Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

Olimpiade OS2HT Gunakan Sistem Ujian Online PTO (Pendidikan Tryout Online)

jasa pengadaan server sistem ujian online mandiri di sekolah
yayasan hang tuah olimpiade sains nasional os2ht

Peserta olimpiade OS2HT mengerjakan soal ujian online menggunakan laptop.

Sebagai peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Hang Tuah ke-72, Yayasan Hang Tuah menyelenggarakan Olimpiade Sains SMA Hang Tuah (OS2HT). Olimpiade ini berskala nasional, diikuti oleh siswa-siswi perwakilan dari 13 sekolah SMA/K Hang Tuah cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Kota Surabaya, Sioarjo, Jakarta, Medan, Makassar hingga Tarakan. Acara olimpiade dibagi menjadi tiga babak, meliputi babak ujian online, ujian praktik dan cerdas cermat. Ketiganya dilaksanakan pada Sabtu, 26 Januari 2019 di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Yayasan Hang Tuah bekerjasama dengan Pendidikan.id, menggunakan sistem PTO (Pendidikan Tryout Online) dalam pelaksanaan ujian online peserta OS2HT. Sistem PTO merupakan server dan platform khusus yang dapat dimanfaatkan oleh setiap sekolah atau instansi untuk mengadakan ujian online secara mandiri. Sekolah/instansi akan mendapatkan alamat website khusus dengan domain sesuai nama sekolah/instansi terkait. Pada olimpiade OS2HT, Yayasan Hang Tuah menggunakan nama domain os2ht.pendidikan.id sebagai alamat website yang akan diakses oleh para peserta ujian online.

ujian online mandiri yayasan hang tuah menggunakan PTO

Peserta olimpiade OS2HT mengerjakan soal ujian online menggunakan handphone.

Penerapan sistem PTO dalam ujian online dinilai sangat praktis dan efisien, karena dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga. Persiapan menjadi lebih singkat, hanya perlu satu kali meng-input soal ke website. Tidak ada proses mencetak dan fotocopy kertas ujian. Pada hari-H ujian peserta bisa langsung mengerjakan ujian secara online melalui alamat website os2ht.pendidikan.id, tanpa perlu membawa banyak peralatan menulis. Hasil ujian juga dapat terakumulasi oleh sistem secara otomatis, sehingga lebih cepat dan akurat. Keunggulan PTO lainnya yaitu tampilan sistem yang menyerupai UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Hal ini sekaligus dapat melatih para siswa untuk terbiasa dengan tampilan soal UNBK.

Juara I Olimpiade OS2HT diraih oleh SMA Hang Tuah 1 Surabaya, juara II oleh SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo dan juara III oleh SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Amri Husaini berharap, acara OS2HT ini dapat menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik jenjang SMA/K Hang Tuah. “Menjaring siswa yang memiliki keunggulan dalam bidang Sains, dan untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, juga untuk mempersiapkan diri mereka menjelang ujian sekolah dan UNBK pada Maret-April 2019 mendatang,” jelasnya. (wr/ed: lia)

Informasi lebih lanjut tentang PTO, kunjungi tryoutonline.id

Most Popular

To Top