Selasa, Januari 31, 2023
spot_img
BerandaEvent PendidikanGERAKAN LITERASI NASIONALSemangat Baru Tingkatkan Minat Baca Siswa secara Digital di SD IT Darul...

Semangat Baru Tingkatkan Minat Baca Siswa secara Digital di SD IT Darul Madinah Wonosari, Gorontalo

SD IT Darul Madinah Wonosari, Gorontalo
SD IT Darul Madinah Wonosari, Gorontalo

Perangkat sekolah mulai dari Guru, karyawan, hingga sarana dan prasarana, merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sebuah sekolah. SD IT Darul Madinah Wonosari yang berlokasi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo contohnya, memiliki Guru serta Karyawan dengan motivasi tinggi agar para siswa dapat menumbuhkan minat baca sejak dini agar dapat memberikan dampak positif di kemudian hari saat mereka dewasa.

Kipin (Kios Pintar) menjadi solusi meningkatkan minat baca anak sejak dini dengan ratusan komik literasi pendidikan yang membahas seputar budaya, tata krama, budi pekerti, hingga pengetahuan umum secara digital. Komik merupakan cara tepat merangsang rasa keingintahuan dan minat baca anak karena menarik dan banyak digemari. Ditambah dengan nilai nilai dan pengetahuan yang ada didalamnya, semakin menyempurnakan dampak positif yang diharapkan untuk membentuk siswa siswi yang cerdas berpengetahuan umum dan berbudi luhur. Tidak hanya komik, didalam Kipin para siswa juga mendapatkan ribuan buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, dan latihan soal seperti sebuah game quiz.

Siswa siswi SD IT Darul Madinah, Gorontalo
Siswa siswi SD IT Darul Madinah, Gorontalo

“Antusias dan semangat para siswa terlihat dari ekspresi yang sangat jelas berbeda jika hanya sekedar diarahkan untuk membaca buku yang berisi literasi bacaan anak konvensional. KIPIN memberikan warna yang berbeda bagi anak. Point penting dalam menumbuhkan minat baca anak yakni tampilan KIPIN yang sangat menarik, interaktif, dan mudah dipahami serta menyediakan bahan bacaan yang sangat banyak hanya dalam 1 perangkat.” ujar Ahmad Ferdi Rumansyah, staff SD IT Darul Madinah Wonosari

“Siswa sangat senang mendapatkan pengalaman baru dalam bidang Teknologi. Ini merupakan kali pertama para siswa kami memanfaatkan teknologi yang digabungkan dengan sebuah Perpustakaan, karena selama ini mereka hanya mengenal perpustakaan itu adalah sebuah tempat membaca yang terkadang membuat mereka jenuh. Namun inovasi dari KIPIN Perpustakaan Digital ini sedikit merubah mindset para siswa, bahwa ternyata membaca dan belajar menggunakan KIPIN sangat menyenangkan” Tambah Ahmad.

Guru SD IT Darul Madinah, Gorontalo
Guru SD IT Darul Madinah, Gorontalo

Menyadari manfaat yang begitu besar dan kebutuhan setiap sekolah akan sarana pembelajaran yang tepat dan mendidik, SD IT Darul Madinah Wonosari berbagi cerita, pengalaman, dan manfaat yang begitu banyak didalam Kipin dengan harapan bahwa Indonesia dapat sukses meningkatkan Literasi Baca khususnya pada siswa sekolah dasar, dan mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan berbudi luhur.

Ahmad Ferdi Rumansyah, salah satu Staff Operator di SD IT Darul Madinah Wonosari, berharap agar sekolah sekolah di seluruh Indonesia dapat segera menuju ke digital, dan mendapatkan dukungan sarana dan prasarana dari pemerintah.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments