Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaDUKIBerjuang Mencari Sinyal Internet ke Bukit Ceria di Jambi untuk Download Materi...

Berjuang Mencari Sinyal Internet ke Bukit Ceria di Jambi untuk Download Materi Pelajaran Siswa

SD Negeri 154 Talang Aro, Batang hari Provinsi Jambi merupakan sekolah yang masih kesulitan untuk mendapatkan sinyal internet. Selain susah mendapatkan jaringan internet, aliran listriknya masih terbatas. Kondisi sinyal di SDN 154 Talang Aro, termasuk kategori Blank Spot, yang artinya untuk mendapatkan akses internet harus mencari posisi tertentu/titik tertentu. Agar para anak-anak didik bisa mendapatkan konten pembelajaran secara digital, maka dengan penuh perjuangan mereka harus melewati jalan berlumpur dan menuju bukit ceria demi mendapatkan sedikit internet.

Bapak Al Muttahidin selaku guru pengajar dan pendamping siswa-siswi di SD tersebut berupaya membantu sekolahnya agar secepatnya mampu mendapatkan pembelajaran yang layak untuk peserta didiknya. Kata Pepatah “ Banyak Jalan Menuju Roma” Ungkap Pak Udin yang yakin bahwa akan ada teknologi atau akses apapun yang mampu mengembangkan pendidikan di daerah yang sangat terbatas ini. Dengan semangat Pak Udin yang ingin memajukan pendidikan di wilayah Kabupaten Batang hari, akhirnya Pak Udin mendapatkan donatur hingga memiliki Kipin Classroom, yaitu sebuah alat portable yang memfasiliasi digitalisasi sekolah di semua area ( Perkotaan, Pedesaan daerah 3T) di seluruh Indonesia.

Dengan mempunyai sebuah Kipin Classroom, maka sekolah siap melaksanakan digitalisasi yang maksimal dan efektif, yang mencakup kebutuhan pembelajaran digital lengkap yang dapat diakses dan dioperasikan tanpa jaringan internet.  sekolah Tanpa Internet sama sekali, diantaranya : 

– Konten pembelajaran Lengkap (4000+ Buku pembelajaran, 2000+ Video Pembelajaran, 50.000+ Latihan Soal, dan 450+ Komik Literasi).
– Perpustakaan Digital Internal Sekolah dimana sekolah dapat mengunggah file ke server Kipin sehingga bisa diakses oleh para siswa tanpa perlu internet tentunya.
– Software Asesmen Digital yang support AKM, dengan berbagai jenis soal dan model ujian. dilengkapi sistem rekap nilai otomatis serta 50.000+ Bank Soal sehingga memungkinkan guru untuk melakukan pekerjaan asesmen dalam hitungan menit saja.

Semenjak menggunakan Kipin Classroom, sekolah mampu membantu proses belajar siswa lebih Semenjak menggunakan Kipin, siswa siswi disekolah bisa melakukan pembelajaran secara digital dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Orang Tua murid juga sangat berterima kasih kepada sekolah bahwa anak-anak mereka, bisa mendapatkan pembelajaran yang layak dan membuat mereka lebih bersemangat lagi untuk belajar setiap hari. Pak Udin berharap kepada pemerintah agar lebih banyak sekolah yang mendapatkan bantuan Kipin Classroom yang diluar jangkauan internet atau daerah 3T, seluruh sekolah mendapatkan standar pendidikan di Indonesia dan juga pemerataan akses pendidikan yang canggih dan modern bisa dirasakan oleh seluruh siswa di Indonesia.

Penulis: Nyimas Nafisah

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments