mencukupi kebutuhan hidup (Sumber: Envato)

Roy, dalam komik literasi “Hobi Bakar Uang”, mengingatkan kita semua akan pentingnya melakukan manajemen keuangan dengan baik. Seperti yang dibahas Media Keuangan.kemenkeu.go.id, setiap kali memiliki pendapatan, seseorang hendaknya membuat daftar prioritas kebutuhan dan memperhatikan pengeluaran uang atas hal-hal yang menjadi ‘konsumsi’ di setiap harinya. Kita juga harus memperhatikan adanya resiko atau peluang situasi darurat di masa mendatang yang mana akan membutuhkan banyak biaya untuk mengatasinya. 

Cuplikan isi komik literasi “Hobi Bakar Uang”

Selain itu, bagi para remaja, uang yang diberikan orangtua merupakan hasil jerih payah dan kerja keras dalam bekerja. Akan tetapi, terkadang nominal uang yang diterima setelah bekerja tidak sebanding dengan perjuangan yang telah dikorbankan. Hal tersebut menggambarkan bahwa mendapatkan uang membutuhkan perjuangan dan tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh sebab itu, kita harus lebih cermat dan bijak dalam mengelola uang dan mengelolanya ke dalam hal yang lebih bermanfaat.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments