Sabtu, April 20, 2024
spot_img
BerandaKIPINPerpustakaan Digital KIPIN Singgah di Ruang Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat

Perpustakaan Digital KIPIN Singgah di Ruang Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat

perpustakaan digital media pembelajaran digital
Anggota Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat berfoto di samping KIPIN ATM.

Januari 2019, untuk pertama kalinya mesin perpustakaan digital diletakkan di kantor perpustakaan wilayah Jakarta Barat. Keberadaan KIPIN di Perpustakaan Jakarta Barat disambut dengan semangat literasi oleh anggota maupun pengunjung perpustakaan. KIPIN adalah tren perpustakaan digital di era milenial, mengajak masyarakat terutama anak usia sekolah (SD, SMP dan SMA) untuk memanfaatkan gadget sebagai media untuk belajar dan membaca buku literasi.

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar touchscreen tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya.

teknologi edukasi digital
Pengurus perpustakaan sedang menjelaskan tentang KIPIN ATM kepada pengunjung perpustakaan.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para pengunjung perpustakaan bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

“KIPIN memang dapat sangat membantu dalam meningkatkan minat baca atau literasi pengunjung perpustakaan, terutama melalui konten komik literasinya. Para pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah tentu sangat senang mengisi waktu luangnya dengan membaca komik-komik tersebut. Komiknya menarik, aksesnya mudah, mendidik pula,” sambutĀ sambut Yudi Widoyoko, Kepala Perpustakaan Jakarta Barat.

“Anak-anak pasti banyak yang antre, karena mereka tahu bahwa ada video pembelajaran, latihan soal dan komik yang bisa didownload gratis di sini. Menurut saya KIPIN benar-benar pembaharuan di dunia perpustakaan, terutama untuk anak usia sekolah!ā€ imbuh Yudi.

Hingga saat ini, KIPIN ATM telah dimanfaatkan oleh banyak sekolah sebagai media perpustakaan digital. Selain dapat membantu siswa dalam mendapatkan materi belajar secara cepat dan gratis, KIPIN ATM juga dapat membantu pekerjaan guru. Tugas guru menjadi lebih ringan, karena siswa bisa belajar secara mandiri dengan membaca buku, menonton video pelajaran, berlatih soal dan membaca komik literasi. Wujudkan pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolahmu! (wr: ita, ed: lia)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments