Minggu, April 21, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanPenderita Down Syndrome Bukan untuk Dirundung, Ajarkan Toleransi Melalui Komik Literasi

Penderita Down Syndrome Bukan untuk Dirundung, Ajarkan Toleransi Melalui Komik Literasi

Mengenal Apa Itu Down Syndrome Dan Toleransi Pada Penderitanya

Huruf abjad yang ditulis dalam batu warna-warni membentuk frasa down syndrome
Down Syndrome (Sumber: Envato)

Berbicara mengenai kelainan-kelainan yang dimiliki oleh setiap orang terkait kesehatan, salah satu yang dapat dikenali dari penampilan luar adalah seseorang yang memiliki kelainan down syndrome. Kondisi ini ditandai dengan tampilan fisik yang memperlihatkan bentuk mata seperti kacang almond yang miring ke atas, tulang hidung yang rata, lidah yang sering dijulurkan ke luar bibir, ukuran telinga, wajah, tangan dan kaki yang kecil.

Seorang perempuan muda pengidap down syndrome yang tengah memainkan alat musik
Seorang perempuan muda dari Caucasia dengan sindrom down yang tengah menikmati waktu memainkan gitar (Sumber: Envato)

Lebih lanjut, down syndrome dijelaskan sebagai kelainan akibat sel kromosom ke-21 yang tersalin dalam jumlah yang lebih banyak. Perkembangan pembelahan sel embrio dalam kandungan terdiri dari 23 pasang, namun pembelahan terjadi secara tidak normal dan membuat kromosom ke-21 mempunyai salinan tambahan menjadi tiga buah. Terdapat tiga jenis sindrom down seperti trisomy 21 atau nondisjunction, mosaicism, dan translocation

Lalu, apa yang akan dirasakan penderita down syndrome? Pada kondisi organ tubuh, seseorang dengan down syndrome memiliki potensi kelainan jantung, gangguan penglihatan dan pendengaran. Terjadi penurunan sistem imun yang meningkatkan infeksi dan gangguan pernafasan. Bagian tubuh atas kehilangan kekuatannya sehingga menyebabkan perubahan cara berdiri, postur kepala yang tidak biasa, refleks tubuh, dan nyeri leher. Selain itu, sindrom down juga memperlihatkan perubahan pada kondisi psikis dan mental seperti penurunan kemampuan intelektual, fungsional, dan perilaku.

Cover depan Komik Literasi "Anak Istimewa Bersama Kita"
Halaman cover Komik Literasi Pendidikan “Anak Istimewa Bersama Kita”

Kelainan down syndrome yang dideteksi sejak janin masih dalam kandungan ibu, memiliki penjelasan lebih lanjut mengenai awal terjadinya pembelahan kromosom itu. Juga penyebab-penyebab lain dari kelainan kromosom yang turut berperan dalam dimilikinya kelainan SD. Pendidikan.id memiliki 500 lebih komik literasi yang turut berperan dalam memberikan informasi dan pengetahuan ragam topik yang bermanfaat. Komik literasi “Anak Istimewa Bersama Kita” memberikan gambaran akan situasi keluarga dengan anak berkondisi down syndrome dan dinamika menarik untuk memberikan kasih sayang pada keluarga dengan kondisi istimewa ini.

Dalam komik ini diceritakan ada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak laki-laki, dan perempuan. Sayangnya anak laki-laki mereka, Putra, memiliki kondisi down syndrome sejak dalam kandungan. Sisy, adik perempuan Putra, sering menangis sepulang sekolah karena dirundung teman-teman sekolah yang mengejek kondisi kakaknya. Putri merasa sedih, namun sang ibu dengan sabar memberikan penjelasan kepada Sisy tentang kondisi kakaknya itu. Ibu juga berusaha menenangkan Sisy dan memberikan pengertian bahwa kakaknya membutuhkan kasih sayang darinya. Setelah mendengar penjelasan ibu, Sisy pun mengerti dan ia memilih untuk tetap mendukung kakaknya. 

Cuplikan Komik Literasi "Anak Istimewa Bersama Kita"
Cuplikan isi Komik Literasi Pendidikan “Anak Istimewa Bersama Kita”

Komik literasi “Anak Istimewa Bersama Kita” memberikan informasi melalui suguhan alur cerita dan ilustrasi menarik sehingga dapat dipahami oleh berbagai kalangan. Seseorang yang memiliki kondisi down syndrome tetaplah memiliki perasaan, emosi, dan kelebihan yang harus didukung. Hubungan yang harmonis dan penuh kasih sayang dari setiap anggota keluarga, akan memberikan peran penting dalam pengembangan diri sesuai dengan kelebihan dan bakat yang dimiliki. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments