Selasa, Januari 31, 2023
spot_img
BerandaEvent PendidikanPerpustakaan Taman Pamekar menjadi Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi untuk...

Perpustakaan Taman Pamekar menjadi Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi untuk Tema Peningkatan Pelayanan Publik

Taman Pamekar sebagai Juara 1 Lomba Inovasi Daerah (Tema Peningkatan Pelayanan Publik) Kabupaten Sukabumi
Taman Pamekar sebagai Juara 1 Lomba Inovasi Daerah (Tema Peningkatan Pelayanan Publik) Kabupaten Sukabumi

Perpustakaan memiliki peran penting sebagai wadah yang menyediakan fasilitas bagi seseorang yang ingin menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Perpustakaan juga menyimpan kekayaan tersirat yang luar biasa bermanfaat bagi pribadi manusia dan kehidupan. Lia Yuliati (35 th) merupakan salah satu aktivis di perpustakaan Taman Pamekar Sukabumi  desa Kabandungan, kecamatan kabandungan.

Lia Yuliati membagikan pengalamannya mengelola perpustakaan Taman Pamekar hingga berhasil meraih juara 1 dalam lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2022 untuk tema peningkatan Pelayanan Publik yang diselenggarakan pada tgl 7-11 Nov 2022 dengan mengusung judul inovasi “Si KIPIN Cinta Halisa (Pemanfaatan Aplikasi Kios Pintar untuk mencerdaskan dan meningkatkan prestasi siswa di kaki gunung Halimun Salak).

Kipin pada Perpustakaan Taman Pamekar
Kipin pada Perpustakaan Taman Pamekar

Lia memaparkan, sudah banyak upaya yang dilaksanakan untuk mengembangkan minat baca dan kualitas SDM masyarakat. Selain layanan standar perpustakaan berupa layanan anggota, membaca dan meminjam referensi, perpustakaan ini juga memiliki layanan unggulan. Diantaranya layanan perpustakaan keliling (sigaling), layanan masyarakat dapat berkarya (simaya), fasilitas jaringan internet dan komputer untuk pelatihan dasar pelajar SMP, layanan disini dapat belajar (Di Pajar) dan fasilitas Kipin (Kios Pintar).

Dengan adanya fasilitas Kipin di Perpustakaan Taman Pamekar, seluruh anak dan pengunjung bisa mendapatkan konten pembelajaran yang beragam, sebanyak-banyaknya tanpa perlu internet dan secara gratis. Fasilitas tersebut menjadi bentuk nyata kemerdekaan belajar yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat di sekitar Perpustakaan Taman Pamekar. Konten pembelajaran yang bisa dimiliki oleh masyarakat diantaranya:

  1. 5000+ Buku Pembelajaran Kemendikbud Ristek (beragam kurikulum, untuk semua jenjang pendidikan)
  2. 2000+ Video Pembelajaran Sekolah
  3. 50.000+ Latihan Soal
  4. 500+ Komik Literasi Pendidikan original Kipin.
Fasilitas Perpustakaan Digital Kipin (Kios Pintar)
Fasilitas Perpustakaan Digital Kipin (Kios Pintar)

Jumlah konten pembelajaran tersebut juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Tentunya, dampak dan manfaat dari fasilitas Kipin pada Perpustakaan Taman Pamekar menjadi semakin besar hingga diakui dan menjadi juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2022 untuk tema peningkatan Pelayanan Publik. Tidak hanya perpustakaan Taman Pamekar, Kipin bisa dihadirkan di seluruh fasilitas umum baik perpustakaan, balai kelurahan, balai kecamatan, dan lain sebagainya untuk menunjang pendidikan yang merupakan hak dari semua kalangan masyarakat.

“Ada 2 hal yang membuat kita hari ini berbeda dengan dengan kita dengan tahun-tahun yang akan datang. Pertama buku yang kita baca, yang ke 2 adalah orang-orang yang kita temui. Buku yang kita baca akan membentuk pola pikir kita. dan oarang-orang yang kita temui akan membentuk karakter kita. Maka bacalah buku yang penuh dengan ilmu pengetahuan lalu tumbuh dan temuilah bersama orang-orang hebat. Melalui perpustakaan kita bisa bertemu orang-orang hebat dan menjadi orang hebat.” – Lia Yuliati, 2022.

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments