Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Masalah dan Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Bagaimana Metode Inovatif KIPIN School dalam Memberikan Solusi yang Memudahkan Guru dan Orang Tua

Berbagai survei dan studi lapangan terkait PJJ selama pandemik virus corona ini ditemukan kesulitan antara lain:

  1. Masih banyak guru-guru gagap teknologi dan perlu lebih banyak pelatihan persiapan PJJ, terutama atas aplikasi pendidikan seperti KIPIN School dan pengetahuan perlengkapan daring yang memadai
  2. Masih banyak sekali daerah yang menghadapi kesulitan sinyal internet, apalagi daerah 3T yang sangat terbatas akses internet
  3. Masih banyak sekali orang tua siswa yang tidak sanggup lagi membeli kuota internet, karena mayoritas aplikasi pendidikan online bersifat streaming (harus selalu terhubung dengan internet baru jalan), oleh karena itu orang tua harus terus menerus mengeluarkan dana untuk internet quota

Gabungan dari masalah di atas ini menjadikan PJJ lebih banyak menghadapi kesulitan dan belum berjalan dengan efektif.

Untuk memudahkan demikian adalah petunjuk teknis umum untuk menjalankan program PJJ dengan lebih efektif:

  1. Masih banyak guru gagap teknologi:

Belajar digital memang memerlukan keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru, namun berbeda dengan aplikasi digital luar negeri yang sulit digunakan, Kipin School dibuat oleh sesuai untuk keperluan guru dan sekolah di Indonesia, jadi sangat mudah dan sesuai dengan program kurikulum dari pemerintah.

Persiapan yang diperlukan:
a. Sebuah smartphone, tablet atau laptop
b. Jalur internet (sementara)
c. Aplikasi Kipin School 4.0

Aplikasi Kipin School 4.0 tersedia dalam 3 platform yg paling popular: Android, iOS & Windows, silakan download aplikasi yang sesuai dengan gawai anda di www.kipinschool.id dan pelajari setiap menu di aplikasi tersebut. Survey internal kami menunjukkan 90% dari pemakai setuju bahwa Kipin School 4.0 sangat mudah digunakan. Persiapan terbaik adalah untuk mengenal dan mencoba sendiri.

  1. Mayoritas masih menghadapi masalah sinyal internet, apalagi daerah 3T:

Berbeda dengan aplikasi pembelajaran lain, Kipin School hanya memerlukan internet seperlunya saja, yaitu pada saat download data, dan seterusnya semua materi pembelajaran dapat digunakan berulang-ulang tanpa memerlukan jalur internet dan tak timbul biaya sama sekali.

Sedangkan semua aplikasi pembelajaran lain memerlukan internet secara terus menerus (streaming) pada saat siswa belajar, artinya? bila tidak ada jalur internet maka aplikasi pembelajaran langsung terhenti (stop), bila internet lambat karena sinyal lemot maka pembelajaran menjadi sangat lambat juga, akhirnya hanya membuang waktu dan menciptakan perasaan putus asa bagi siswa & guru.

Teknologi “Download and Go” dari Kipin School ini jelas lebih menguntungkan untuk guru dan siswa, karena download hanya sekali, tapi kemudian materi pembelajaran bisa dipakai berkali-kali tanpa memerlukan internet lagi, cepat dan seketika.

  1. Banyak orang tua siswa tidak sanggup lagi membeli kuota internet untuk anaknya belajar:

Pada awalnya PJJ orang tua sanggup membeli kuota internet untuk anaknya belajar, akan tetapi karena aplikasi pendidikan yang streaming (menyedot internet data terus menerus) bagaikan haus kuota internet, maka uang orang tua akan terus tersedot habis setiap siswa belajar dan membuka aplikasi. Oleh karena itu biaya internet quota akan menjadi mahal sekali.

Berbeda dengan teknologi kuno tersebut, Kipin School tidak memerlukan internet kuota setelah konten pembelajaran di unduh hanya sekali, makanya download and go. Bahkan sebagian siswa, bisa mendapatkan wifi gratis di satu tempat untuk mengunduh materi satu bulan pembelajaran, dan tidak lagi pernah membutuhkan internet untuk sebulan.

Banyak keuntungan dari ini, orang tua tidak perlu membelikan internet kuota untuk anak, hanya gawai smartphone sekali dan Kipin School.

Banyak keuntungan lain dari Kipin School khususnya materi pembelajaran didalam berbasis 100% Kurikulum Kemendikbud, jadi sejajar dan memudahkan guru untuk meneruskan apa yang sedang diajarkan di sekolah sekarang ini. Kipin sudah lengkap dengan 60,000+ konten PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Konten yang disediakan sudah lengkap : Pelajaran sekolah berupa buku & video, latihan soal dan bacaan literasi moral budi pekerti dan pengetahuan, sehingga guru tidak lagi repot untuk menyediakan materi PJJ semua sudah siap diperoleh didalam app Kipin School 4.0

Most Popular

To Top