Wednesday, October 5, 2022
spot_img
HomeEDTECHKIPIN untuk Digitalisasi Madrasah Tanpa Internet Semakin Mudah dengan Bantuan Dana BKBA

KIPIN untuk Digitalisasi Madrasah Tanpa Internet Semakin Mudah dengan Bantuan Dana BKBA

KIPIN untuk Digitalisasi Madrasah Tanpa Internet Semakin Mudah dengan Bantuan Dana BKBA

Selama ini banyak madrasah yang dinilai tertinggal dalam hal teknologi. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kondisi geografis yang tidak memungkinkan karena masih sulit jaringan internet, dana yang belum mencukupi karena digitalisasi sekolah dianggap mahal dengan segala fasilitasnya, maupun tenaga pendidik yang belum siap untuk menjalankan sistem baru. Padahal menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi merupakan satu satunya cara untuk bertahan dan berkembang menjadi semakin baik di zaman yang semakin maju ini.

Namun kesempatan untuk kemajuan Madrasah di seluruh Indonesia telah tiba. Dengan adanya Kipin yang mampu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran para siswa siswi Madrasah melalui teknologi digital tanpa membutuhkan jaringan internet. Produk Kipin tersebut adalah Kipin Classroom, yang dapat mewujudkan digitalisasi Madrasah yang maksimal, efektif, tanpa membutuhkan jalur internet sehingga dapat dimanfaatkan seluruh Madrasah hingga di pelosok Indonesia.

MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman yang berlokasi di Grobogan, Jawa Tengah menjadi contoh nyata kesuksesan Madrasah menyelenggarakan digitalisasi sekolah tanpa internet. Dengan Kipin Classroom, para santri bisa menikmati ribuan buku pembelajaran digital dari berbagai Kurikulum sesuai Kemendikbud Ristek. Tidak hanya buku digital, namun juga Video Pembelajaran, Latihan Soal berjenis quiz yang seru, hingga ratusan Literasi Komik Pendidikan yang seluruhnya menarik dan mendidik.

Pembelajaran secara digital di MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman sangat nyaman karena memfasilitasi kebutuhan santri hingga berlatih menulis huruf arab secara digital sehingga tidak boros kertas dan alat tulis. Kipin Classroom memiliki fungsi 3in1 untuk membantu digitalisasi Madrasah yang diantaranya adalah konten pembelajaran lengkap, perpustakaan digital internal madrasah, hingga software asesmen digital offline.

Berita baiknya, kesempatan digitalisasi pembelajaran tanpa internet ini bisa direalisasikan dengan mudah, praktis dan murah oleh seluruh Madrasah hingga ke pelosok Indonesia. Hal tersebut karena Madrasah bisa menggunakan dana BKBA (Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi) yang diterangkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3153 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah Tahun Anggaran 2022. Kipin Classroom memenuhi ruang lingkup penggunaan Dana Bantuan untuk pengembangan madrasah digital (Bab V, Komponen nomor 2), keterangan 2g sumber belajar digital yang dapat diakses tanpa koneksi internet.

Info:
https://kipin.id/madrasah/

Brosur KIPIN untuk Digitalisasi Madrasah Tanpa Internet Semakin Mudah dengan Bantuan Dana BKBA
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments