Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Menguatkan Atmosfer Pembelajaran Digital dengan Kipin ( Kios Pintar) School 4.0

Era digital telah banyak mengubah landscape dunia, termasuk dunia pendidikan. Adaptasi terhadap perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang harus dilakukan, bukan untuk dihindarkan. Inovasi-inovasi terus menggeliat seiring perkembangan digital yang terus meningkat. Digitalisasi sekolah pun menjadi sebuah atmosfer pendidikan, yang dapat membuka cakrawala menembus batas ruang dan waktu. Apalagi di masa pandemi, pembelajaran hybrid pun diberlakukan, yakni pembelajaran dengan mengkombinasikan sistem daring dan luring.                                              

Salah satu aplikasi yang mendukung digitalisasi sekolah adalah Kipin ( Kios Pintar). Guru dan siswa dapat mengakses buku pemerintah yang bisa didownload tanpa perlu bayar sama sekali alias gratis. Buku tersebut tersedia tidak hanya ratusan, tapi ribuan jumlahnya, lengkap untuk tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Semua sudah tersedia dalam sebuah mobile aplikasi Kipin. Apliksi Kipin dapat didownload dari Playstore atau dari windows.kipinschool.id jika menggunakan windows 10. Sedangkan untuk iphone/ipad dapat didownload dari ios.kipinschool.id.                                                                                              

Menu-Menu Kipin School 4.0        

Ada 6 menu utama di Kipin School 4.0 (KS4) yaitu menu Buku, menu Video, menu Latihan soal, menu Literasi, menu Prasekolah, dan menu Sekolahku. Pada menu buku, kita dapat mengakses dan mendownload buku dengan total 3.000 buku yang terdiri dari buku KTSP 2006, Kurikulum 2013, Pembelajaran Jarak Jauh untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Paket ABC, buku Prakerja, Buku madrasah, Media Guru(buku-buku khusus untuk guru), dan buku-buku umum seperti kamus, buku resep masakan, dan lain sebagainya. Menu buku dapat diakses dan didownload tanpa perlu membayar sama sekali. Guru dan siswa dapat belajar maksimal dengan hadirnya ribuan buku yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Pada menu video, terdapat sekitar 2000 video pembelajaran kelas yang lengkap untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Video pembelajaran ini berisi guru-guru yang berpengalaman mengajar kelas sesungguhnya dari seluruh Indonesia. Video pembelajaran tentu akan memudahkan siswa belajar sebelum bertemu guru di kelas, memudahkan siswa jika menemui kesulitan pelajaran, atau membantu siswa yang ketinggalan pelajaran di sekolah agar dapat mengulang materi yang sama. Pada aplikasi Kipin School 4.0 sudah dilengkapi teknologi Download and Go. Konten pembelajaran yang telah didownload, maka semua konten bisa dibawa ke sekolah atau rumah untuk digunakan/ditonton tanpa butuh sinyal internet lagi. Ini akan membantu guru dan siswa dalam mengatasi keterbatasan sinyal dan kuota internet, terutama di daerah.                 

Pada menu Latihan soal, terdapat lebih dari 50.000 soal yang bisa dijadikan latihan soal ke siswa, untuk semua tingkat kelas dan semua mata pelajaran yang umum. Latihan soal bersifat Self Test, artinya siswa dapat mencoba mengerjakan soal dan hasilnya akan langsung terlihat di layar. Siswa dapat mencoba berkali-kali mengikuti latihan soal sehingga siswa akan semakin paham dengan materi pelajaran. Durasi waktu pengerjaan dibatasi oleh aplikasi. Latihan soal ini sangat bermanfaat untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru, apalagi ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sehingga, guru dapat mengetahui siswa yang benar-benar menyimak materi atau tidak lewat Latihan Soal yang diberikan. Latihan soal dapat menjadi kontrol bagi siswa ketika melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Menu yang paling menarik bagi siswa adalah menu literasi. Saat ini, literasi menjadi program yang digalakkan oleh pemerintah. Sehingga, menu literasi di aplikasi Kipin sangat membantu dalam menyukseskan program literasi sekolah. Dengan jumlah komik pembelajaran sejumlah 400 komik dan jumlah ini akan bertambah setiap bulannya, tentu akan menjadi daya tarik bagi siswa untuk berliterasi. Komik merupakan buku yang paling banyak disukai oleh siswa sehingga menu literasi ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan literasi siswa. Apalagi konten dalam komik ini sangat mendidik, berisi Budi Pekerti, Kesehatan, nilai-nilai Pancasila, sejarah, dan ilmu pengetahuan. Sehingga, siswa mendapatkan pelajaran dan manfaat setelah membaca komik-komik ini. 

Menu Prasekolah juga terdapat di Kipin School 4.0. Pada menu Prasekolah terdapat submenu lagi yakni buku, video, dongeng sebelum tidur, dan cerita boneka. Sedangkan pada menu sekolahku berisi dokumen, video, Paperless Test Online/Offline (PTO), ruang kelas, zoom, dan chat group. Dengan menu ini, sekolah dapat menggugah data berupa buku dan video secara lokal sehingga seluruh guru  dan siswa di sekolah tersebut bisa mengakses dengan mudah melalui fitur ini. 

Menu Buku bisa diakses tanpa perlu membayar sama sekali. Untuk menu video, Latihan soal/tryout, literasi, dan prasekolah, jika ingin mendownload harus memasukkan voucher. Untuk menu sekolahku, pengguna membutuhkan kode NIKS yang bisa didapatkan dari tim Kipin.  Semua konten yang sudah didownload secara otomatis akan masuk ke dalam menu library. Konten tersimpan dalam aplikasi Kipin, bukan tersimpan di memori hp. Setelah konten terdownload, konten akan berubah menjadi file offline yang tersimpan dalam library dan dapat diakses berkali-kali tanpa internet.                 

Guru Sadar Digital

Era digital menjadikan dunia pendidikan mengalami banyak perubahan. Buku cetak yang biasanya kita beli dengan harga yang cukup mahal kini dapat dengan mudah kita akses dalam bentuk buku digital.  Konten-konten pendidikan dapat mudah kita manfaatkan demi kemajuan pendidikan di negeri kita.

Konten yang lengkap dan gratis yang kini banyak menjamur di dunia digital hendaknya kita manfaatkan sebaik mungkin, seperti aplikasi Kipin School 4.0 ini. Sudah saatnya kita menjadi guru yang sadar digital dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang bermanfaat bagi pendidikan siswa-siswi kita. Jika guru sadar digital, maka akan menularkan kepada para siswa untuk menikmati kebermanfaatan akan teknologi sehingga  dunia pendidikan di Indonesia semakin maju. Harapannya, Indonesia  bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam menghadapi era global saat ini.

reposting dari :
https://belitung.tribunnews.com/epaper/?_ga=2.126524686.225543317.1625737828-2123478087.1621807096#lg=1&slide=6

Most Popular

To Top