Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaCSR PendidikanHidupkan Gerakan Literasi Digital di SD Negeri Klampis Ngasem 01 dengan Kipin...

Hidupkan Gerakan Literasi Digital di SD Negeri Klampis Ngasem 01 dengan Kipin Perpus SD

Siswa-siswi SDN Klampis Ngasem 01
Siswa-siswi SDN Klampis Ngasem 01

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung program literasi digital Nasional yang diadakan oleh Kominfo yang bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek. Sekolah – sekolah di Surabaya mulai bergerak menerapkan program literasi digital untuk peserta didik mereka. Gerakan literasi digital ini merupakan sebuah keharusan di tengah intensifnya penggunaan internet oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Anak anak sebagai generasi muda, tentunya penting untuk mendapatkan pendidikan dan kebiasaan literasi yang baik sebagai generasi penerus bangsa. Salah satu contoh yang bisa dilakukan sekolah-sekolah untuk menanamkan budaya literasi sejak dini yaitu seperti yang dilakukan oleh Sekolah SD Negeri Klampis Ngasem 01 Surabaya yakni dengan cara menghadirkan Kipin sebagai Perpustakaan digital SD.

Aplikasi Kipin Perpus SD menjadi solusi tepat memiliki perpustakaan digital tanpa internet. Di dalam Modul Kipin Perpus SD telah tersedia 400 bacaan komik literasi yang menarik dan mendidik. Seluruhnya adalah komik original Kipin yang membahas tentang tata krama,budi pekerti, budaya dan ilmu pengetahuan yang menambah wawasan siswa – siswi di sekolah.

Kipin Perpus SD di SDN Klampis Ngasem 01
Kipin Perpus SD di SDN Klampis Ngasem 01

Menurut salah satu Guru di SD Negeri Klampis Ngasem 01 cara menginstall Kipin Perpus SD sangat mudah dan praktis.  Saat ini Siswa-siswi sangat senang menggunakan perpustakaan, karena telah tersedia Modul Kipin Perpus SD yang memiliki banyak bacaan literasi yang menarik. Kini perpustakaan sekolah menjadi kian semarak dengan meningkatnya kunjungan ke perpustakaan mulai dari siswa kelas 1- 6 SD, para guru dan komite sekolah. Selain berisikan ratusan komik literasi, sekolah dapat menambahkan sendiri beberapa konten yang menunjang pembelajaran siswa di sekolah diantaranya :

  • 200 Buku Kurikulum Merdeka dan ribuan buku pelajaran sekolah lainnya dari Kurikulum Kemendikbud Ristek 
  • Video-video pembelajaran yang menampilkan guru-guru saat mengajar di kelas
  • Ribuan latihan soal berupa quiz sehingga meningkatkan semangat belajar dan rasa penasaran anak.
SDN Klampis Ngasem 01
SDN Klampis Ngasem 01

 Ibu Sofiati selaku pustakawati SD Negeri Klampis Ngasem 01 juga merasakan dampak positif setelah menggunakan Kipin Perpus SD. Mulai dari pengunjung yang setiap harinya bertambah dan minat baca para siswa juga semakin meningkat. Dengan adanya Kipin Perpus SD, sekolah berhasil menanamkan budaya literasi sejak dini dengan memaksimalkan fasilitas komputer di sekolah mereka. Belajar di perpustakaan tidak lagi membosankan karena ada Kipin sebagai media belajar yang menyenangkan dan menarik.  Sumber belajar yang lengkap dapat membantu siswa untuk terus berkembang dan aktif dalam belajar dan menjadi siswa yang unggul. 

Ingin sekolahmu mendapatkan Modul Kipin Perpus SD GRATIS? daftarkan sekolahmu pada:
https://kipin.id/perpusdigitalgratis/

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments