Selasa, Januari 31, 2023
spot_img
BerandaEvent PendidikanGERAKAN LITERASI NASIONALSD Negeri 006 Balikpapan Timur - Kalimantan Timur, Mempunyai Perpustakaan Digital yang...

SD Negeri 006 Balikpapan Timur – Kalimantan Timur, Mempunyai Perpustakaan Digital yang Canggih

Perpustakaan Digital di SDN 006 Balikpapan Timur

Di era modern saat ini, hampir semua aktivitas sehari-hari telah menjadi lebih mudah dilakukan berkat adanya teknologi yang terus berkembang. Perkembangan teknologi tersebut terjadi di berbagai sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali pada bidang pendidikan.

Penelitian Cambridge Internasional melalui Global Education Census 2018 menunjukkan bahwa siswa Indonesia sangat akrab dengan teknologi, bukan hanya dalam berinteraksi di media sosial, tetapi juga untuk kebutuhan pembelajaran. Penggunaan teknologi khususnya teknologi digital yang sudah terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sebab, fasilitas yang diberikan lebih menarik sehingga dapat terhindar dari rasa jenuh ketika siswa mengikuti pelajaran.

Pemanfaatan teknologi telah diterapkan oleh SD Negeri 006 Balikpapan Timur, Kalimantan Timur pada perpustakaan sekolah mereka sehingga menjadi perpustakaan digital yang mampu membantu siswa mendapatkan informasi atau sumber belajar lebih luas. Selain, itu tingkat minat baca siswa semakin meningkat karena siswa dapat belajar dengan mudah dan praktis di perpustakaan sekolah.

SDN 006 Balikpapan menggunakan modul Kipin sebagai media perpustakaan digital. Modul Kipin perpus SD merupakan perpustakaan digital gratis yang membantu meningkatkan minat baca siswa melalui ratusan komik literasi pendidikan original kipin, serta kesempatan mendapatkan ribuan konten pembelajaran lainnya pada Kipin dari berbagai jenis (Buku, Video, Latihan Soal). Dalam modul Kipin sudah tersedia 400 bacaan komik literasi yang menarik dan mendidik seputar budaya, budi pekerti, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Minat Baca Siswa Siswi SDN 006 Balikpapan Timur

SD negeri 006 Balikpapan sangat senang menyambut fasilitas Kipin Perpus untuk media perpustakaan digital sekolah. Dengan demikian, minat baca siswa yang hampir hilang sejak masa pandemi dapat kembali tumbuh dan meningkat. Tanggapan siswa juga sangat gembira dan bersemangat. Siswa betah berlama-lama membaca berbagai komik pendidikan Kipin. Alih alih bermain, siswa memanfaatkan jam istirahat untuk membaca di perpustakaan karena media pembelajaran yang tepat dan menarik tersebut. Meskipun belum lancar membaca dan masih mengeja, semangat dan minat siswa siswi kelas 1 SD juga tinggi untuk mendatangi perpustakaan dan membaca komik komik pendidikan yang ada.

“Terimakasih Kipin Perpus telah memberikan kemudahan bagi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa secara berkelanjutan” Tutur Bu Wiwik Purbawati, salah satu guru pengajar di SD Negeri 006 Balikpapan. Harapan Wiwik Purbawati kedepannya adalah agar  pemerintah dapat menyeimbangkan program digitalisasi sekolah dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Dengan ini kita semakin mengetahui bahwa pembelajaran di sekolah sejatinya dapat berjalan secara maksimal. Tidak hanya kualitas Guru yang ditingkatkan, tetapi fasilitas penunjang siswa juga penting sehingga mampu menjadikan mereka lebih aktif belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan serta wawasan yang lebih luas. 

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments