Sabtu, April 27, 2024
spot_img
BerandaFenomena PendidikanKIPIN ATM 4.0 Menjawab Tantangan Era Digital untuk Pemerataan Pendidikan di 17.000...

KIPIN ATM 4.0 Menjawab Tantangan Era Digital untuk Pemerataan Pendidikan di 17.000 Pulau di Indonesia

Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Sebuah bangsa sulit untuk maju jika tidak didukung pendidikan yang kuat. Jika ingin menjadi negara yang kuat, maju dan disegani oleh dunia internasional, maka Indonesia harus menjadikan pendidikan sebagai bidang unggulan.

Pendidikan sebagai pusat dari kemajuan sebuah bangsa haruslah diberikan perhatian khusus oleh berbagai pihak terutama pemerintah. Adanya disrupsi dengan teknologi merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk mewujudkan cita-cita konstitusi UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengelola pendidikan di Indonesia nyatanya tidaklah mudah. Pulau-pulau berjumlah 17.000 yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan total luas 1.950 juta km2, membuat penyetaraan standar pendidikan di Indonesia menjadi PR besar bagi semua elemen masyarakat terlebih pemerintah.

perpustakaan digital, pemerataan pendidikan
KIPIN ATM dan Pelajar

Media pembelajaran siswa untuk menunjang pendidikan saat ini sebagian besar masih mengandalkan buku cetak yang pasti memakan biaya kertas, percetakan dan transportasi yang mahal. Lebih dari itu, isi buku cetak pun sangat terbatas karena kendala biaya produksi dan berat benda.

Pendidikan.id sebagai salah satu start-up edukasi di Indonesia, sejak 2013 memulai proyek KIPIN dengan misi membantu pemerintah dalam memanfaatkan teknologi demi memajukan dunia Pendidikan Indonesia. Diluncurkannya KIPIN ATM 4.0 yang memiliki konsep Digital Library, tantangan pemerataan pendidikan di Indonesia pun terjawab sudah. KIPIN ATM adalah Kios Pintar digital berbentuk seperti mesin ATM, berisi ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan bacaan literasi untuk tingkat Prasekolah, SD, SMP, SMA hingga SMK.

KIPIN ATM sangat mudah digunakan. Tidak membutuhkan area luas, tidak perlu maintenance, tak membutuhkan operator, melainkan hanya butuh aliran listrik saja.  Cukup dengan sentuhan jari, pengguna dapat mengakses materi pelajaran dan literasi yang lengkap. Hal ini menjadikan KIPIN ATM sangat cocok digunakan oleh berbagai instansi di berbagai lokasi. Sekolah, balai desa, kantor pemerintahan, mall, hotel, tempat wisata hingga ruang-ruang publik lainnya. Tentu saja KIPIN ATM akan menjadi salah satu daya tarik atau fasilitas bagi pengunjung ruang publik. Kecanggihan KIPIN ATM memungkinkan seluruh pelajar Indonesia untuk mendapatkan konten pelajaran yang lengkap, mudah dan murah.

sekolah di daerah 3T, pendidikan daerah 3T
KIPIN ATM di ruang perpustakaan SDN Sonraen Kupang.

Tidak hanya itu, KIPIN ATM juga dilengkapi dengan fitur teknologi eduSPOT dan “Download & Go”. Teknologi ini memungkinkan setiap pengguna untuk mengunduh konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke laptop, tablet, dan smartphone, tanpa membutuhkan jalur internet maupun pulsa. Konten-konten yang sudah masuk ke dalam gadget pengunduh kemudian akan dapat diakses di mana saja dan kapan saja secara offline, tanpa perlu internet dan pulsa. Konten pelajaran dalam KIPIN ATM akan terus diperbarui dan ditambah setiap bulannya, sehingga pelajar akan selalu mendapatkan materi pelajaran terbaru.

Hadirnya KIPIN ATM yang memanfaatkan teknologi digital sebagai metode terbaru dalam kegiatan belajar, diharapkan dapat membantu siswa untuk memperoleh materi pelajaran sekolah lengkap dengan cara yang modern, mudah, gratis dan menyenangkan. Kipin ATM adalah solusi untuk pemerataan pendidikan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi:
Website
Kipin.id
Email [email protected]
Whatsapp 0811-3331-1999

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments