Kamis, Maret 28, 2024
spot_img
BerandaKIPINBuku Pelajaran Sekolah (Buku BSE) Terbitan Kemendikbud Kini Bisa Diakses Melalui Satu...

Buku Pelajaran Sekolah (Buku BSE) Terbitan Kemendikbud Kini Bisa Diakses Melalui Satu Aplikasi Belajar Online!

buku bse, buku sekolah gratis, biologi kelas 10
Cover buku BSE “Biologi SMA Kelas 10 Bagian 2”

Generasi milenial seharusnya tidak perlu lagi bingung soal buku paket ataupun referensi untuk belajar, karena sejak tahun 2008 pemerintah telah menyediakan buku-buku pelajaran elektronik untuk diakses gratis oleh seluruh pelajar Indonesia. Buku-buku ini tidak berbentuk cetak melainkan elektronik, sehingga dinamakan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Penyediaan buku gratis menjadi langkah konkret pemerintah untuk memfasilitasi pelajar agar tidak ada lagi masalah ekonomi yang menghambat siswa untuk belajar, sekaligus untuk menyesuaikan diri dengan era digital.

Buku-buku BSE sudah lahir sejak Indonesia masih menggunakan sistem kurikulum yang lama yakni KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dan tetap dikembangkan ketika Indonesia mulai menggunakan K-13 (Kurikulum 2013). Bahkan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerintah juga menerbitkan buku-buku K-13 versi revisi setiap tahunnya. Sangat mempermudah siswa untuk belajar, bukan? Sayangnya, buku BSE belum banyak digunakan bahkan diketahui oleh seluruh siswa di Indonesia. Entah karena kurangnya sosialisasi, kesulitan mencari akses link download bukunya di internet, atau karena kendala lainnya.

Namun seiring berkembangnya teknologi digital, masyarakat tak perlu lagi merasa kesulitan. Semua buku BSE kini bisa diakses melalui satu aplikasi saja dari smartphone. Aplikasi ini dinamakan KIPIN School, sebuah aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh Pendidikan.id. Sebanyak 2500 buku BSE lengkap mulai dari versi KTSP 2006, K-13 hingga versi revisi setiap tahunnya dapat diakses dan didownload secara gratis. Sangat praktis karena pengguna tidak perlu mencari-cari link download di internet, hanya perlu untuk mendownload Aplikasi KIPIN School di smartphone.

aplikasi belajar online, aplikasi bimbel online
Tampilan menu Aplikasi KIPIN School pada tiga macam jenis gadget: komputer, tablet dan smartphone.

Tidak hanya berisi buku-buku BSE dari pemerintah, Aplikasi KIPIN School juga berisi ribuan video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Materi pelajarannya tersedia lengkap, mulai dari jenjang SD hingga SMA/K. Video pendidikan berfungsi sebagai penjelasan materi yang belum dipahami siswa di sekolah, dengan penyaji materi video dari guru-guru yang berpengalaman di bidangnya. Latihan soal lengkap untuk berlatih UH, UTS, UAS, UNBK dan SBMPTN. Serta komik literasi sebagai bacaan yang menarik dan mendidik di waktu senggang.

Tujuan utama pemerintah untuk memfasilitasi pelajar dengan buku-buku gratis memang harus dijaga dan diteruskan. Jangan sampai karena beberapa kendala kecil, masyarakat jadi tidak bisa memanfaatkan fasilitas hebat yang telah disediakan pemerintah ini. Aplikasi KIPIN School muncul sebagai wadah belajar bagi siswa dengan kemudahan akses dan biaya, terutama untuk koleksi buku-buku BSE dari pemerintah. Nah, sekarang apalagi yang ditunggu oleh siswa? Jika ada fasilitas buku gratis dari pemerintah dan sumber belajar yang mudah diakses, mengapa tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya?

Download Aplikasi KIPIN School:
iOS https://apps.apple.com/id/app/buku-sekolah-digital/id665775662?l=id
Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool
Windows https://www.microsoft.com/id-id/p/buku-sekolah-digital/9wzdncrdhbl0?activetab=pivot:overviewtab
Info lebih lanjut:
Website kipinschool.id
Whatsapp (chat only) 081133311999

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments