Rabu, November 30, 2022
spot_img
BerandaCSR PendidikanKipin Perpus di SD Negeri 8 Talaga Raya Sulawesi Tenggara

Kipin Perpus di SD Negeri 8 Talaga Raya Sulawesi Tenggara

Kipin Perpus SD di SDN 8 Telaga Raya

Pandemi membawa perubahan cepat di berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan, sehingga memaksa kita harus beralih menggunakan digital.  Dengan menggunakan digital pendidikan akan tersalurkan merata di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Masih banyak sekolah yang terletak di daerah  3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggi), kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang optimal. Diantara beberapa sekolah, salah satunya adalah SD Negeri 8 Talaga Raya Sulawesi Tenggara yang mengalami keterbatasan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pak Suadin sebagai guru pengajar di SD Negeri 8 Talaga Raya ingin sekali mengembangkan sekolah mereka agar lebih maju dengan menggunakan pembelajaran digital. Terobosan yang dilakukan Suadin yaitu menggunakan modul Kipin Perpus SD. Modul Kipin Perpus SD merupakan perpustakaan digital gratis yang membantu meningkatkan minat baca siswa melalui ratusan Komik Literasi Pendidikan original Kipin, serta konten pembelajaran lainnya yang bisa didapatkan secara optional.

SDN 8 Telaga Raya

Sekolah bisa memanfaatkan LCD proyektor untuk menampilkan konten pembelajaran pada Kipin sebagai kegiatan bersama yang menarik dan menyenangkan. Dalam Modul Kipin sudah tersedia 400 bacaan komik literasi yang menarik dan mendidik. Selain itu sekolah bisa menambah sendiri ribuan konten pembelajaran lainnya diantaranya : 

  • 200 Buku Kurikulum Merdeka dan ribuan buku pelajaran sekolah lainnya dari Kurikulum Kemendikbud Ristek 
  • Video-video pembelajaran yang menampilkan guru-guru saat menagajar di kelas
  • Ribuan latihan soal berupa quiz sehingga merangsang semangat belajar dan rasa penasaran anak. 
Kipin Perpus SD

SD Negeri 8 telaga Raya sangat beruntung telah menghadirkan Kipin perpus di sekolah mereka, karena dengan Kipin minat baca siswa semakin meningkat dan perpustakaan yang kini telah terpasang Kipin Perpus, semakin banyak pengunjungnya dari yang sebelumnya perpustakaan tersebut sangat sepi pengunjung.

Suadin berharap bisa memaksimalkan fasilitas yang didapatkan untuk memicu minat baca dan proses belajar anak semakin efektif sehingga memberikan dampak baik ke sekolah yang nantinya memiliki siswa-siswi aktif dan berprestasi. Suadin juga berharap kepada dinas pendidikan setempat agar SDN 8 Talaga Raya mendapatkan bantuan tambahan  Komputer atau Laptop yang sementara ini hanya memiliki satu komputer saja. Jika sekolah memiliki beberapa komputer/laptop,  siswa bisa mengakses Kipin Perpus dengan lebih maksimal.

Pembelajaran sekolah selayaknya bisa lebih efektif. Tidak hanya kualitas Guru yang ditingkatkan, tetapi fasilitas penunjang siswa yang mampu menjadikan mereka lebih tertarik dan aktif untuk belajar, mendapat banyak pengetahuan serta wawasan yang lebih luas.

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments