Minggu, April 14, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKenali Kondisi dan Penanganan Celah Bibir dan Langit-Langit (CBL) Bersama Komik Literasi

Kenali Kondisi dan Penanganan Celah Bibir dan Langit-Langit (CBL) Bersama Komik Literasi

Seorang balita menangis karena sedang sakit (Sumber: Envato)

Berdasarkan data yang dihimpun World Health Organization (WHO), kelainan bawaan dari lahir bagi setiap individu menyebabkan sebanyak 240.000 bayi meninggal dalam rentang waktu setelah lahir hingga 4 minggu. Selain itu, menurut hasil dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012, kelainan bawaan juga menempati peringkat kedua dalam indikator Angka Kematian Bayi (AKB). Tidak hanya saat sudah lahir, dampak seorang ibu mengalami keguguran dan kematian janin saat masih dalam kandungan disebabkan juga oleh kelainan bawaan. 

Perkembangan embrio dalam kandungan perempuan (Sumber: Envato)
Perkembangan embrio dalam kandungan perempuan (Sumber: Envato)

Lalu apa itu kelainan bawaan? Kelainan yang disebut juga dengan kelainan kongenital ini merupakan kondisi janin yang mengalami pertumbuhan fungsi dan fisik organ tubuh tidak normal sejak masih dalam kandungan. Pada periode trimester pertama kehamilan, organ-organ tubuh janin mulai terbentuk. Sehingga pada masa ini, kelainan bawaan yang menyebabkan abnormalitas fisik tubuh mulai terjadi.  

Oleh karena kelainan bawaan terbentuk sejak dalam kandungan, ibu hamil memerlukan tindakan atau pemeriksaan sebagai langkah deteksi dini dari janin dalam kandungannya. Caranya dengan melakukan antenatal care, yaitu pemeriksaan wajib yang harus dilakukan setiap ibu hamil mulai dari usia kandungan 20 minggu dan minimal 4x dilakukan pemeriksaan. Ibu hamil juga harus mengetahui faktor-faktor penyebab kelainan bawaan seperti asupan gizi yang kurang, lingkungan tempat tinggal yang tidak kondusif, faktor genetik, dan kondisi serta kebiasaan dari sang ibu.

Halaman depan komik literasi "Senyum Cantik di Bibir Anita"
Halaman depan komik literasi “Senyum Cantik di Bibir Anita”

Salah satu kelainan bawaan yang dimiliki seorang bayi adalah celah bibir dan langit-langit mulut (CBL) atau disebut juga dengan bibir sumbing. Kondisi bibir sumbing menjadi sebuah kelainan dimana terdapat celah yang memisahkan bagian bibir atas, atau langit-langit rongga mulut  Celah bibir menjadi salah satu kelainan kongenital yang marak ditemui dan dapat terjadi dengan perbandingan 1 : 500-1000 kelahiran bayi. Lalu seperti apa informasi tentang Celah Bibir dan Langit-langit Mulut (CBL) dapat diketahui lebih lanjut, terkhusus bagi anak-anak dan remaja?

Pendidikan.id merupakan startup yang bergerak di bidang teknologi dan pendidikan yang mengembangkan konten pembelajaran untuk meningkatkan minat literasi baca salah satunya melalui konten komik literasi. Salah satu judul komik literasi Pendidikan.id berjudul “Senyum Cantik di Bibir Anita” merupakan komik seri pendidikan kesehatan yang menyuguhkan pengetahuan tentang kondisi CBL dari seorang perempuan bernama Anita. Pembaca tidak hanya mendapatkan komik dengan cerita dan ilustrasi yang menarik, namun pengetahuan akan kondisi kesehatan yang menambah pengetahuan. 

Seorang bayi dengan kelainan CBL (Celah Bibir dan Langit-langit. Sumber: Envato)
Seorang bayi dengan kelainan CBL (Celah Bibir dan Langit-langit. Sumber: Envato)

Anita merupakan anak dari bu Aminah, di mana sejak ia dikandung, dokter sudah memberitahukan hasil USG bahwa janin yang dikandung bu Anita akan mengalami kelainan bawaan yaitu Celah Bibir dan Langit-langit mulut (CBL) atau bibir sumbing. Celah di bibir dan langit-langit mulut terjadi karena jaringan di bibir atau langit-langit mulut bayi saat di dalam rahim tidak menyatu sehingga meninggalkan celah. Normalnya, proses penyatuan itu terjadi pada bulan kedua dan ketiga masa kehamilan. Menjadi perjalanan yang tidak mudah bagi bu Aminah dan juga Anita, dimana ia selalu mendapat cibiran dari teman-teman di sekolahnya akan kondisi fisik yang dimilikinya.

Berkat kasih sayang yang diberikan kedua orangtuanya juga tindakan operasi yang diambil oleh dokter dan para ahli, Anita mampu mendapatkan bibir dan tersenyum lebar seperti apa yang selama ini ia dambakan. Anita tidak lagi mendapat perundungan dari siswa lain di sekolah. Ia kini dapat semakin percaya diri dan menjalani hari-harinya dengan baik. Bu Aminah juga membagikan pengalaman keluarganya dalam forum CBL untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para ibu yang memiliki bayi dengan kelainan bawaan.

Cuplikan isi komik literasi “Senyum Cantik di Bibir Anita”

Melalui komik literasi “Senyum Cantik di Bibir Anita” pembaca dapat mengetahui perjalanan bu Aminah selama mengandung dan melahirkan bayi yang telah mendapatkan diagnosa kelainan bawaan. Perhatian dan kasih sayang dari orang tua menjadi pertolongan besar bagi seseorang dengan kelainan bawaan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik seperti anak-anak lainnya. Tidak hanya itu, pengetahuan akan penanganan penyakit dan kelainan harus digali supaya mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kelainan yang ada seperti Anita yang akhirnya mendapat tindakan operasi sambung bibir

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments