Selasa, Maret 19, 2024
spot_img
BerandaTips-tips PendidikanBelajar Tanpa Latihan Itu Sia-Sia, TryoutOnline.id Sediakan Puluhan Ribu Soal Latihan Persiapan...

Belajar Tanpa Latihan Itu Sia-Sia, TryoutOnline.id Sediakan Puluhan Ribu Soal Latihan Persiapan UH, UTS, UAS, UNBK hingga SBMPTN

soal-soal prediksi unbk, tips menghadapi unbk, persiapan menghadapi unbk.
Ilustrasi anak yang sedang fokus belajar. (sumber: pngtree.com)

Belajar tanpa latihan adalah sia-sia. Benar! Meski kita sudah mempelajari, memahami dan menghafal rumus / teori sampai jungkir balik, tapi kalau kita tidak mencoba mengerjakan latihan-latihan soal, tentu saja kita masih seperti ‘buta’ terhadap materi. Pemahaman kita tidak teruji, karena belum berhadapan dengan soal-soal acak tentang materi terkait. Mengerjakan latihan soal juga bermanfaat untuk membiasakan diri dengan kondisi ujian yang sebenarnya. Melatih kita untuk berpikir cepat, mengingat dan mengenal model-model soal ujian. Itulah sebabnya mengapa ada istilah, semakin banyak berlatih semakin pintar, artinya juga semakin siap menghadapi ujian.

Masalah yang sering membuat pelajar mengeluh adalah sedikitnya pasokan latihan soal untuk dikerjakan. Berlatih itu butuh modal, bung! Kalau latihan soal yang tersedia di buku paket atau LKS sudah habis, tentu kita harus beli buku lagi. Buku-buku yang khusus berisi banyak soal latihan. Jika kita sudah membabat habis buku ini pula, maka tentu saja kita harus beli lagi, lagi dan lagi. Namanya saja ingin pintar, pasti ada harga yang harus dibayar baik dalam bentuk biaya, waktu maupun tenaga untuk bolak-balik ke toko buku.

Padahal, sebagai generasi milenial seharusnya kita bisa menyiasati hal itu. Generasi milenial adalah generasi yang hidup di ‘dunia serba ada’ alias internet, bukan? Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, ayo kita maksimalkan ponsel pintar kita untuk hal-hal yang mendukung prestasi kita sendiri!

Tapi, dimana kita bisa mendapatkan soal-soal latihan online yang lengkap, gratis dan kredibel?

Pendidikan.id menyediakan laman tryout online gratis untuk seluruh pelajar Indonesia! Hingga saat artikel ini ditulis, tercatat lebih dari 20000 soal yang sudah bisa diakses oleh semua siswa SD, SMP hingga SMA/K. Laman ini beralamat di tryoutonline.id. Belasan ribu soal tersebut sudah mewakili persiapan untuk segala jenis ujian, mulai dari UH, UTS, UAS hingga UNBK. Setiap bab pada masing-masing pelajaran ada latihan soalnya, sehingga bermanfaat untuk evaluasi pemahaman per-bab sekaligus latihan ulangan harian (UH). Soal-soal untuk UTS dan UAS tergabung atas beberapa bab yang dipelajari dalam masing-masing semester. Sedangkan soal-soal untuk latihan UNBK telah disesuaikan dengan kisi-kisi UNBK. Lengkap sekali, bukan?

soal-soal prediksi unbk, tips menghadapi unbk, persiapan menghadapi unbk
Tampilan menu soal SD Kelas 1 di laman tryoutonline.id.

Tampilan laman tryoutonline.id juga didesain mirip dengan tampilan UNBK, lho! Artinya, semakin banyak kita berlatih di laman ini, maka kita akan semakin terbiasa dengan tampilan soal-soal UNBK. Kita tidak akan lagi kebingungan dengan cara mengoperasikan sistem soalnya saat kita mengerjakan UNBK nanti. Setelah selesai mengerjakan satu paket soal, perhitungan nilai kita juga akan langsung muncul secara otomatis. Tidak perlu menunggu hasil nilainya terlalu lama, sehingga kita bisa mengukur kemampuan kita dalam penguasaan materi seketika itu juga. Jika nilai yang didapat jelek, itu artinya kita masih perlu belajar lebih banyak lagi. Jangan patah semangat!

Semua soal latihan di tryoutonline.id sudah terjamin kredibilitasnya, karena disusun oleh guru-guru sekolah yang berpengalaman dari seluruh Indonesia. Tidak hanya sekadar berpengalaman, banyak juga lho guru-guru berprestasi tingkat nasional yang juga berpartisipasi dalam pembuatan soal ini. Di antaranya yaitu Alif Hanifah peraih juara II Guru SMA Berprestasi Tingkat Nasional 2018, dan Budi Santoso Ketua MGMP Biologi Jawa Timur. Saat ini Pendidikan.id masih terus meningkatkan kualitas soal dan guru yang terlibat, sekaligus terus menambah jumlah koleksi soalnya. Setiap minggu akan selalu ada tambahan soal-soal baru, sehingga siswa tidak perlu khawatir kehabisan paket soal (karena sudah dikerjakan semuanya).

Nah setelah mengenal apa itu tryoutonline.id, masihkah kita mengeluh dan malas untuk berlatih? Tidak ada alasan untuk malas! Biaya, nol. Waktu dan tenaga untuk pergi ke toko buku atau perpustakaan, nol. Kini keputusan ada di tangan kita, apakah kita ingin: (1) terus menghabiskan uang, tenaga dan waktu untuk mencari bahan belajar (2) berhenti berlatih karena soal-soal pada buku latihan yang dimiliki sudah habis (3) terjerembab dalam kemalasan abadi, tidak mau belajar untuk meraih prestasi. Atau bangkit dan memanfaatkan semua gadget yang kita punya, termasuk smartphone, tablet dan komputer untuk berlatih soal terus-menerus di tryoutonline.id!

Kunjungi tryoutonline.id untuk ribuan latihan soal gratis!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments