Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

MA Sabilil Huda Riau Adakan Tryout Online di Sekolah dengan Program Simulasi Ujian Online Pendidikan.id

simulasi ujian online persiapan UNBK
ujian-online-latihan-persiapan-menghadapi-unbk

Simulasi ujian online kelas 12 MA Sabilil Huda untuk persiapan menjelang UNBK.

Kini mengadakan tryout online mandiri di sekolah itu tidaklah sulit. Senin (25/02/2019), MA Sabilil Huda Riau memanfaatkan program Simulasi Ujian Online dari Pendidikan.id untuk melaksanakan tryout online matematika di sekolah. Tryout ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 sebagai persiapan menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan pada Maret-April 2019.

Ujian dimulai tepat pk. 13.00 WIB. Para siswa mengerjakan ujian menggunakan laptop dan personal komputer secara bersamaan dalam satu ruangan ujian. Soal-soal ujian diakses melalui internet dengan alamat website ujian.pendidikan.id. Siswa tidak perlu membawa peralatan menulis atau pun laptop untuk mengikuti ujian. Segala perlengkapan ujian, seperti laptop dan jaringan internet, telah disediakan oleh sekolah. Bahkan, pada ujian ini siswa diperkenankan menggunakan pakaian bebas agar terasa lebih santai.

Simulasi ujian online merupakan program ujian online mandiri di sekolah yang difasilitasi oleh Pendidikan.id. Hanya dengan mendaftar melalui email, guru diseluruh indonesia  akan mendapatkan fasilitas khusus untuk pengerjaan ujian online pada hari yang telah dijadwalkan sendiri oleh guru tersebut. Guru juga harus mengirimkan terlebih dahulu bahan-bahan soal yang akan diujikan, agar selanjutnya dapat diinput ke dalam website oleh pihak Pendidikan.id. Pada hari-H ujian, siswa sudah bisa langsung mengerjakan ujian secara online melalui website ujian.pendidikan.id.

simulasi-ujian-online-persiapan-menghadapi-unbk

Tampilan laman ujian.pendidikan.id.

Eka Andriani, guru pelaksana ujian online MA Sabilil Huda Riau mengatakan bahwa program ini sangat membantu sekolah dalam mengadakan ujian online. “Sekolah sangat terbantu, karena memang anak-anak butuh banyak berlatih ujian online sebelum menghadapi UNBK. Proses ujian online mandiri di sekolah juga lancar, anak-anak bisa mengerjakannya dengan tenang di ruanganl,” cerita Eka. Ia berharap, program simulasi ujian online ini dapat terus digalakkan dan bermanfaat bagi banyak sekolah di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pendidikan memang dituntut untuk terus berkembang. Penggantian UN Paper Based menjadi UNBK (computer based) termasuk salah satu langkah pemerintah untuk mengejar perkembangan teknologi. Sekolah pun sebaiknya mampu mempersiapkan diri para siswa untuk menghadapi ujian yang berbasis komputer ini. Salah satu caranya yaitu dengan turut memberikan ujian-ujian berbasis online bagi para siswa.

Berlatih ujian online bersama Pendidikan.id sangat penting bagi siswa. Semakin sering berlatih, kemampuan berpikir, pengetahuan dan pemahaman siswa makin terasah. Desain tampilan simulasi ujian online pada ujian.pendidikan.id dibuat sangat mirip dengan tampilan UNBK. Maka semakin sering berlatih simulasi, siswa juga akan semakin terbiasa dan mengurangi rasa grogi saat menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Informasi lebih lanjut tentang simulasi ujian online, kunjungi guru.tryoutonline.id

Most Popular

To Top