Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMenyadari Pentingnya Pendidikan Moral dari Maraknya Aksi Gangster di Surabaya

Menyadari Pentingnya Pendidikan Moral dari Maraknya Aksi Gangster di Surabaya

Komik Literasi Pendidikan Kipin

Kasus ‘gangster’ di Surabaya telah menjadi momok yang meresahkan. Diberitakan pada banyak portal berita bagaimana sekelompok remaja yang menyebut dirinya ‘gangster’ melakukan konvoi sembari membawa senjata tajam dan melakukan penyerangan terhadap orang orang secara acak. Mulai dari pengunjung warung kopi di bilangan Keputih Surabaya, pos satpam perumahan di Kenjeran, dan titik titik lainnya di Kota Surabaya.

Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan. Apa yang menyebabkan kaum remaja melakukan tindakan demikian? Walaupun belum diketahui pasti, salah satu hal yang menjadi alasan adalah kurangnya pendidikan dalam cara berpikir dan kemampuan memutuskan tindakan oleh para pelaku. Sangat disayangkan, melihat banyaknya generasi muda yang dapat melakukan penyerangan tersebut.

Sebagai pihak yang peduli di bidang pendidikan anak, yaitu guru hingga orang tua tentunya, penting untuk memberikan perhatian lebih pada pendidikan moral anak anak dan generasi muda untuk mencegah mereka jatuh pada jalan dan tindakan yang salah. Banyak cara menumbuhkan moral pada anak. Salah satunya adalah dengan memberikan bacaan yang mendidik dan menarik sehingga menjadi media tepat yang dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh anak.

Bacaan Literasi Original Kipin

Untuk memberikan pendidikan moral di luar pendidikan ilmu eksak, Pendidikan.id memproduksi 500+ Komik Literasi Pendidikan yang bisa diakses oleh siapa saja melalui aplikasi Kipin School. Seluruh komik tersebut merupakan komik original buatan Pendidikan.id sebagai start up asli Indonesia yang isinya membahas seputar ilmu pengetahuan, moral, budaya Indonesia, tata krama dan budi pekerti. Menentukan komik sebagai media dalam memberikan pendidikan pada anak, menjadi cara yang sangat tepat agar meningkatkan minat baca anak sehingga pesan dan ilmu dapat tersampaikan dan dipahami dengan baik oleh anak.

Sebagai contohnya beberapa judul Komik Literasi Pendidikan Kipin seperti “Salah Gaul, Rusaklah Hidup”, “Salah Jalan Berakhir Tragis”. “Hidup Bebas tanpa Merusak Diri”, dan “Jauhi Napza, Jauhi Bahayanya!”. Membahas seputar tindakan dan keputusan salah yang seringkali kaum muda terjerumus ke dalamnya sehingga menghancurkan kehidupan mereka. Tidak hanya itu, masih ada ratusan komik lainnya dengan pembahasan yang beragam di dalam aplikasi Kipin.

Pendidikan Moral Melalui Media Komik Pendidikan

Diharapkan apabila anak anak mendapatkan konten pembelajaran yang lengkap dan utamanya dalam hal moral, tata krama, budi pekerti, maka akan membentuk generasi muda yang bermoral dan berkualitas sehingga hal hal seperti kekerasan dalam aksi ‘gangster’ di Kota Surabaya tersebut tidak terjadi dan tidak terulang.

Pemerintah hingga kepolisian telah bergerak cepat untuk menangani permasalahan tersebut. Namun tentunya kita tidak dapat berhenti sampai disana. Memberikan pendidikan yang tepat untuk para generasi muda adalah hal yang menjadi kewajiban setiap pihak yang berwenang dan mampu untuk melakukannya, agar menjadi solusi yang efektif dan berkepanjangan. Diawali dengan hal sederhana, dan diakhiri dengan hasil yang luar biasa hingga mencetak generasi emas bermoral tinggi.

Info lebih lanjut : 
Web : http://kipin.id,
email : [email protected],
Wa (chat only)  : http://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments