Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Teknologi Pembelajaran Digital KIPIN ATM Diluncurkan di Sekolah Labschool Surabaya

media pembelajaran berbasis digital
SMA Labschool UNESA lidah wetan surabaya

Dewi Purwanti dengan KIPIN ATM. (sumber foto: http://kabarakyat.com/kepsek-sma-labschool-lidah-wetan-luncurkan-perpustakaan-online-si-kipin/)

Dalam rangka Hari Pahlawan, bertepatan dengan acara pentas seni dan gerak jalan di Sekolah Labschool UNESA Surabaya, KIPIN ATM diluncurkan sebagai perpustakaan digital yang sangat bermanfaat bagi para siswa dalam proses pembelajaran. KIPIN ATM merupakan mesin digital yang berisi ribuan konten pembelajaran, terdiri dari buku pelajaran berkurikulum nasional, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Para guru dan siswa Labschool telah memanfaatkan KIPIN ATM dalam proses pembelajaran di kelas.

Para guru menyambut baik kehadiran KIPIN di sekolah, karena sangat memudahkan anak-anak dalam mendapatkan materi pelajaran. Dewi Purwanti, kepala sekolah SMA Labschool Surabaya mengatakan bahwa KIPIN ATM sangat baik untuk proses pembelajaran. Hal yang sama diungkapkan pula oleh Hapsari Dewi, kepala sekolah SD Labschool Surabaya. Hapsari Dewi menuturkan, “apalagi dengan cara penggunaannya yang mudah dan praktis. Anak-anak generasi millenial ini pasti sangat senang belajar menggunakan KIPIN.”

Hapsari juga menilai kipin ATM merupakan teknologi digital yang berfungsi untuk meningkatkan minat belajar para siswa. Hal ini dikarenakan para siswa termasuk generasi millenial yang lahir dan tumbuh beriringan dengan teknologi. “Seluruh aspek hidup anak generasi millenial sudah dikelilingi dengan kecanggihan teknologi digital. Jadi tanpa diajari atau diberitahu pun, mereka sudah familiar dengan teknologi seperti ini. Bahkan mereka cenderung lebih tertarik dengan semua yang berbentuk digital, ketimbang kertas atau buku,” jelasnya.

media pembelajaran berbasis digital

Siswa-siswi Labschool Surabaya mengantre dengan tertib, menunggu giliran untuk belajar dengan KIPIN ATM.

Ketertarikan siswa terhadap KIPIN ATM bukan sekadar isapan jempol. Terbukti, KIPIN ATM tak pernah terlihat sepi dari kunjungan siswa. Dalam satu hari acara pentas seni dan gerak jalan tersebut, para siswa selalu terlihat berkerumun di depan KIPIN ATM. Mereka berjajar membentuk antrean panjang, saling menunggu giliran untuk menggunakan KIPIN ATM. Sebagian besar dari mereka mengerjakan latihan-latihan soal, namun ada pula yang membaca komik literasi. Semua dilakukan dengan antusias, seolah KIPIN ATM merupakan gadget untuk bermain game.

Peluncuran KIPIN ATM ini sekaligus menjadi penyemangat Sekolah Labschool Surabaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi para siswa. Sekolah Labschool UNESA Surabaya memiliki visi untuk menciptakan generasi lebih unggul dan berkarakter, dengan berfokus pada tumbuh kembang karakter, intelektual serta ketakwaan anak. “Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dari dalam sekolah, tentu dapat memajukan pendidikan Indonesia secara global,” tutur Dewi Purwanti.

Most Popular

To Top