Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Komik Literasi: Kenalkan Macam-macam Organ Tubuh dan Fungsinya pada Anak

komik literasi komik sains
komik literasi komik sains

Cuplikan isi komik literasi digital ‘Mesin-mesin Hebat dalam Tubuhku’

Mika dan Miko memperkenalkan organ-organ tubuh yang ada pada manusia. Tubuh manusia terdiri dari banyak organ yang tersusun kompleks dan saling bekerja sama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Organ tubuh luar seperti mata, telinga, mulut, hidung, tangan dan kaki. Sedangkan organ tubuh dalam yaitu otak, jantung, paru-paru, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, usus halus, usus besar dan ginjal.

Semua organ tubuh memiliki fungsi masing-masing sehingga manusia dapat bertahan hidup. Otak merupakan pusat kendali gerak manusia. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Paru-paru adalah organ vital untuk bernafas. Kerongkongan, usus halus, usus besar dan ginjal adalah organ dalam sistem pencernaan. Sementara organ-organ tubuh luar seperti mata berfungsi untuk melihat, telinga untuk mendengar, kaki untuk berjalan, dan tangan untuk menyentuh atau memegang sesuatu.

Informasi mengenai macam-macam organ tubuh manusia beserta fungsinya dikemas dalam komik ‘Mesin-mesin Hebat dalam Tubuhku.’ Komik ini mengajak anak-anak untuk menyadari bahwa masing-masing organ dalam tubuhnya memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan. Jika salah satu rusak atau sakit, tentu saja tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Akibatnya, banyak aktivitas menjadi terganggu.

Oleh karena itu, pada bagian akhir komik dicantumkan pula bagaimana cara agar kesehatan tetap terjaga. Sehingga organ-organ tubuh dapat berjalan dengan baik untuk beraktivitas. Caranya yaitu rajin berolahraga, menghindari asap rokok, tidak menonton TV atau membaca buku dengan jarak dekat, dan rajin membersihkan gigi, kuku serta telinga.

Nita, tim Komik Pendidikan.id, berharap komik ini dapat menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak tingkat SD (Sekolah Dasar) mengenai organ tubuh biologisnya. “Di samping mengajak anak-anak untuk tahu dan awas terhadap tubuhnya sendiri, komik ini juga bisa menjadi sumber pengetahuan dini bagi mereka. Sebelum mereka nantinya mendapatkan materi lebih lanjut pada pelajaran IPA Biologi,” ujarnya.

komik literasi komik sains

Cover komik literasi digital ‘Mesin-mesin Hebat dalam Tubuhku’

Komik ‘Mesin-mesin Hebat dalam Tubuhku’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan dongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone.

Yuk cari tahu tentang organ tubuhmu di komik pendidikan!

Most Popular

To Top