Selasa, Mei 28, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKenali Bakteri, Infeksi dan Pengolahan Tepat Jamur Enoki Bersama Komik Literasi

Kenali Bakteri, Infeksi dan Pengolahan Tepat Jamur Enoki Bersama Komik Literasi

Jamur enoki dan hasil olahannya ke dalam masakan (Sumber: Envato)

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang aman dikonsumsi dengan bentuk unik seperti berbatang panjang berwarna putih dan terdiri dari batang yang berjumlah banyak. Karena bentuknya tersebut, jamur ini juga disebut sebagai jamur jarum emas atau jarum tauge. Bentuk jamur enoki yang unik menarik minat banyak orang termasuk mengolahnya menjadi berbagai olahan masakan seperti masakan ala Jepang, dimasak bumbu ala Indonesia dan berbagai cara lainnya. 

Ilustrasi bakteri listeria monocytogenes (sumber: Envato)

Tetapi, pada bulan Maret hingga April 2020, muncul banyak kasus di Australia, Kanada dan terutama Amerika dimana konsumsi jamur enoki menyebabkan banyak orang menjadi sakit dan dirawat di rumah sakit. Pemeriksaan lebih lanjut menunjukan adanya bakteri pada jamur enoki yang didapatkan dari Korea Selatan dan menyebabkan infeksi pada tubuh. Mengutip dari laman CNN Indonesia, hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menunjukkan adanya pencemaran bakteri listeria monocytogenes pada saat jamur enoki pada tahapan pengemasannya.

Bakteri listeria monocytogenes merupakan jenis bakteri yang tersebar di berbagai lingkungan. Bakteri ini bisa ditemukan di tanah, saluran air, pakan ternak, kotoran, dan perlengkapan dengan tingkat kebersihan kurang. Bakteri listeria monocytogenes menyebabkan infeksi usus atau listeriosis dan memberikan dampak serius pada bayi, ibu hamil dan lansia. Terkhusus pada kasus Kejadian Luar Biasa di ketiga negara di atas.

Halaman depan komik literasi “Enoki Enak-Enak Berbahaya”

Lantas, apakah terdapat cara bagi pembaca terutama anak-anak untuk mencegah penyakit yang dapat ditimbulkan? Juga apa yang dapat dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut efek buruk jamur enoki yang telah terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes tersebut? Pendidikan.id adalah edutech yang mengembangkan produk dan layanan di bidang teknologi pendidikan. Tersedia aplikasi pembelajaran untuk digitalisasi juga berbagai sumber pembelajaran yang mendidik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah komik literasi berisi ragam ilmu pengetahuan melalui sajian cerita dan ilustrasi yang menarik.

Komik literasi Pendidikan.id berjudul “Enoki Enak-Enak Berbahaya”  merupakan komik literasi seri pengetahuan umum yang memberikan pengetahuan akan bahaya jamur enoki bagi kesehatan karena terkontaminasi bakteri listeria. Terdapat sebuah rumah makan bernama Restoran Himawari yang menjual ragam olahan masakan Jepang. Suatu hari kepala koki mengetahui fenomena gejala infeksi bakteri listeria di Amerika yang menyebabkan banyak orang dirawat di rumah sakit. Terjadi diskusi yang cukup panjang antara kepala koki, koki lain dan pegawai lain untuk mengganti jamur enoki menjadi jamur lain karena jamur enoki menjadi bahan menu andalan yang ada pada restoran tersebut. 

Close up jamur enoki (Sumber: Envato)

Kepala koki menjelaskan pada seluruh koki dan pegawai bahwa bakteri listeria monocytogenes  membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Seperti demam tinggi, sakit kepala hingga menyebabkan infeksi pada sistem saraf pusat di otak. Meskipun telah berupaya untuk menjaga kebersihan diri dan peralatan memasak, serta memastikan pengolahan jamur enoki dimasak dengan suhu tinggi agar mematikan bakteri yang ada, restoran tetap harus mengutamakan kepuasan dan kesehatan makanan yang akan disantap pelanggan. 

Melalui komik literasi “Enoki Enak-Enak Berbahaya” mengajak pembaca untuk mengetahui bahaya yang dimiliki jamur enoki yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Bakteri ini tidak hanya menyebabkan infeksi usus, namun berbagai penyakit lain, dan berdampak lebih fatal pada kelompok rentan bayi, ibu hamil, dan lansia. Pengolahan dengan langkah ketat harus dilakukan jika tetap mengolah jamur enoki sebagai olahan pangan. 

Cuplikan isi komik literasi “Enoki Enak-Enak Berbahaya”

Selain itu, komik literasi “Enoki Enak-Enak Berbahaya” mengajak pengelola rumah makan dan bisnis secara keseluruhan untuk mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan kemanusiaan. Keuntungan bersama, terutama keselamatan dan kesehatan pelanggan, hendaknya menjadi perhatian bersama, di atas keuntungan pribadi. 

Penasaran akan cerita Restoran Himawari dan informasi bahaya bakteri dari jamur enoki bagi kesehatan dari “Enoki Enak-Enak Berbahaya” serta ratusan komik literasi lainnya, silakan download di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments