Jumat, April 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKomik Literasi Bisa Jadi Pedoman Hidup Sehat

Komik Literasi Bisa Jadi Pedoman Hidup Sehat

cara mudah hidup sehat, informasi kesehatan lengkap
Ilustrasi: Olahraga, syarat utama memperoleh hidup sehat.

Menjaga kesehatan itu tidak sulit, kok! Asal kita tahu semua informasi kesehatan, maka kita bisa menerapkannya dengan mudah. Misalnya dengan mengetahui banyak informasi tentang kanker payudara terutama gejala-gejalanya, kita dapat menyesuaikannya dengan kondisi tubuh kita saat ini. Sehingga kita bisa mendeteksi sejak dini jika ada gejala awal yang muncul pada tubuh kita, dan segera mengambil tindakan sebelum penyakit tersebut semakin parah. Informasi kesehatan yang berupa tips-tips ringan juga sangat bermanfaat untuk menjadi pedoman kita hidup sehat.

Informasi kesehatan di era digital mudah ditemukan melalui internet. Namun informasi yang tersedia cenderung ditargetkan untuk orang dewasa karena selain bahasanya yang berat, juga berbahaya bagi anak usia sekolah jika harus bergelut dengan internet dalam waktu yang lama. Internet masih belum sepenuhnya aman untuk anak-anak ataupun remaja, meski sebagian konten negatif sudah diblokir oleh pemerintah. Emosi yang labil membuat anak-anak rentan terpengaruh pengajaran yang secara implisit bersifat negatif dan tidak terkontrol. Di lain sisi, buku-buku cetak yang berisi informasi kesehatan lengkap pun tidak begitu banyak dan cenderung tidak menarik bagi generasi milenial.

komik kesehatan, penyakit bipolar disorder, komik edukasi
Kutipan isi komik literasi digital “Dua Kepribadian Rizky,” yang berisi tentang informasi penyakit bipolar disorder.

Dalam kondisi ini, buku-buku elektronik (ebook) yang bisa dimanfaatkan tanpa harus menjelajah internet akan menjadi solusi terbaik. Contohnya yaitu koleksi komik literasi seri kesehatan yang diterbitkan oleh Pendidikan.id. Ratusan komik ini tidak diakses melalui browser internet, melainkan melalui Aplikasi KIPIN School 4.0 yang didownload terlebih dahulu dan sudah terpasang di smartphone. Hal ini dapat membuat anak atau remaja fokus pada aplikasi KIPIN School saja 4.0, dan meminimalisir kemungkinan mereka untuk mendapatkan informasi lain seperti pada browser internet.

Koleksi komik milik Pendidikan.id terdiri dari beberapa seri, yaitu seri pendidikan moral, kesehatan, pengetahuan alam, sosial, sejarah dan buku prasekolah. Semuanya sangat bermanfaat bagi pelajar, namun seri kesehatan lebih terasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Komik Pendidikan.id telah memiliki lebih dari 100 judul yang membahas tentang berbagai penyakit dan tips kesehatan lainnya. Beberapa judul tips kesehatan seperti pentingnya sarapan, 4 sehat 5 sempurna dan olahraga. Sedangkan judul penyakit mulai dari yang ringan seperti flu; cacingan; cacar air; sariawan, penyakit berat seperti macam-macam kanker; hepatitis; TBC, hingga penyakit unik yang masih jarang menjadi perhatian masyarakat seperti jamur kuku; paranoid, bipolar disorder dan kencing tikus.

mitos tentang epilepsi, penyakit kulit xerosis, komik kesehatan
Kutipan tiga halaman informasi komik “Momok Skincare” tentang penyakit kulit xerosis, dan halaman informasi komik “Aku Bukan Anak Kutukan” tentang mitos penyakit epilepsi.

Berbeda dengan buku atau artikel informasi kesehatan pada umumnya, komik literasi Pendidikan.id dikemas secara lebih menarik. Tentu saja demikian, karena formatnya adalah komik. Alur cerita dan gambar menjadi aspek utama yang menarik untuk membangkitkan semangat baca. Bahasanya sangat ringan layaknya percakapan sehari-hari, namun tetap sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang benar. Komik Pendidikan.id terkesan santai, namun padat informasi. Isi pembahasannya lengkap mulai dari definisi dan gejala penyakit, cara mencegah, mengobati hingga meluruskan mitos yang sering beredar di masyarakat.

Usaha hidup sehat bisa dilakukan sejak awal, penyakit bisa dicegah sejak dini. Daripada menghabiskan waktu luang untuk bermain, lebih baik membaca komik edukatif. Membiasakan diri untuk membaca tips dan informasi kesehatan bisa menjadi pedoman hidup sehat, kan? Nah mulai sekarang, yuk tanamkan kebiasaan senang membaca komik literasi Pendidikan.id untuk generasi milenial kita!

Download Aplikasi KIPIN School sekarang juga untuk mendownload ratusan komik kesehatan, klik di sini:
Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool
iOS https://apps.apple.com/id/app/buku-sekolah-digital/id665775662?l=id
Windows https://www.microsoft.com/id-id/p/buku-sekolah-digital/9wzdncrdhbl0?activetab=pivot:overviewtab

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments