Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaCSR PendidikanTingkatkan Minat Baca dan Pendidikan di daerah 3T melalui Komik Literasi Kipin

Tingkatkan Minat Baca dan Pendidikan di daerah 3T melalui Komik Literasi Kipin

SDN Pagergunung 03
SDN Pagergunung 03

Berbagai permasalahan seringkali menghambat peningkatan mutu pendidikan nasional, khususnya di daerah tertinggal atau terpencil, yang pada akhirnya memberikan warna yang kurang cantik pada perjalanan pendidikan di Indonesia. Di suatu daerah terpencil, yang merupakan satu dari puluhan daerah 3T di Indonesia masih banyak dijumpai kondisi dimana anak-anak belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Seperti yang terjadi di SDN Pagergunung 03 yang terletak di pelosok daerah pegunungan di Kabupaten Blitar.

SDN Pagergunung 03 sangat kesulitan untuk mendapatkan jaringan internet pada zaman digital kini. Hal ini tentu tidak banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang berada di perkotaan. Di perkotaan, buku melimpah dan jaringan internet mudah didapatkan. Namun tidak demikian pada kondisi pendidikan di daerah 3T. Selain itu, peralatan belajar mengajar di SDN Pagergunung 03 masih menggunakan alat peraga.

Semangat Belajar dan Membaca para Siswa SDN Pagergunung 03
Semangat Belajar dan Membaca para Siswa SDN Pagergunung 03

Menurut para guru di SDN Pagergunung 03, sulit untuk mendapatkan saluran bantuan pendidikan seperti buku dan fasilitas lainnya. Koleksi buku perpustakaan telah mencapai umur puluhan tahun dan rapuh. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan, mengingat lokasi sekolah yang masih dalam area pulau Jawa yang terbilang lebih maju diantara pulau lainnya di Indonesia.

Bapak Yusuf, salah satu guru yang berdedikasi dan bersemangat untuk terus maju, berusaha memberikan pembelajaran sesuai dengan yang dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek yaitu digitalisasi pembelajaran sejak tahun 2021 yang lalu. Usaha Bapak Yusuf diantaranya yaitu berpartisipasi dalam pelatihan Guru Digital yang diselenggarakan oleh Pendidikan.id secara gratis untuk semua guru Sekolah Dasar di Indonesia sebagai bentuk support pada kemajuan tenaga pendidik yang merupakan tombak terdepan dalam menciptakan generasi emas bangsa.

Komik Literasi Pendidikan Original Kipin
Komik Literasi Pendidikan Original Kipin

Melalui pelatihan tersebut, Yusuf memperoleh banyak kesempatan mengembangkan diri dan juga meningkatkan fasilitas pendidikan di SDN Pagergunung 03 karena telah menerima bantuan komik literasi pendidikan original Kipin untuk koleksi perpustakaan sekolah. Komik merupakan media yang tepat untuk meningkatkan minat baca anak. Seluruh komik tersebut merupakan komik pendidikan yang membahas seputar tata krama, budi pekerti, ilmu pengetahuan alam, budaya, dan lain sebagainya. Kini segala niat baik dan usaha keras mulai menunjukkan hasil yang membahagiakan.

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments