Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Komik Edukasi: Cegah Kerusakan Mata pada Generasi Millenial!

komik pendidikan bacaan literasi dongeng anak
komik edukasi cerita anak-anak

Cuplikan isi komik literasi digital ‘Mata vs Komputer’

Suatu malam, Alex dan Mia yang datang ke ruang kerja Tante Dina di rumah. Tante Dina sedang melanjutkan pekerjaan kantornya dengan laptop, sementara Alex dan Mia ingin meminjam laptop Tante Dina untuk bermain game. Mia yang melihat Tante Dina kelelahan, tiba-tiba mengingatkan agar tidak terlalu lama berada di depan komputer. Tante Dina membenarkan ucapan Mia. Ia pun mengajak Alex dan Mia ke ruang tamu, lalu menjelaskan bahaya sinar komputer pada mereka.

Melalui Komik ‘Mata vs Komputer,’ karakter Tante Dina menjelaskan bahwa menatap sinar komputer dalam jangka waktu yang lama dapat membuat mata kelelahan. Namun di era serba digital, penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dihindari. Setiap orang kini bekerja menggunakan komputer. Tidak hanya bekerja, tapi segala aspek kehidupan seperti jual beli barang, berkirim pesan, menonton film, membaca berita dan bermain game saat ini dilakukan dengan menggunakan komputer atau gadget. Lalu bagaimana tindakan yang harus dilakukan agar mata tidak menjadi cepat rusak, meski harus terus berhadapan dengan komputer?

Cara terbaik tentu saja dengan tidak terlalu lama menghadap sinar komputer. Tapi jika memang harus dalam jangka waktu lama karena pekerjaan yang padat, maka sesekali alihkan pandangan ke tempat lain selama 15 menit. Ini dimaksudkan agar mata bisa beristirahat sejenak dari paparan sinar komputer. Kedua, aturlah cahaya agar tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap. Cahaya yang terlalu terang akan menyilaukan mata, sebaliknya cahaya yang terlalu gelap akan membuat mata bekerja keras. Ketiga, pasanglah filter cahaya pada komputer, agar radiasi yang sampai ke mata menjadi berkurang.

Jangan biarkan mata terlalu dekat dengan komputer. Jarak antara mata dengan komputer minimal harus 30 cm. Posisi layar harus sejajar dengan mata, tidak terlalu tinggi atau rendah. Oleh karena itu, menghadap komputer sambil tiduran sangat tidak diperbolehkan. Jangan menggunakan komputer di dalam ruangan gelap, karena paparan sinar komputer akan menjadi snagat kuat. Terakhir, makan-makanan yang mengandung vitamin A dan rutin memeriksakan mata ke dokter mata juga penting untuk dilakukan!

komik pendidikan bacaan literasi dongeng anak

Cover komik literasi digital ‘Mata vs Komputer’

Informasi mengenai bahaya sinar komputer ini sangat penting diketahui setiap anak generasi millenial. “Di mana anak generasi millenial saat ini sudah sangat akrab dengan gadget dan komputer. Mereka bermain, belajar dan berkomunikasi menggunakan piranti tersebut. Sehingga canggihnya teknologi diharapkan tidak berakibat pada peningkatan jumlah kerusakan mata pada masyarakat Indonesia,” ucap Nita, tim komik Pendidikan.id.

Komik ‘Mata vs Komputer’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan dongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone.

Yuk simak nasihat Tante Dina di komik pendidikan!

Most Popular

To Top