Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaUncategorizedTingkatkan Antusias Membaca Melalui Literasi Asyik di Mading Sekolah Menggunakan KODING (Komik...

Tingkatkan Antusias Membaca Melalui Literasi Asyik di Mading Sekolah Menggunakan KODING (Komik Kipin di Mading) !

Antusias siswa SDN 162 Baringeng Sulawesi Selatan dalam membaca Koding berjudul ‘Sabun vs Virus’; salah satu komik literasi Kipin Seri Kesehatan

Memupuk minat baca anak-anak Indonesia menjadi salah satu langkah peningkatan kemampuan literasi secara keseluruhan.  Sesuai dengan ketetapan Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bahwa terdapat 6 Literasi Dasar yang perlu dimiliki oleh anak atau peserta didik. Salah satu kelompok literasi dasar tersebut adalah Literasi Baca Tulis. Dengan membaca, diharapkan anak mampu membangun kecakapan untuk memahami bacaan berupa teks yang tersirat atau tersirat, untuk mengembangkan wawasan dan kompetensi diri.

Seorang perempuan tengah membaca buku di atas meja kayu
(Photo by Thought Catalog on Unsplash)
Seorang perempuan tengah membaca buku di atas meja kayu
(Photo by Thought Catalog on Unsplash)

Tidak hanya menjadi tanggungjawab individu, pengetahuan akan pentingnya literasi menjadi tanggung jawab berbagai pihak. Orangtua anak, lingkungan sekitar, hingga berbagai pihak yang terlibat dalam instansi pendidikan memegang peranan penting dalam menegakkan literasi dan pengetahuan anak. Selain itu, dalam era digitalisasi yang tengah dilalui sekarang ini, masyarakat diharapkan mendapatkan kemudahan akses untuk mendapatkan bahan bacaan bermutu untuk meningkatkan pengetahuan. Tidak ketinggalan, bahan bacaan yang berkualitas dan menarik akan meningkatkan minat masyarakat, terutama anak-anak untuk semangat membaca dan belajar.

Mengetahui kebutuhan bahan bacaan yang mendidik dan menarik sangat dibutuhkan oleh anak, maka Kipin secara aktif memproduksi media belajar berupa komik literasi. Komik dipilih sebagai media pembelajaran yang MENDIDIK dan FUN

MENDIDIK:  Konten edukatif, pendidikan moral, budi pekerti, pengetahuan umum, kesehatan, dan sejarah.
FUN: Bahan bacaan penuh gambar, bewarna, berisi percakapan tokoh cerita yang menarik

Bahan bacaan berisi cerita dan percakapan dan disuguhkan secara ilustratif, full color. Tak hanya itu,  komik literasi juga berisi ilmu pengetahuan yang meningkatkan wawasan siswa!

Selain menyajikan media belajar komik di aplikasi Kipin School 4.0, pengguna, atau dalam hal ini sekolah, mendapatkan penawaran menarik untuk memiliki dan menyajikan komik literasi Kipin sebagai bahan mading sekolah. 

Mempersembahkan Koding atau Komik Kipin di Mading! Koding hadir mendukung peningkatan literasi anak Indonesia dengan membagikan bahan bacaan edukatif yang disajikan melalui cerita dan ilustrasi gambar yang menarik. Komik secara eksklusif dibagikan dalam bentuk layout ukuran A0 sehingga dapat dicetak dan ditempel sebagai bahan majalah dinding sekolah.

Berbagai SD dan MI di penjuru Indonesia telah berpartisipasi dalam pemasangan Koding di sekolah mereka. Seperti pada kompetisi DUKI Meng-Koding yang mengajak berbagai guru untuk mempromosikan dan menghadirkan antusias dari sekolah dan murid terhadap Koding sebagai solusi literasi menarik untuk mading sekolah!

Antusias siswa SDN Wonokusumo V/44 dalam membaca Koding berjudul ‘Sabun vs Virus’; salah satu komik literasi Kipin Seri Kesehatan

Kompetisi yang berlangsung dari bulan November 2023 hingga Januari 2024 ini berhasil mengajak lebih dari 50 SD dan MI untuk mengkreasikan mading sekolah menggunakan komik literasi Kipin dan bergerak menggalakkan Gerakan Literasi Nasional!

Program Komik Kipin untuk Mading sekolah ini terus dibuka dan mempersilakan setiap SD, MI, dan instansi pendidikan untuk mengikutinya. Jika Anda merupakan pustakawan atau guru sekolah, madrasah, atau instansi yang bergerak pada peningkatan literasi dan pendidikan anak, silakan daftarkan diri Anda pada program KODING dengan mengikuti langkah berikut:

1. Mengisi formulir pengajuan Koding di bit.ly/SDMengKODING
2. Mendapatkan file komik melalui e-mail atau Whatsapp
3. Silahkan cetak dan pasang di sekolah/madrasah/instansi Anda masing-masing
4. Dokumentasikan pemanfaatan Koding di sekolah/madrasah/instansi dan kirimkan pada Tim Kipin

Kirimkan dokumentasi sebanyak-banyaknya dan menangkan hadiah menarik dari KIPIN. Salam literasi!

Informasi lebih lanjut, hubungi
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6282331444340

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments