Jumat, April 26, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanCegah Penyakit Jantung dari Gaya Hidup Sejak Dini, Baca Informasinya Melalui Komik...

Cegah Penyakit Jantung dari Gaya Hidup Sejak Dini, Baca Informasinya Melalui Komik Kesehatan

Penyakit jantung masih menjadi ancaman sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Sementara TBC, HIV/AIDS & malaria, secara keseluruhan ‘hanya’ membunuh 3 juta orang di seluruh dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ada sekitar 15 dari 1000 orang, atau hampir 4 juta orang di Indonesia menderita penyakit jantung.

serangan jantung, gejala serangan jantung, cara mencegah penyakit jantung
Cover komik kesehatan “Serangan Maut Mendadak”

Penyakit mematikan ini banyak menyerang kelompok usia produktif, sehingga kehadirannya cukup berdampak pada kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Perhimpunan Dokter Spesialis Jantung Indonesia (PERKI) mengatakan bahwa kesehatan jantung untuk semua orang adalah hak asasi manusia yang mendasar dan elemen penting dari keadilan kesehatan di dunia. Terlepas dari negara, wilayah, asal, ras, jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pendapatan, setiap manusia berhak atas kesehatan dan kesejahteraan jantung melalui promosi kesehatan, akses ke pencegahan, kontrol dan pengelolaan penyakit jantung.

Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita. Menurunkan beban penyakit jantung di Indonesia tidak hanya tugas salah satu pihak, namun peran semua lapisan masyarakat (pasien, dokter dan keluarga pasien). Sudah waktunya untuk kita semua bersama-sama menurunkan tingkat kasus penyakit jantung dimulai dari langkah yang sederhana, yaitu mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Informasi mengenai gaya hidup sehat telah banyak beredar. Namun bagi anak-anak dan remaja, informasi ini bisa didapatkan melalui komik pendidikan “Serangan Maut Mendadak” yang diterbitkan oleh Pendidikan.id. Komik ini menceritakan tentang seluk-beluk penyakit jantung dengan bahasa yang ringan, dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna dan menarik. Komik ini dapat menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak dan remaja mengenai penyakit jantung, serta bagaimana penerapan gaya hidup sehat sejak dini untuk mencegah penyakit jantung.

cara-menangani-serangan-jantung-mendadak
Cuplikan isi komik kesehatan “Serangan Maut Mendadak.”

Komik “Serangan Maut Mendadak” diterbitkan oleh Pendidikan.id dengan banyak komik lain dalam berbagai seri. Mulai dari seri pendidikan moral, kesehatan, pengetahuan hingga buku khusus untuk pra sekolah. Melalui buku dan komik-komik ini, Pendidikan.id ingin ikut berperan serta dalam memberikan bacaan yang ringan, menarik dan bermanfaat bagi seluruh pelajar Indonesia. Selain untuk memberikan pengetahuan, membaca komik pendidikan juga dapat meningkatkan kemampuan literasi anak.

Semua komik pendidikan termasuk komik “Serangan Maut Mendadak” dapat diperoleh secara gratis oleh siapa saja melalui Aplikasi Kipin School. KIPIN School merupakan aplikasi smartphone yang berisi ribuan buku sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat didownload gratis, tanpa berbayar atau pun berlangganan. Aplikasi KIPIN School tersedia pada smartphone berbasis Android, iOS dan Windowstore.

Ayo bersama kita lawan penyakit jantung! Kita tingkatkan gaya hidup sehat sekaligus kemampuan literasi anak Indonesia bersama komik pendidikan!
Download Aplikasi KIPIN School di sini:
Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool
iOS: https://apps.apple.com/id/app/buku-sekolah-digital/id665775662?l=id
Windows: https://www.microsoft.com/id-id/p/buku-sekolah-digital/9wzdncrdhbl0?activetab=pivot:overviewtab

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments