Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaEvent PendidikanGERAKAN LITERASI NASIONALLiterasi, Fondasi pembelajaran siswa : Aktifitas Story Telling dari koleksi library Komik...

Literasi, Fondasi pembelajaran siswa : Aktifitas Story Telling dari koleksi library Komik Kipin

Story Telling Komik Kipin

Literasi merupakan fondasi pembelajaran siswa yang menjadi modal penting dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, minat anak membaca buku perlu ditumbuhkan sejak dini.  Upaya menumbuhkan minat baca itu sangat krusial mengingat rendahnya literasi siswa di Indonesia berdasarkan penelitian PISA 2018 dimana Indonesia berada pada urutan 72 dari 78 dari negara yang berpartisipasi. Dengan kondisi tersebut, sulit bagi siswa untuk mencapai cita-cita tinggi. 

Gerakan literasi membaca sudah semestinya menjadi bagian penting dalam proses pendidikan anak-anak Indonesia. Banyak cara mendorong anak-anak suka membaca dan memiliki hobi membaca salah satu faktor pentingnya yaitu ketersediaan bahan bacaan mendidik yang mudah diakses oleh anak. Semakin banyak dan beragam buku bacaan mereka,  akan memperluas wawasan pengetahuan anak.

Beruntung, di era modern kini kita bisa mendapatkan koleksi literasi mendidik, yang dapat dibaca kapan saja dan dimana saja, dengan memanfaatkan aplikasi Kipin. Di dalam aplikasi Kipin terdapat ratusan bahan bacaan berupa komik edukasi seputar pengetahuan, kesehatan, pengetahuan umum, sejarah, hingga budi pekerti. Seluruhnya mendidik, yang diproduksi original oleh Kipin. Tentunya dengan koleksi bacaan mendidik yang melimpah akan sangat mendukung kelancaran gerakan literasi di sekolah.

Komik Literasi Kipin

Ada banyak cara menarik dalam mengimplementasikan rencana peningkatan kemampuan literasi siswa. Masing masing sekolah memiliki cara yang berbeda agar kegiatan berjalan dengan efektif. Salah satu contohnya, setelah menentukan bahan bacaan tepat yang menarik dan mendidik maka siswa diberikan wadah untuk unjuk kemampuan melalui aktivitas Story Telling. Dengan demikian, siswa memiliki tujuan dan alasan yang lebih, serta merasakan serunya berbagi ilmu pengetahuan. Siswa satu sama lainnya dapat menyimak ilmu atau cerita dari teman yang lain.

Komik literasi pendidikan Kipin bisa diakses oleh siapa saja melalui aplikasi Kipin School 4.0. Tidak hanya 450+ komik literasi pendidikan, didalamnya juga terdapat ribuan konten pembelajaran untuk seluruh jenjang pendidikan, seperti 4000+ buku pelajaran sesuai kurikulum kemendikbud termasuk kurikulum merdeka, 2000+ video pelajaran sekolah, dan 50.000+ latihan Soal. Mari majukan sekolahmu menjadi sekolah digital yang efektif bersama Kipin!

Penulis:
Nyimas Nafisah

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments