Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Edtech Indonesia: Seberapa Terbuka Cara Berpikir Anda Tentang Platform Sekolah Online?

sekolah online, belajar dari rumah, belajar online, pjj, psbb

By Santoso Suratso BSc., MBA, | CEO Pendidikan.id | KIPIN

Sejak pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, semua sekolah ditutup, jutaan guru dan puluhan juta pelajar diharuskan melakukan PJJ yaitu Pembelajaran Jarak Jauh, di mana pelajar belajar dari rumah dan guru-guru dari sekolah memberikan bimbingan lewat media komunikasi online.

sekolah online, digitalisasi sekolah, aplikasi belajar online
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sekolah online.

Masalahnya adalah pandemi ini tidak kunjung selesai, bahkan pada bulan Juni 202 0 pemerintah sudah mengumumkan bahwa sekolah akan tetap ditutup sampai dengan Januari 2021. Tak menutup kemungkinan juga apabila periode ini akan diperpanjang lagi di kemudian hari.

Selama 3 bulan pandemi covid-19 berlangsung di Indonesia (Maret – Juni 2020), pekerjaan harian guru makin bertambah sulit karena guru dituntut untuk tetap memberikan pengajaran yang efektif melalui PJJ. Padahal tanpa tanpa didukung dengan metode dan aplikasi digital yang tepat, PJJ tidak dapat berjalan dengan baik. Karena keterbatasan sarana, guru pun harus menggunakan sistem yang apa adanya. Misal yaitu pembelajaran lewat telepon dan Whatsapp, namun sayangnya Whatsapp merupakan aplikasi komunikasi. Tentu saja tidak bisa digunakan untuk membantu jalannya pembelajaran secara efektif.

Selain Whatsapp, ada pula sebagian sekolah yang menggunakan platform PJJ seperti Google classroom. Platform tersebut memang membantu, namun kekurangannya yaitu platform-platform tersebut masih kosong atau tidak memiliki konten pembelajaran di dalamnya. Akibatnya, guru harus melakukan banyak pekerjaan tambahan seperti mengunggah materi pendidikan, serta mencoba-coba dengan kesalahan yang menimbulkan rasa resah dan frustasi.

Lalu bagaimana kepastian masa depan pendidikan apabila PJJ masih harus dilaksanakan selama satu atau dua tahun ke depan? Apakah guru-guru harus bekerja dua kali lebih keras?

 Apa yang Anda Ketahui Tentang Kipin?

Teknologi pendidikan Kipin adalah aplikasi generasi baru untuk membantu sekolah dan guru dalam PJJ. Sistem Kipin memiliki integrasi konten pembelajaran yang lengkap dengan teknologi yang mutakhir untuk memudahkan pekerjaan guru.

aplikasi belajar online, sekolah online, digitalisasi sekolah
Tampilan menu Aplikasi KIPIN School.

Konten digital KIPIN terdiri dari 2500+ buku Kemendikbud, 1500+ video pendidikan yang diajarkan 100% oleh guru-guru sekolah, 50000 latihan soal dan 300+ komik literasi. KIPIN juga memiliki teknologi eksklusif dikenal dengan nama “SEKOLAHKU” di mana guru dapat mendistribusikan konten sekolah langsung ke seluruh siswa dengan sangat mudah. Guru dapat mengunggah semua konten yang diperlukan melalui portal KIPIN, dan dengan satu klik semua siswa bisa langsung menerima di rumah.

KIPIN telah melewati 7 tahun riset dan pengembangan, serta menerima banyak masukan dan pendapat dari ratusan guru di Indonesia. Ide awal terciptanya KIPIN sendiri berasal dari pernyataan Bapak Jokowi pada tanggal 8 Oktober 2014 mengenai pendidikan 3T. Keunikan KIPIN lainnya yaitu bahwa KIPIN dibuat oleh guru, dan digunakan sebagai alat bantu guru saat mengajar. Prinsip ini berbeda dengan platform bimbel yang sebagian besar cenderung untuk menggantikan fungsi guru.

Menu “Sekolahku” di dalam KIPIN juga memiliki fitur “Forum”, berfungsi sebagai papan pengumuman dan forum diskusi antara guru dan siswa. Forum ini bisa diatur dan dibagi menjadi per-kelas, per-angkatan, per-mata pelajaran atau berdasarkan jenis kelompok lainnya. Selain itu, KIPIN juga memiliki fitur “Chat” yang berfungsi sebagai tempat saling berkirim pesan singkat nan santai bagi seluruh guru dan siswa.

KIPIN sangat memudahkan tugas guru dan siswa secara bersamaan. Fungsi digital seperti yang dimiliki oleh KIPIN benar-benar membantu guru lebih efektif, namun tidak berbeda seperti menjalankan sekolah konvensional. PJJ tidak lagi menjadi masalah dengan solusi teknologi KIPIN, oleh karena itu hanya dalam waktu singkat saja kini sudah lebih dari 160 sekolah negeri dan swasta yang menggunakan platform teknologi Kipin.

Selain memberikan materi pembelajaran yang lengkap untuk memudahkan guru dan siswa, KIPIN juga memiliki fitur PTO (Paperless Test Online). PTO adalah fasilitas ujian digital tanpa memerlukan kertas dan bisa dikerjakan oleh siswa dari mana saja, baik di sekolah maupun di rumah.

Bayangkan Perasaan Anda Bila Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Anda Berlangsung Sukses, Lancar dan Efektif di Era Pandemi Covid-19 ini!

Semua mata baik pemerintah atau media akan melihat sekolah anda atas keberhasilan kepemimpinannya, juga motivasi guru-guru akan baik, kepercayaan dari orang tua sangat positif terhadap sekolah anda dan partisipasi dari siswa menjadi maksimal meski belajar dari rumah. PJJ bukan lagi menjadi masalah tapi akan benar-benar menjadi new normal.

Kami Melihat Setiap Sekolah Hanya Memiliki Tiga Pilihan

Pilihan pertama, sekolah bisa berharap agar Covid-19 untuk hilang segera dan selamanya (tidak ada gelombang kedua) dan sekolah bisa mundur lagi ke-era sebelum Covid, dan new normal itu adalah seperti dan seolah-olah pandemik ini tidak pernah terjadi – ini mungkin hanya mimpi.

Pilihan kedua, terus buat kesalahan, tidak berubah, dan terus melakukan apa yang sekarang telah menjadi kuno “tidak-relevan” di era Covid-19 ini dimana pemerintah, orang tua dan siswa bergeser ke arah new normal seperti PJJ dan sekolah online – ini mungkin akan menjadikan sekolah anda sangat tertinggal dibandingkan dengan yang lain.

Pilihan ketiga, mengambil langkah untuk memilih yang terbaik dan telah terbukti di 160 sekolah yaitu Kipin School 4.0 (untuk fasilitas belajar online) dan PTO 2.0 (untuk fasilitas ulangan online), maka sekolah anda akan sukses bahkan terdepan dalam teknologi PJJ dan sekolah online. Semua mata baik pemerintah dan guru akan melihat komitmen sekolah untuk menjadi yang terbaik.

Most Popular

To Top