Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Cerita Anak-anak: Ayo Gunakan Tangan dengan Baik, Cegah Kekerasan dan Bangun Moral Anak Bangsa Sejak Dini Melalui Komik ‘Tangan Kita!’

komik literasi 'cerita tentang Tangan Kita'

Cuplikan isi komik literasi ‘Tangan Kita’

Tangan manusia memiliki banyak fungsi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Fungsi-fungsi tangan seperti untuk memegang benda, menulis, menggambar, menunjuk arah dan menggunakan cincin. Dengan tangan manusia bisa bermain alat musik, berolahraga, memasak serta berdoa. Jika dipergunakan dengan baik, tangan manusia juga akan mendatangkan kebaikan atau keuntungan. Namun sebaliknya jika manusia menggunakan tangan untuk hal-hal yang salah, tentu akan merugikan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Mengajarkan fungsi tangan kepada anak-anak sejak dini adalah hal yang sangat penting. Tentu saja, ini ditujukan untuk mencegah tindakan-tindakan tercela di masyarakat. Membunuh, merampok dan menganiaya hanya sebagian contoh dari tindakan-tindakan ekstrem yang hingga saat ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat luas. Lebih miris lagi apabila banyak dijumpai anak-anak kecil yang dengan entengnya mengayunkan tangan, mendaratkan pukulan di tubuh temannya. Bukankah anak-anak adalah generasi masa depan bangsa? Bagaimana jika mereka bertumbuh dalam kekerasan, karena salah dalam menggunakan tangannya?

Berlandaskan cita-cita untuk membangun pendidikan anak bangsa, Pendidikan.id menerbitkan komik berjudul ‘Tangan Kita.’ Komik ini mendeskripsikan tangan sebagai pemberian Tuhan, dan apa-apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan dengan tangan. “Tujuannya, untuk mengedukasi anak-anak tentang tindakan yang baik dan buruk. Jangan sampai semakin banyak anak yang terlibat kekerasan, seperti tawuran atau bullying,” jelas Nita, tim komik.pendidikan.id.

Dalam komik, diceritakan bahwa Tuhan memberikan manusia sepasang tangan yang terdiri atas lima jari. Masing-masing ialah ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking. Kedua tangan saling bekerja sama untuk melakukan suatu kegiatan, oleh karena itu kesehatan tangan sangat perlu dijaga. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kesehatan tangan seperti rajin mencuci tangan, memotong kuku dan menghindari benda tajam yang dapat melukai tangan. Jika tangan sehat dan bersih, maka bisa digunakan secara leluasa untuk melakukan segala bentuk kegiatan terpuji. Asal bukan untuk memukul, mencakar atau menyakiti sesama.

komik literasi 'cerita tentang Tangan Kita'

Cover depan komik literasi ‘Tangan Kita’

Nita berharap, pesan mengenai penggunaan tangan dengan baik ini dapat tersampaikan secara efektif bagi setiap anak yang membacanya. Sehingga dapat membentuk moral yang baik dalam diri anak-anak, yang juga akan berdampak pada moral bangsa. Selain itu, diharapkan juga dapat mengembalikan semangat baca anak-anak yang hampir hilang tergerus ombak teknologi. “Tapi dengan hadirnya teknologi, justru bisa dimanfaatkan agar mereka dapat kembali gemar membaca melalui teknologi itu sendiri,” ujarnya.

Komik ‘Tangan Kita’ dapat dibaca dan didownload gratis melalui komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk menjadi bahan literasi bacaan yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan berdongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone. Yuk, baca cerita tentang tangan kita di komik pendidikan!

Most Popular

To Top