Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Fenomena Pendidikan

Konsep Baru “Sekolah Digital,” Tiap Sekolah Mutlak Harus Beradaptasi dengan Teknologi Edukasi

Konsep “Sekolah Digital” semakin ramai digaungkan, tapi masih banyak orang yang tak tahu bagaimana konsep “Sekolah Digital” itu sebenarnya. Untungnya pandemi Covid-19 paling tidak telah memberikan gambaran tentang Sekolah Digital, karena masyarakat telah mempraktikkan  langsung kegiatan Sekolah Digital walaupun masih dengan tingkat efektivitas yang rendah akibat minimnya persiapan sarana-prasarana.

pembelajaran daring sekolah digital, perpustakaan digital, teknologi edukasi, edutech
Contoh pelaksanaan konsep Sekolah Digital menggunakan KIPIN Classroom di SMA Labschool UNESA Surabaya

Sekolah Digital merupakan konsep di mana kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan dengan dukungan sarana digital. Sekolah mulai menerapkan sistem digital dalam beberapa kegiatan belajar, misalnya menggunakan buku-buku digital dan mengerjakan ujian secara digital. Melibatkan video pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar anak di luar penjelasan guru juga dapat menjadi cara penerapan digitalisasi sekolah.

Banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan secara digital. Untuk merealisasikannya, sekolah tentu saja membutuhkan sarananya. Sarana tersebut bisa berupa alat atau software khusus agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran digital. Salah satunya yaitu software KIPIN Classroom, yang dikemas unik dalam sebuah alat portabel dan ringan mirip jam dinding.

Apa saja keunggulan KIPIN Classroom?
1. Berisi ribuan buku, video, latihan soal dan komik literasi untuk semua jenjang (TK – SMA/SMK)
2. Sistem / sarana ujian digital
3. Sebagai perpustakaan digital sekolah

sistem ujian digital asesmen, perpustakaan digital, kipin classroom
Penggunaan KIPIN Classroom

Ketiga hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung terciptanya kegiatan pembelajaran digital di sekolah. Manfaat yang didapatkan selain untuk mempersiapkan generasi unggul sesuai tuntutan zaman, mengubah sistem sekolah menjadi digital juga dapat meringankan atau mempermudah beban guru dan siswa. Tak perlu lagi membeli buku atau bahan-bahan belajar lainnya; persiapan ujian lebih praktis dan hemat; perpustakaan sekolah menjadi lebih praktis dan lebih dekat dengan siswa karena berada di genggaman siswa.

Perkembangan zaman memang tidak terelakkan. Mau tidak mau manusia seolah dipaksa untuk mengikutinya, atau ia akan tereliminasi dari pertandingan. Sekolah sebagai tempat mencetak pendidikan generasi masa depan, mutlak harus berani berubah lebih dulu. Hal ini selaras dengan tujuan dibentuknya konsep Sekolah Digital, yakni agar dunia pendidikan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini yang mengacu ke arah teknologi digital. (wr: lia)

Informasi lebih lanjut tentang KIPIN Classroom:
kipinclassroom.id

Most Popular

To Top