Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMengenal Kisah Menggapai Angan Tanpa Menyerah Bersama Komik Literasi

Mengenal Kisah Menggapai Angan Tanpa Menyerah Bersama Komik Literasi

Ilustrasi seseorang yang tengah belajar mengendarai motor
Seseorang yang tengah belajar mengendarai motor bersama instruktur dengan atribut keselamatan lengkap (Sumber: Envato)

Memiliki hobi yang sangat disukai sejak kecil? Atau minat akan suatu hal yang terkadang dirasa bak obsesi? Bisa jadi hal tersebut mengarah pada cita-cita yang siap dijemput di kemudian hari. Hobi bisa terdiri dari berbagai macam hal, mulai dari bercocok tanam, memelihara reptil yang termasuk dalam golongan hewan peliharaan, bermain instrumen alat musik, menulis cerita pendek, dan masih banyak lagi. 

Aksesoris Pengendara dan Pembalap Motor Lengkap
Aksesoris Pengendara dan Pembalap Motor (Desain dan sumber: freepik)

Tidak dapat dipungkiri, terkadang permasalahan dan musibah melanda hidup. Sangat wajar bila dari dalam diri perasaan sedih dan kecewa muncul. Sebab hal-hal yang telah disiapkan untuk cita-cita di masa depan, perencanaan yang sudah dibuat matang, atau pengorbanan yang sudah dilakukan menjadi sia-sia. Akan tetapi, terus menerus merasakan hal di atas bukan menjadi penyelesaian yang tepat untuk dilakukan.

Pendidikan.id memiliki koleksi 500 lebih komik literasi yang berperan memberikan edukasi ragam ilmu pengetahuan dan pendidikan moral. Ilmu dan pendidikan yang diberikan disuguhkan dengan cerita dan ilustrasi yang menarik sehingga makin meningkatkan minat baca mulai dari anak usia 3 tahun hingga remaja. Salah satu komik Pendidikan.id menyuguhkan suatu komik berjudul “Valentino Rossi Dadakan”. Komik ini mengajak pembaca memahami bulatnya tekad seseorang untuk menggapai mimpi meskipun terdapat rintangan besar yang datang menghadang.

Ilustrasi sepeda-sepeda motor yang terparkir di lahan basah sehabis hujan
Jejeran sepeda motor terparkir saat sedang hujan (Sumber: Envato)

Komik literasi “Valentino Rossi Dadakan” bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Sartono. Merupakan anak tunggal dari keluarga berkecukupan dimana orangtuanya kerap melakukan perjalanan bisnis. Cita-citanya adalah menjadi pembalap motor profesional.  Cita-cita Sartono tersebut juga ditambah dengan minatnya yang besar dalam dunia otomotif dan pertandingan balap motor.

Dengan pengawasan orangtua yang minim, namun materi yang cukup, Sartono memperdalam hobinya untuk memodifikasi dan mengendarai motor miliknya hingga larut malam. Tak hanya itu, ia sering begadang untuk melihat pertandingan balap idolanya Valentino Rossi melalui televisi dan ikut serta dalam kegiatan balapan. 

Cover halaman depan Komik Literasi "Valentino Rossi Dadakan"
Halaman depan Komik Literasi “Valentino Rossi Dadakan”

Setiap kali Sartono mengendarai motor dan melakukan balapan, temannya sering memberikan teguran akibat tidak memakai atribut keselamatan berkendara yang lengkap. Akan tetapi, pesan temannya sering ia hiraukan mengalami kecelakaan. Pada sebuah kesempatan Sartono mengikuti perlombaan balapan liar, ia terjatuh akibat tidak dapat mengendalikan laju kendaraan yang sangat tinggi. Sartono terluka dan harus menerima kakinya yang dinyatakan cacat seumur hidup.

Kesedihan dan keterpurukan sangat dirasakan oleh Sartono. Impiannya untuk menjadi pembalap profesional tidak dapat diwujudkan melihat kondisi kakinya yang tak sempurna seperti sedia kala. Akan tetapi, berkat dukungan sahabat yang selalu menemaninya, Sartono kembali mendapatkan semangat dan tekad untuk meraih masa depan. Meskipun tidak dapat menjadi pembalap, Sartono tetap dapat mengembangkan ilmu di bidang otomotif, sebagai hobi yang selalu ia sukai. 

Pelajaran yang sangat berharga dapat dipetik dari komik literasi “Valentino Rossi Dadakan”. Memiliki minat dan hobi menjadi langkah awal yang sangat penting untuk menemukan jalan menuju cita-cita. Apabila ditemui hambatan dan permasalahan, merubah cara pandang sebagai jalan keluar baru dapat menjadi solusinya. Dengan tetap berpegang dengan minat dan tekad, jalan keluar baru bisa ditemui sehingga cita-cita di masa selanjutnya tetap dapat diraih.

Cuplikan isi Komik Literasi "Valentino Rossi Dadakan"
Cuplikan isi Komik Literasi “Valentino Rossi Dadakan”

Tidak hanya itu saja, berlaku hati-hati, waspada, dan memikirkan resiko dari seluruh tindakan tidak kalah penting untuk terus dilakukan di setiap harinya. Seperti cerita Sartono pada komik “Valentino Rossi Dadakan”,  berkendara di jalan raya memiliki risiko kecelakaan lalu lintas yang sangat besar. Kejadian tersebut bisa diantisipasi dengan pengetahuan peraturan berkendara dan rambu-rambu lalu lintas, serta kelengkapan atribut berkendara. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments