Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Aplikasi Kipin School Menggratiskan Ribuan Buku Pelajaran Kemdikbud, Video Pendidikan, Latihan Soal dan Komik Literasi Untuk Membantu Anak Sekolah Yang Harus Belajar Dari Rumah Gara-gara Wabah Virus Corona.

#Solusi Pembelajaran Anak Sekolah Setelah Peliburan Sekolah-Sekolah Akibat Merebaknya Virus Corona di Indonesia#

Virus korona atau covid-19 menjadi salah satu momok diseluruh dunia saat ini sebab semakin menyebar dan vaksinnya belum ada. Berdasarkan data dari WHO, yang terkena virus ini terus bertambah termasuk di indonesia, yang mana mengganggu aktivitas masyarakat dan perekonomian negara termasuk para siswa jika sampai sekolah-sekolah terpaksa diliburkan.

Beberapa kota dan propinsi sudah meliburkan sekolah untuk waktu tertentu, lalu bagaimana nasib pembelajaran anak-anak yang membutuhkan selama sekolah diliburkan?

Bersyukur zaman sudah maju, sehingga kerugian anak-anak sekolah mendapatkan pembelajaran bias diminimalkan, ini berkat teknologi internet & smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk belajar dimanapun, termasuk dari rumah.

Banyak platform edukasi berbasis teknologi beredar di masyarakat, ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Dari semua tsb, ada aplikasi yang sangat cocok dipakai untuk anak-anak sekolah di Indonesia, sebab isinya berisi konten pelajaran yang sama diajarkan di sekolah. Isinya sangat lengkap,  berupa ebook, video, latihan soal dan bacaan literasi. Aplikasi tersebut bernama KIPIN SCHOOL 4.0, yang mana bisa didownload gratis lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, juga terdapat untuk PC yang berbasis Windows 10 …sangat luas dan beragam cangkupan gadgetnya.

Isi app Kipin School 4.0 sesuai dengan kurikulum yang diajarkan disekolah-sekolah saat ini, didalam app ini sudah berisi konten-konten pelajaran yang diprogramkan oleh pemerintah :

  • 2500 buku pelajaran sekolah mulai dari SD,SMP,SMA & SMK …semua buku-buku tersebut diterbitkan oleh Kemendikbud …koleksi terlengkap buku  KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 ada di sini.
  • Ada lebih dari 1000 video pembelajaran kelas yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dan dibawakan di kelas-kelas secara sesungguhnya. Jadi anak-anak dengan menonton video di app ini seolah seperti hadir sendiri di kelas
  • Ada puluhan ribu latihan soal yang lengkap semua pelajaran dan ada per-bab. Siswa setelah belajar bisa mencoba sendiri evaluasi belajar dan nilainya akan muncul langsung di gadget yang dipakai
  • Tersedia ratusan buku bacaan  untuk menambah kemampuan literasi siswa, dan menariknya bacaan-bacaan ini berupa komik, sehingga pasti disukai oleh anak-anak, mengasah kemampuan literasi sekaligus mendapatkan bacaan yang mendidik sebab isi-isi komik tersebut kebanyakan berisi tentang pendidikan moral-budi pekerti, kesehatan dan sejarah.
  • Selain Itu ada menu yang diperuntukan bagi adik-adik pra-sekolah, berisi 100 buku-buku yang menarik dan video-video pembelajaran yang pasti disukai oleh anak-anak.

Kipin School 4.0 adalah satu-satunya aplikasi pendidikan di Indonesia yang memadukan isi konten pelajaran berupa : buku-buku kemdikbud KTSP 2006 & K13, video pembelajaran kelas, latihan soal dan komik literasi dan konten untuk prasekolah. Dan hebatnya app tsb dilengkapi dengan teknologi ‘anotasi’ yang mana siswa bisa mencoret-coret di ebook seperti highlight kalimat, garis bawah dsb, dan juga dipercanggih kemampuan ‘download and go’ yang bisa menghemat pulsa internet, sebab sebuah data, misal video ..cukup di download sekali, setelah itu video tsb bisa ditonton berkali-kali tanpa membutuhkan lagi jalur internet, ini sangat menghemat dan mempermudah siswa dalam belajar.

Dengan memanfaatkan app Kipin School 4.0, maka siswa sudah mendapatkan bahan materi pelajaran yang lengkap sesuai kurikulum yang dipakai di sekolah, yang bisa dipelajari sendiri di rumah, sehingga kerugian proses pembelajaran yang terhenti akibat wabah virus corona bisa diminimalkan.

Berapa biaya untuk pemanfaatan aplikasi Kipin School 4.0 yg berisi ribuan konten pelajaran tsb? Ternyata tidak ada biaya sama-sekali untuk ini, suatu hal yang sangat luar biasa dan membantu dunia pendidikan Indonesia banyak.

Kipin School berkomitmen membantu anak-anak Indonesia agar tidak berhenti belajar meskipun sekolah ditutup gara-gara virus Corona.

Dalam hal ini bagaimana guru yang lokasinya jauh tapi masih bisa ikut serta mengikuti proses belajar anak-anak didiknya selama belajar di rumah? Para guru dan siswa bisa komunikasi lewat gadget, seperti memanfaatkan Whatsapp Group yang sangat popular saat ini, sehingga kegiatan diskusi, tanya jawab antar guru dan siswa tetap bisa diadakan. Peran guru masih dibutuhkan oleh anak-anak walaupun proses belajarnya saling berjauhan.

Dengan pemanfaatan teknologi seperti diatas maka kerugian dunia pendidikan Indonesia akibat peliburan sekolah-sekolah akibat virus korona bisa diminimalkan kerugiannya.

Untuk ini diharapkan pemerintah bisa menyebar-luaskan info ini ke sekolah-sekolah agar mereka memanfaatkan app pendidikan seperti diatas  agar proses pembelajaran anak-anak sekolah selama terjadi krisis akibat virus korona bisa tetap berlangsung dengan semaksimal mungkin.

Kipin School

Sahabat Pelajar Indonesia

www.KipinSchool.id

Most Popular

To Top