Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanCegah Panu Pada Tubuh, Hindarkan Diri dari Malu. Ketahui Informasi dan Caranya...

Cegah Panu Pada Tubuh, Hindarkan Diri dari Malu. Ketahui Informasi dan Caranya dalam Komik Literasi!

Bersihkan Badan Dari Sisa Air Setelah Mandi Ataupun Berkeringat, Hindarkan Diri dari Infeksi Pityriasis Versicolor di Kulit Manusia

Seorang ayah sedang mengoleskan obat pada punggung anaknya yang sedang infeksi (Sumber: Envato)

Negara Indonesia merupakan negara tropis karena letak geografisnya yang berada di garis khatulistiwa. Indonesia juga memiliki iklim tropis yang memiliki beberapa ciri yaitu tingginya kelembaban udara dan curah hujan, serta mendapat sinar matahari di sepanjang tahunnya. Matahari berada pada garis vertikal, menyebabkan suhu udara yang cukup tinggi berkisar 18 sampai 23 derajat dan paling tinggi pada 38 derajat.

Ilustrasi suhu panas di suatu wilayah hingga mencapai 40°C (Sumber: Envato)

Iklim tropis di Indonesia yang membawa suhu panas, menyebabkan tubuh memproduksi keringat untuk mendinginkan suhu tubuh pada kondisi tersebut. Perlu menjadi perhatian untuk memastikan tubuh terdapat pada kondisi bersih dan/atau terjaga dari kelembaban di kondisi yang tertutup. Jika tubuh berada pada kondisi berkeringat dan dibiarkan selalu lembab, dapat menyebabkan infeksi pada kulit karena bertumbuhnya jamur yang menyerbak, atau disebut dengan penyakit panu.

Penyakit panu dengan nama lain tinea versicolor atau pityriasis versicolor merupakan infeksi jamur pada kulit tubuh manusia. Gejalanya seperti rasa gatal pada kulit, terdapat bercak putih pada area gatal dan menyebar ke area di sekitar, serta kulit terasa menebal dan bersisik. Penyebab panu menyebar adalah suhu panas di lingkungan, produksi keringat dan minyak yang berlebih pada tubuh, serta penurunan sistem kekebalan tubuh.

Ilustrasi seorang anak laki-laki terkena pityriasis versicolor atau panu (Sumber: Envato)

Seseorang dapat mengetahui tentang panu, pencegahan dan penanganannya melalui bahan bacaan berbentuk komik. Pendidikan.id menyuguhkan komik literasi sebagai metode pembelajaran baru untuk meningkatkan minat baca anak menggunakan metode digital. Komik literasi Pendidikan.id menyuguhkan bahan bacaan yang baik, mendidik dan menarik karena tidak hanya berisi cerita dan ilustrasi, namun juga ilmu pengetahuan. Salah satunya ilmu pengetahuan tentang kesehatan yang menjelaskan tentang panu sebagai infeksi kulit cari jamur bernama malassezia.

Komik literasi Pendidikan.id berjudul “Rahasia di Punggung Anto” bercerita tentang seorang siswa kelas 8 SMP bernama Anto yang tinggal di daerah pesisir pantai. Terlebih karena berada di negara tropis dan tempat tinggalnya yang cenderung berhawa panas, Anto jadi sering berkeringat. Anto harus sering mandi untuk membersihkan keringat, namun tidak pernah mengeringkan badannya dengan langsung mengenakkan pakaian. Semakin lama kebiasaan tersebut membuat punggung Anto gatal-gatal. Tidak hanya gatal, namun terdapat bercak-bercak putih yang membuat Anto merasa malu.

Halaman depan komik literasi Pendidikan.id “Rahasia di Punggung Anto”

Dokter yang memeriksa kondisi Anto menjelaskan bahwa Anto terkena penyakit pityriasis versicolor atau dalam bahasa sehari-hari disebut panu. Merupakan infeksi kulit karena terdapat jamur bernama malassezia furfur yang menjadi flora normal pada dan menginfeksi kulit manusia. Infeksi tersebut timbul pada punggung Anto karena ia tidak memastikan tubuhnya benar-benar kering setelah mandi. Kondisi kulit yang lembab dan tertutup pakaian menyebabkan jamur tersebut berkembang dan menginfeksi kulitnya pada area punggung. 

Melalui isi komik literasi “Rahasia di Punggung Anto”, pembaca diajak untuk memahami bahwa penyakit kulit tinea versicolor atau pityriasis versicolor menjadi penyakit infeksi yang banyak terjadi di negara tropis. Seseorang dapat mencegah penyakit panu dengan memastikan kebersihan, mengeringkan tubuh setelah mandi dan kondisi tubuh yang mengeluarkan keringat dengan tuntas. Tidak hanya itu, pembaca juga mendapatkan informasi tentang penanganan panu pada tubuh. 

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments