Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Tips-tips Pendidikan

Persiapkan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Gadget, Ajak Anak Bermain Sambil Belajar

pentingnya pendidikan anak usia dini, pentingnya pendidikan prasekolah
canva.com, photo by stock snap

Mempersiapkan pendidikan anak usia dini bisa dikatakan itu susah-susah gampang. Susah karena pada usia prasekolah anak cenderung lebih aktif bergerak dan suka bermain, namun menjadi gampang apabila kita mengetahui caranya. Orang tua harus pandai memanfaatkan kesempatan, mampu mengubah mainan menjadi sarana pendidikan. Ya, mendidik anak usia dini memang perlu kreativitas dan ketelatenan!

aplikasi belajar online, bermain sambil belajar
Ilustrasi anak prasekolah bermain gadget bersama orang tuanya. (photo by istock/gpointstudio)

Lahir di era digital, anak-anak prasekolah saat ini lebih suka menghabiskan waktu untuk bermain dengan gadget. Mereka biasanya akan merayu, merengek hingga menangis untuk meminta gadget dari orang tua. Para orang tua yang merasa tidak ingin direpotkan pun dengan senang hati memberikan gadgetnya kepada sang anak. Bahkan mereka juga mengajarkan cara bermain beberapa game anak. Hal ini wajar, mengingat saat ini gadget memang sudah jadi bagian terpenting hidup manusia.

Kesempatan inilah yang harus bisa dimanfaatkan orang tua dengan baik untuk mengubah mainan mereka menjadi pendidikan! Nah mulai sekarang, ganti game anak dengan konten yang lebih bermanfaat seperti video atau e-book edukatif. Saat ini sudah ada banyak video pendidikan atau e-book yang tersebar luas di internet, gratis maupun berbayar. Namun tentu saja dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
Kekurangan yang paling tidak bisa ditolerir apabila anak dibiarkan mengakses sendiri video / e-book melalui internet yaitu rawan terkontaminasi konten negatif yang berhamburan di internet.

Lantas di manakah sumber internet yang aman untuk mencari konten pendidikan bagi anak prasekolah? Gampang! Sama halnya seperti kita memasang game-game edukatif melalui store, pasang saja handphone si kecil dengan aplikasi belajar khusus anak prasekolah!

aplikasi belajar online, pendidikan anak usia dini prasekolah paud
Tampilan menu aplikasi belajar online KIPIN School pada ponsel.

Belum banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas seperti ini, namun KIPIN School bisa menjadi pilihan para orang tua. Aplikasi KIPIN School merupakan aplikasi penyedia konten belajar bagi siswa dari jenjang TK (prasekolah) hingga SMA/K. Agar tidak membuat rancu siswa yang mengakses, konten-konten belajar untuk prasekolah dipisahkan dalam satu menu tersendiri. Di dalamnya sudah tersedia buku, komik dan video-video prasekolah yang menarik namun edukatif.

Meski bernuansa edukasi, namun buku, komik dan video-video prasekolah yang diterbitkan khusus oleh Pendidikan.id ini tidak membosankan bagi anak-anak. Gaya buku dan video dibuat sangat menarik bagi anak-anak dengan gambar, suara dan cerita yang lucu. Materi yang diselipkan dalam setiap konten pun bermacam-macam, mulai dari khusus calistung, pengenalan benda-benda sekitar, budi pekerti hingga latihan soal dan permainan-permainan sederhana yang dapat melatih ketangkasan anak.

Sambil bermain, sambil belajar melalui gadget. Orang tua pun tak perlu repot mengawasi anak kalau-kalau ia menerima konten negatif, karena anak tidak sedang berada pada ruang browser yang bebas dan rendah keamanan. Pendidikan anak usia dini memang harus dipersiapkan sejak awal, dan orang tua memiliki peran besar di dalamnya. Menyerahkan pendidikan anak usia dini sepenuhnya kepada sekolah adalah langkah yang kurang tepat, mengingat anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Nah jadi, inilah saatnya orang tua bangkit dan mengambil tindakan demi masa depan anak. Tidak hanya sekedar memberi gadget agar anak dapat bermain dengan tenang, tetapi sekaligus dimanfaatkan untuk persiapan pendidikannya. Ayo download Aplikasi KIPIN School untuk si kecil sekarang juga!

Kunjungi kipinschool.id untuk info lebih lanjut tentang Aplikasi KIPIN School.

Most Popular

To Top