Jumat, Mei 3, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMenjelajah Keindahan Segitiga Karang Dunia di Indonesia di Pulau Wakatobi Bersama Komik...

Menjelajah Keindahan Segitiga Karang Dunia di Indonesia di Pulau Wakatobi Bersama Komik Literasi Kipin

Sumber : Wakatobi.com / Galeri Foto Taman Wakatobi

 Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu tempat  destinasi yang memiliki keindahan alam serta menarik perhatian banyak orang adalah Pulau Wakatobi. Pulau Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten Wakatobi memiliki 43 pulau, terdapat 4 pulau besar diantaranya yaitu pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (WaKaToBi).

Sumber : Wakatobi.com / Galeri Foto Taman Wakatobi

Data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, hampir sekitar 90% jenis kerang di dunia dan beragam jenis ikan yang terdapat di Wakatobi. Oleh sebab itu, Wakatobi dijuluki sebagai surganya bawah laut. Kebudayaan serta potensi kekayaan laut menetapkan Wakatobi dipilih sebagai Cagar Biosfer Bumi ke-8. Hal itu ditetapkan oleh  UNESCO pada tahun 2012. 

Dikutip dari  Indonesiabaik.id pada tahun 2016, Pemerintah menetapkan Wakatobi sebagai salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Destinasi pariwisata prioritas lainnya meliputi Kepulauan Seribu, Taman Nasional Bromo, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Tanjung Lesung, Morotai, dan Raja Ampat, dan Borobudur.

Keindahan Pulau Wakatobi tidak terlepas dari keindahan Pantainya. Terdapat puluhan pantai yang memiliki keindahannya masing-masing. Menurut Skyscanner Indonesia, Wakatobi memiliki 5 pantai yang  tercantik yaitu Pantai Sombano, Pelabuhan Tao, Pantai Onruwe, Pelabuhan Tomia, dan Pulau Hoga. Keindahan serta keunikan wisata di Wakatobi menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pengembangan serta menjaga kelestarian alam Wakatobi juga berpotensi untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Apalagi, mayoritas masyarakat Wakatobi yang bekerja sebagai nelayan. 

Berbagai keindahan patut dikulik dan dibanggakan dari Pulau Wakatobi ini. Salah satunya adalah dengan menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada berbagai khalayak. Pendidikan.id merupakan platform edutech yang bergerak dalam misi mencerdaskan bangsa. Pendidikan.id menyediakan berbagai konten pembelajaran dalam satu mobile aplikasi, yang bisa dimanfaatkan tak hanya instansi pendidikan, melainkan juga seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu konten yang diproduksi oleh Pendidikan.id adalah komik. Melalui komik literasi, Pendidikan.id ingin berbagi informasi, ilmu pengetahuan, dan pesan moral yang tersaji dalam bentuk cerita dan ilustrasi. Salah satunya adalah komik berjudul ‘Laut Cantik Wakatobi’ yang membahas keindahan laut dan pulau Wakatobi sendiri.

   Halaman depan Komik Literasi ““Laut Cantik Wakatobi”

Komik Literasi Pendidikan.id dengan judul  “Laut Cantik Wakatobi” menceritakan tentang Alek, Yola, dan Betrand yang berkesempatan mewakili sekolah untuk mengikuti undangan wisata ke Wakatobi. Mereka mengunjungi wisata-wisata alam laut dan desa nelayan, salah satunya yaitu desa Molla serta Sombu Dive. Wakatobi terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah. 

Melalui komik literasi “Laut Cantik Wakatobi” pembaca diajak untuk mengetahui tempat-tempat wisata laut yang ada di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi berbentuk kepulauan yang memiliki pesona wisata laut dan pantai yang sangat indah. Wakatobi juga masuk dalam salah satu daerah segitiga karang dunia yaitu kawasan laut di Samudera Pasifik yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Penasaran dengan keseluruhan isi komik literasi ‘Laut Cantik Wakatobi’ ? Temukan komik tersebut dan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download sekarang di https://kipin.id/download.html

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments