Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

DUKI

LOMBA MEMBACA KOMIK MEMANFAATKAN RATUSAN KOLEKSI KOMIK PENDIDIKAN YANG ADA DI APP KIPIN SCHOOL 4.0

Ibu Veronica merupakan salah satu Guru Digital dan juga Duta KIPIN dari Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Sebagai Guru di SDN 13 Nanga Pinoh, Ibu Veronica terus berusaha mencari cara untuk mengembangkan minat siswa-siswinya dalam membaca. Bagi anak anak SD, membaca komik merupakan hal sangat menarik dan dapat mereka lakukan untuk waktu yang lama dengan minat yang tinggi pula. Komik terbaik bagi anak anak SD tentu komik literasi yang mendidik. Belum lagi ketergantungan anak anak dengan smartphone yang pada zaman sekarang semakin kentara. Hal tersebut tidak lantas merupakan dampak buruk. Namun justru kita dapat mengetahui bahwa smartphone merupakan sarana tepat untuk menjangkau anak anak, dan jalan yang bisa kita manfaatkan!

Dengan informasi informasi tersebut diatas, Ibu Veronica sebagai Duta KIPIN, memanfaatkan menu literasi pada aplikasi KIPIN School 4.0 menjadi sebuah  ajang yang sangat menarik dan mendidik untuk siswa-siswinya yaitu Lomba Membaca Komik Kipin School 4.0! Dengan menyelenggarakan lomba membaca komik tersebut, para siswa akan menjadi lebih antusias dalam membaca, yang berarti meningkatkan literasi bacaan pendidikan siswa! Hal ini dikarenakan semua komik pada Kipin School adalah komik literasi pendidikan. Sebuah cara yang cerdas ya!

Ditengah kondisi Pandemi saat ini, memang tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan acara secara offline. Tidak kehabisan akal dan dengan membawa semangat sekolah digital, Lomba Membaca Komik tersebut dilakukan secara daring dirumah siswa masing masing dari tanggal 11 Juni 2021 hingga 17 Juni 2021! Para siswa lengkap dengan seragam sekolahnya, membuat video diri menceritakan kembali komik pada Kipin School 4.0 berjudul “Selamatkan tanganmu dari si Kuman Jahat”. Pesertanya adalah seluruh siswa kelas 1B di SDN 13 Nanga Pinoh, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

lomba mewarnai
Ibu Veronica, Duta KIPIN Kabupaten Melawi

Saksikan penampilan para siswa dalam Lomba Membaca Komik Kipin School 4.0 pada link berikut!

  1. https://youtu.be/8g0YEGLFfys
  2. https://youtu.be/rXQs4jg4gP0
  3. https://youtu.be/g9HPC8i983o

Pengumuman pemenang dari Lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2021. Dimenangkan oleh Dayang sebagai juara pertama, Kirana sebagai juara kedua, dan Clara sebagai juara ketiga. Dengan memperhatikan protokol kesehatan, ketiga pemenang mendapat penghargaan dari diserahkan oleh Kepala Sekolah secara langsung. Selain ketiga pemenang beserta orang tua masing masing dan juga perwakilan dari peserta yang berhalangan hadir, Prosesi penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Ibu Veronica sendiri selaku juri.

Most Popular

To Top