Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi, Mari Sadari Pentingnya Jaga Martabat Diri

Bersama Komik Literasi, Mari Sadari Pentingnya Jaga Martabat Diri

Kesadaran Remaja dan Anak Muda Menjaga Diri dan Martabatnya

Ilustrasi pasangan muda-mudi berpacaran dengan bunga mawar berada di antaranya
Ilustrasi pasangan muda-mudi berpacaran (Sumber: vectortock)

Masa remaja menjadi momen di mana perasaan menyukai lawan jenis mulai tumbuh dan menggelora. Setiap laki-laki dan perempuan dapat mengembangkan perasaan cinta tersebut dengan menjalin hubungan bersama orang yang mereka sayangi. Namun, tak jarang hubungan pacaran ini terjalin begitu dalam hingga melampaui batas. Hal ini mengakibatkan maraknya kasus kehamilan pranikah.

Gambaran pasangan laki-laki dan perempuan yang sedang berpacaran di luar
Ilustrasi pasangan berpacaran laki-laki dan perempuan (sumber: Envato)

Mirisnya, kehamilan pranikah ini juga sering dialami oleh anak-anak remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Maka tidak heran apabila banyak pula kasus pengguguran bayi ilegal yang terjadi. Bahkan tidak jarang pula terdengar adanya berita bayi baru lahir yang dibuang begitu saja di sembarang tempat, entah dalam kondisi masih hidup atau pun sudah meninggal.

Saking banyaknya kasus kehamilan pranikah yang ditemukan, pemerintah Indonesia pun memberikan solusi dispensasi nikah muda bagi mereka yang hamil pranikah di usia sekolah. Pada tahun 2022, provinsi Jawa Timur mencatat lebih dari 15.000 pengajuan dispensasi pernikahan dan Jawa Tengah terdapat sebanyak lebih dari 11.000 pengajuan pernikahan di mana kasus hamil pranikah menjadi sebagian besar penyebabnya. 

Cover halaman depan komik literasi Kipin berjudul "Dindaku Sayang, Dindaku Malang"
Halaman depan komik literasi Kipin “Dindaku Sayang, Dindaku Malang”

Pendidikan seksualitas semakin nyata dibutuhkan bagi banyak orang, terlebih siswa sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Melalui buku pelajaran, dijelaskan mengenai kajian ilmiah dalam wujud bacaan dan beberapa ilustrasi. Sebagai pengaplikasian visi dan misi memajukan pendidikan Indonesia melalui dunia digital, Pendidikan.id turut andil dalam memberikan pendidikan seksualitas ke dalam wujud komik literasi yang dikemas menarik dalam wujud alur cerita dengan ilustrasinya.

Komik “Dindaku Sayang, Dindaku Malang” memperkenalkan tokoh Dinda, seorang siswi SMA yang tinggal bersama orangtua dan seorang adik yang sedang duduk di bangku SMP. Ia terkenal menjadi sosok yang tidak hanya berparas cantik, namun juga berprestasi. Meskipun ia datang dari keluarga sederhana, Dinda memiliki cita-cita untuk berkuliah dan menjadi dokter. 

Dinda mengalami kemalangan karena melakukan hubungan terlarang dengan pacarnya, seorang laki-laki lebih tua yang tidak bekerja. Setelah diketahui bahwa ia hamil, pacar Dinda kabur dan tidak bertanggungjawab atas kehamilan Dinda. Dinda menyembunyikan kehamilannya dari semua orang, lalu ia membuang bayinya yang tak sengaja ia lahirkan di sekolah. Akibat tindakan pembuangan bayi ini, Dinda pun harus mendekam di penjara selama beberapa waktu.

Cuplikan isi komik literasi Kipin "Dindaku Sayang, Dindaku Malang". Pacar Dinda memintanya untuk mengaborsi bayi yang sedang dikandung dengan ancaman akan meninggalkan Dinda
Cuplikan isi komik literasi “Dindaku Sayang, Dindaku Malang” dari Kipin

Pesan khusus yang dibawa melalui komik “Dindaku Sayang, Dindaku Malang” mengangkat kisah nyata yang telah digubah sehingga dapat dibaca oleh berbagai kalangan. Sering kali ditemui ajakan ataupun aktivitas dari berbagai pihak yang muncul tanpa pertimbangan realita, situasi dan kondisi. Sebagai seorang anak muda terkhusus remaja putri, diharapkan mampu untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam membuat keputusan sebelum bertindak. Apabila tidak, risiko kehilangan langkah-langkah menuju masa depan akan sangat terbuka lebar.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email: [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments