Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Webinar Hari Guru Nasional oleh GTK Dikdas Kemdikbud: Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Sekolah

Webinar Hari Guru Kemdikbud Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengadakan serangkaian webinar untuk memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November 2020. Rangkaian webinar ini diadakan selama tanggal 2 hingga 14 November 2020 dengan berbagai macam topik yang bermanfaat menjadi bekal bagi para guru saat mengajar, khususnya dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Hari-guru-nasional-kemdikbud-direktorat-pendidikan-dasar-webinar
Logo Hari Guru Nasional 2020 oleh Kemdikbud

Salah satunya yaitu webinar dengan topik “Pemanfaatan Platform Digital KIPIN untuk Pembelajaran Sekolah,” yang diadakan pada Senin 09 November 2020. Webinar ini diadakan oleh Kemdikbud bagian Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (GTK Dikdas), yang bekerjasama dengan Platform Digital KIPIN (Pendidikan.id). Keduanya berkolaborasi untuk membawakan materi tentang bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital secara maksimal untuk kegiatan pembelajaran di sekolah yang efektif, baik pembelajaran tatap muka ataupun jarak jauh.

Teknologi digital memang sangat banyak membantu manusia dalam segala aspek, dan dapat dimanfaatkan pula untuk mendukung kegiatan pendidikan. Guru dituntut untuk bisa mengaplikasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, pengaplikasian teknologi digital ini juga diwajibkan dengan tujuan agar para siswa dapat mengoperasikan teknologi digital dengan benar sejak dini. Para siswa milenial, yang merupakan generasi Digital Natives perlu pengetahuan mendalam tentang teknologi digital sebagai bekal hardskill mereka.

webinar-hari-guru-nasional-GTK-Dikdas-pendidikan-dasar-kemdikbud-teknologi-edukasi
Pamflet Webinar “Pemanfaatan Teknologi Digital KIPIN untuk Pembelajaran Sekolah”.

Platform Digital KIPIN merupakan salah satu teknologi digital yang dapat menjadi media pembelajaran sekolah. KIPIN terbagi dalam beberapa jenis yaitu Aplikasi KIPIN School, KIPIN ATM dan KIPIN Classroom, namun semuanya dapat saling terintegrasi satu sama lain. Ketiganya sama-sama berisi ribuan konten buku sekolah, panduan rencana ajar guru, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Fungsi ini disebut juga sebagai perpustakaan digital sekolah, tempat di mana para siswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dengan gratis.

Ketiganya juga memiliki fitur “Sekolahku” atau “My KIPIN”, yang berfungsi sebagai media internal sekolah. Sekolah dapat menyimpan berbagai dokumen, buku, gambar atau video yang nantinya bisa diakses dan diunduh oleh seluruh siswa. Contohnya yaitu pengumuman sekolah, buku dan artikel internal sekolah, mading dan majalah siswa, serta publikasi kegiatan sekolah dsb. KIPIN Classroom bahkan juga memiliki fitur “Ujian digital”, di mana guru dan siswa dapat melaksanakan ujian secara digital tanpa kertas. Sedangkan Aplikasi KIPIN School merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan secara perseorangan, terlepas dari pihak sekolah.

Pada akhir sesi webinar, GTK Dikdas bersama KIPIN menyediakan doorprize, hadiah 1000 voucher KIPIN serta sertifikat bagi peserta webinar. Meski acara webinar telah selesai namun siarannya tetap ditayangkan melalui Youtube, dan sudah ditonton oleh lebih dari 40 ribu orang yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Sebagian besar penonton yang adalah guru dan tenaga pendidik ini menyambut baik pemanfaatan teknologi digital KIPIN dalam proses pembelajaran sehari-hari di sekolah. (wr: lia)

Artikel terkait:
http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/webinar-memanfaatkan-platform-digital-pendidikan-kipin-dalam-pembelajaran-sekolah

Most Popular

To Top