Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img
BerandaEDTECHMadrasah Go Digital bersama Kipin Classroom

Madrasah Go Digital bersama Kipin Classroom

Madrasah Go Digital dengan Kipin Classroom

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yaumi dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sabilurrohman berlokasi di Desa Ringinharjo, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Berada di pelosok pada perbatasan Kabupaten Demak, banyak kendala yang ditemui dalam meningkatkan kualitas Pendidikan untuk para siswanya.

Diterangkan oleh Bapak Saifudin selaku Kepala Sekolah dari MI Yaumi, kondisi internet disana kurang memadai. Untuk fasilitas IT yang dimiliki sekolah, hanya terdapat 10 unit komputer yang digunakan 2 – 3 siswa. Tak ingin tertinggal oleh zaman, MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman mulai menggunakan beberapa platform pendidikan online namun terkendala sinyal internet, dan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Kipin Classroom di MI Yaumi dan MI sabilurrohman

Pada tahun 2021, MI Yaumi dan MTs Sabilurohman memiliki Kipin Classroom yang menjadi titik balik dari kegiatan belajar dan mengajar selama ini. Dari yang sebelumnya ada larangan membawa smartphone, kini smartphone dapat dibawa dan dimaksimalkan secara positif untuk belajar. Konten belajar lengkap dari berbagai jenis seperti buku, video, Latihan soal, bahkan komik literasi Pendidikan dapat diakses seluruh siswa tanpa khawatir kuota internet.

Kipin Sahabat Anak

Kisah menghangatkan hati datang dari salah satu wali murid dan disampaikan kepada Ibu Winda, salah satu guru disana. Anak beliau sangat suka menonton video dongeng sebelum tidur untuk diputar berkali kali, hingga tertidur di tempat kerja ibunya sembari masih memegang smartphone tersebut. Seperti inilah ketergantungan anak kepada teknologi yang kita harapkan. Yaitu dalam hal yang positif, untuk belajar dan Pendidikan.

Jika sekolah memiliki materi khusus baik berupa dokumen maupun video, maka dapat diunggah kedalam server Kipin Classroom sehingga dapat didownload oleh para siswa. Beraktifitas dengan buku digital kipin menjadi nyaman karena siswa bisa mencoret coret, menandai, hingga melakukan banyak aktifitas seperti berlatih menulis huruf arab secara digital sebanyaknya tanpa menghabiskan alat tulis.

Menurut Bapak Saifudin, sebelumnya asesmen konvensional memerlukan biaya mahal dan waktu yang cukup lama untuk proses koreksi serta rekap nilai. Kini dengan memanfaatkan software asesmen digital : Kipin PTO pada Kipin Classroom, MI Yaumi dan MTs Sabilurrohman sudah seringkali melaksanakan asesmen secara digital yang support AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) tanpa biaya mahal dan tanpa jaringan internet sama sekali.

Kegiatan Asesmen Digital tanpa Internet di MI Yaumi

Penyesuaian menuju digitalisasi sekolah tidak sesulit yang dibayangkan. Dimana ada kemauan, maka disitu ada jalan. Ditambah dengan software Kipin yang memudahkan untuk dioperasikan, membuat penyesuaian ini berjalan lancar. Ibu Winda selaku salah satu guru disana menerangkan bahwa  inisiatif sekolah menyelenggarakan pelatihan Kipin Classroom setiap harinya seusai mengajar, berjalan baik dan membuahkan hasil yang manis untuk kemudahan kegiatan mengajar dan asesmen saat ini.

Belajar dan mengajar secara digital tanpa jaringan internet

“Siswa semakin senang dan lebih mandiri dengan beragam konten pembelajaran kipin. Guru pun lebih tenang karena Kipin Classroom tidak tersambung internet sehingga aman untuk diakses sebebasnya oleh siswa. Dampak lainnya, guru sangat diringankan pekerjaannya dalam kegiatan asesmen. Asesmen menjadi praktis, lengkap, mudah dan cepat mulai dari persiapan asesmen hingga proses rekap nilai.” – Saifudin, Kepala Sekolah MI Yaumi.

Saksikan kegiatan belajar dan mengajar secara digital tanpa jaringan internet di MI Yaumi serta MTs Sabilurrohman:

Madrasah Go Digital bersama Kipin Classroom

Digitalisasi sekolah bersama Kipin Classroom untuk seluruh sekolah seluruh pelosok Indonesia.

Info lebih lengkap seputar Kipin Classroom:
https://www.kipin.id/web/classroom/

Info lebih lanjut:
Email: [email protected]
Web: www.kipin.id
Youtube Channel: https://www.youtube.com/c/PendidikanIndonesia
Instagram: https://www.instagram.com/pendidikandotid/

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments