Selasa, Januari 31, 2023
spot_img
BerandaEvent PendidikanGERAKAN LITERASI NASIONALGuru Penggerak Literasi di SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan

Guru Penggerak Literasi di SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan

SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan
SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan

Guru sebagai fasilitator harus mampu mengemas kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat baca peserta didik / disebut literasi. Proses pembelajaran harus diarahkan agar peserta didik mampu memperoleh informasi dengan membaca buku. Karena itu Literasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan.

Dengan kemampuan Literasi yang baik, peserta didik akan lebih aktif dalam mencari informasi lebih banyak, sehingga lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kita dapat mencontoh Hendriyansyah, S.Pd sebagai salah satu Guru di SDN 2 Way Urang yang telah berhasil membangkitkan semangat berliterasi para siswanya dengan cara yang menyenangkan.

Perpustakaan Digital Kipin Perpus SD
Perpustakaan Digital Kipin Perpus SD

Hendriyansyah berprinsip bahwa minat baca perlu ditanamkan sejak dini, karena Masa anak-anak merupakan masa yang tepat untuk menanamkan sebuah kebiasaan, dan anak yang sudah mempunyai kebiasaan membaca / literasi yg baik akan terbawa hingga anak tumbuh dewasa atau menjadi orang tua. Namun, ia dihadapkan dalam kondisi dimana minat literasi peserta didik hampir menghilang. Karena itu beliau bertekad untuk mencari solusi, hingga pada akhirnya menemukan Kipin dan memaksimalkan kesempatan yang ada dengan turut serta dalam program Kipin Perpus Digital SD.

Kipin Perpus SD di SDN 2 Way Urang
Kipin Perpus SD di SDN 2 Way Urang

Program Kipin Perpus Digital SD merupakan program CSR dari Kipin yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak melalui ratusan bacaan literasi pendidikan Kipin GRATIS yang tentunya menarik dan mendidik untuk anak anak. Seluruhnya membahas seputar budaya, budi pekerti, pengetahuan umum, dan kesehatan. Dipersembahkan untuk semua sekolah di seluruh Indonesia bahkan hingga pelosok karena dalam mengaksesnya tidak diperlukan jaringan internet sama sekali.

Siswa siswi SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan
Siswa siswi SDN 2 Way Urang, Lampung Selatan

“Hal yang sangat berkesan selama saya menjadi Guru Penggerak literasi di sekolah saya ialah, ketika melihat dan mendampingi para peserta didik yang sangat antusias dan bersemangat ketika mereka belajar membaca di Kipin Perpus SD. Dengan tampilan Kipin Perpus SD yang sangat menyesuaikan usia peserta didik, dan dilengkapi dengan gambar-gambar komik yg sangat menarik, siswa yang sebelumnya tidak lancar membaca, kini telah lancar dan menikmati kegiatan literasi.” – Hendriyansyah S.Pd, Guru SDN 2 Way Urang

Ingin memiliki Kipin Perpus SD di sekolahmu?

Info lebih lengkap dan pendaftaran pada: https://kipin.id/perpusdigitalgratis/ 

WA Chat CS Kipin Perpus SD: wa.me/6281230192466

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments