Wednesday, October 5, 2022
spot_img
HomeKIPINMengenal Hingga Menulis Aksara Jawa secara Digital bersama KIPIN

Mengenal Hingga Menulis Aksara Jawa secara Digital bersama KIPIN

Belajar Aksara Jawa bersama KIPIN

Aksara Jawa merupakan jenis tulisan yang digunakan oleh leluhur kita atau orang orang zaman terdahulu. Asal Usul Aksara Jawa cukup beragam, diantaranya adalah Brahmi, India Selatan, Pallwa, Kawi (Jawa Kuno), dan Jawa (Hanacaraka). Hanacaraka merupakan yang paling dikenal oleh para siswa melalui pelajaran di sekolah. Namun sayangnya di era modern ini, Aksara Jawa sudah sangat jarang digunakan.

Aksara Jawa merupakan bentuk budaya berupa seni tulisan yang sangat berkarakter yang bermakna. Dalam Aksara Jawa, terdapat 20 huruf atau yang disebut sebagai cacah, dan membentuk sebuah puisi 4 bait yang menyampaikan tentang pertarungan dua orang abdi dari Aji Saka (Penguasa Medang Kamulan) yaitu Dura dan Sembada hingga keduanya gugur.

Menulis Aksara Jawa bersama KIPIN

Untuk menghidupkan rasa cinta akan budaya, KIPIN membuat program khusus untuk belajar Aksara Jawa yang ditayangkan di YouTube Channel Pendidikan.id yaitu Video Pendidikan Indonesia. Dengan demikian, semua anak dan siapa saja dapat belajar Aksara Jawa yang dipandu oleh Bapak Drs. Rudy Sugeng Prayitno yang merupakan seorang Pemerhati Pendidikan.

Belajar Aksara Jawa bersama KIPIN menjadi semakin menyenangkan dan praktis karena dapat memanfaatkan buku buku tulis digital pada aplikasi Kipin School 4.0 yang tentunya GRATIS. Belajar menulis pasti membutuhkan banyak latihan dan percobaan yang berulang ulang. Sudah tidak pada zamannya, kita berlatih menulis hingga boros kertas dan alat tulis. Buku digital pada aplikasi Kipin School 4.0 memungkinkan kita untuk bisa berlatih sebanyak mungkin secara praktis tanpa menghabiskan kertas maupun alat tulis.

Belajar Menulis Aksara Jawa secara Digital dengan Kipin School 4.0

Mari tumbuhkan rasa cinta pada budaya Indonesia salah satunya dengan menghidupkan kembali Aksara Jawa. Simak pelajaran Aksara Jawa bersama Drs. Rudy Sugeng Prayitno pada kanal YouTube pendidikan.id. Nantikan juga untuk episode episode berikutnya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments