Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

KIPIN ATM Sarana E-Learning yang Tepat untuk Sekolah SMAN 21 Surabaya

media pembelajaran digital teknologi edukasi sman 21 surabaya

Selama dua minggu sejak 14 Maret 2019, siswa-siswi SMAN 21 Surabaya dapat memanfaatkan KIPIN ATM sebagai media pembelajaran digital di sekolah. Melalui program KIPIN ATM goes to school, tiap sekolah kini dapat ikut merasakan manfaat KIPIN ATM dalam jangka waktu tertentu secara gratis seperti SMAN 21 Surabaya. Sekolah yang terletak di Jl. Argopuro no 11 – 15 Surabaya ini memang tengah mengembangkan pemanfaatan teknologi digital dalam proses belajar mengajar. Beberapa contoh upaya yang telah dilakukan yakni pelaksanaan tryout dan latihan soal secara online melalui website tryoutonline.id.

sarana e-learning digitalisasi pendidikan sman 21 surabaya

Budi Santoso menggunakan KIPIN ATM sebagai media pembelajaran digital saat jam pelajaran.

KIPIN ATM merupakan mesin digital berbentuk mirip seperti mesin ATM, yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra-sekolah. Konten yang ada di dalam KIPIN ATM terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula. Proses ini dinamakan sistem download and go, yang artinya pengguna hanya perlu sekali download dan selanjutnya bisa digunakan dengan bebas.

Budi Santoso, guru biologi SMAN 21 Surabaya mengatakan bahwa KIPIN ATM sangat membantu proses belajar-mengajar di sekolah. KIPIN ATM merupakan teknologi digital yang dapat menjadi sarana e-learning yang tepat bagi sekolah. Selain untuk mengikuti perkembangan teknologi, adanya KIPIN ATM juga meringankan beban siswa dalam mencari materi pelajaran. “Tidak perlu mencari bahan-bahan belajar dari internet, siswa bisa mendownload buku, video dan latihan soal sepuasnya dari KIPIN ATM. Video pendidikannya sangat berguna bagi siswa yang ingin mengulang materi di luar jam pelajaran. Latihan-latihan soalnya juga bisa kami gunakan untuk berlatih sehari-harinya di sekolah,” ujarnya.

Menurut Budi, KIPIN ATM dapat menjadi media pembelajaran digital yang tepat untuk mendukung program e-learning sekolah. Ia berharap pemerintah mau memberikan perhatian khusus pada perlengkapan sarana dan pra-sarana sekolah untuk mewujudkan program e-learning. “Ibu-ibu saja sudah belanja menggunakan teknologi digital. Pendidikan juga perlu beradaptasi dengan teknologi digital, salah satunya yaitu dengan penerapan e-learning di sekolah,” ungkapnya. Budi juga berharap para siswa dan guru SMAN 21 Surabaya dapat memanfaatkan kehadiran KIPIN ATM sebaik-baiknya untuk proses belajar mengajar.

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id

Most Popular

To Top