Selasa, Maret 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKobarkan Kegigihan dan Kerja Keras Untuk Gapai Cita-Cita, Simak Kisahnya dalam Komik...

Kobarkan Kegigihan dan Kerja Keras Untuk Gapai Cita-Cita, Simak Kisahnya dalam Komik Pendidikan

Dengan Bermimpi, Arahkan Diri untuk Cita-Cita di Masa Depan yang Telah Menanti

Ilustrasi seorang anak laki-laki dengan mimpi besar di masa depan (Sumber: Envato)
Ilustrasi seorang anak laki-laki dengan mimpi besar di masa depan (Sumber: Envato)

The key to realizing a dream is to focus not on success but on significance — and then even the small steps and little victories along your path will take on greater meaning
– Oprah Winfrey

Kalimat di atas merupakan kutipan dari Oprah Winfrey, seorang salah satu tokoh wanita berpengaruh yang melambungkan namanya melalui talkshow The Oprah Winfrey Show. Menurutnya, mimpi adalah kesuksesan kecil yang membawa langkah hidup kita beserta dengan makna yang berharga, namun untuk meraih mimpi tersebut tidaklah mudah. Butuh tindakan signifikan untuk meraihnya, bisa dimulai dengan langkah kecil yang sederhana. 

Ilustrasi seorang laki-laki melangkah lebih dekat pada cita-cita yang diimpikan (Photo by: jcomp, sumber: Freepik)

Mimpi menjadi suatu semangat dan ambisi yang mengarahkan diri seseorang untuk memahami, menemukan, dan mengarahkan diri pada tujuan hidupnya. Mimpi dalam hidup seseorang dapat mengarah pada pemenuhan tujuan pribadi maupun suatu tujuan yang membawa pengaruh pada lingkungan sosialnya. 

Mengutip dari laman tutorialspoint, mimpi memiliki peran penting bagi kehidupan, yaitu :
1. Mimpi memberikan makna bagi seseorang untuk memahami dirinya. Melalui mimpi seseorang dapat mengetahui apa yang ia inginkan dan kebutuhan yang harus dikembangkan
2. Tujuan dalam hidup ditemukan melalui mimpi. Harapan akan capaian dalam hidup mengarahkan diri untuk mengambil sikap dan perencanaan pada tujuan tersebut
3. Mimpi merefleksikan perilaku dan tindakan. Dengan mimpi dan tujuan yang ingin dicapai, seseorang dapat menunjukkan cara berpikir dan merefleksikannya dalam perilakunya sehari-hari. 

Halaman depan komik literasi "Cita-Citaku Setinggi Burj Khalifa"
Halaman depan komik literasi “Cita-Citaku Setinggi Burj Khalifa”

Mimpi dalam hidup, baik capaian sederhana atau mimpi yang besar, harus disertai dengan usaha dan kerja keras. Contoh dan pembelajaran bisa didapatkan melalui sajian konten pembelajaran komik literasi dari Pendidikan.id. Pendidikan.id sebagai edutech yang bergerak dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi pendidikan, menyajikan berbagai konten pembelajaran bagi anak-anak dan remaja. Bersama komik literasi, anak-anak dan remaja mendapatkan bahan bacaan yang menarik dengan menyajikan ilmu pengetahuan dan pendidikan moral dalam wujud cerita dan ilustrasi yang menarik. 

Komik literasi Pendidikan.id dengan judul “Cita-Citaku Setinggi Burj Khalifa” mengajak pembaca untuk meyakini bahwa mimpi, setinggi apapun itu, dapat diraih dengan memulai langkah nyata untuk meraihnya. Diceritakan seorang anak laki-laki bernama Haris yang datang dari keluarga sederhana. Ia memiliki cita-cita untuk berkuliah di luar negeri, namun kondisi perekonomian keluarga kurang mendukung mimpi yang dimilikinya. Tetapi, ia terus berusaha untuk belajar dengan rajin dan penuh keuletan sehingga ia bisa melanjutkan setiap jenjang pendidikannya melalui beasiswa. Termasuk setelah ia menyelesaikan pendidikan SMAnya, Haris berhasil mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Dubai. 

Cuplikan isi komik literasi “Cita-Citaku Setinggi Burj Khalifa”

Melalui komik literasi “Cita-Citaku Setinggi Burj Khalifa”, seseorang diajak berani memiliki mimpi yang setinggi-tingginya. Dengan bermimpi, seseorang dapat mengarahkan diri pada tujuan hidup di masa depan. Tidak hanya menentukan apa yang ingin dicapai, namun mimpi juga dibarengi dengan tindakan nyata untuk meraihnya. Bersama mimpi dan langkah nyata yang perlu untuk dilakukan, seseorang dapat menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya dalam hidupnya. Seperti menentukan apa yang akan dilakukan hari ini, esok, lusa, bulan depan, hingga tahun-tahun selanjutnya. 

Maka dari itu, bermimpilah untuk menggapai cita-cita dan makna berharga dalam hidup. Tidak lupa, untuk berusaha menggapainya dengan kerja keras, kegigihan, dan kesabaran yang konsisten. Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments